Sukses

Saat Sahur, Hindari Minuman Ini Agar Puasa Lancar

Ketika sahur, Anda perlu memerhatikan menu yang dikonsumsi. Hindari beberapa minuman ini saat sahur agar puasa lancar.

Berpuasa seharian membuat Anda harus memerhatikan asupan tubuh, misalnya ketika sahur. Sama halnya dengan sarapan, sahur juga penting. Sahur kurang lebih menyumbang sekitar 30 persen kebutuhan kalori sehari.

Nutrisi yang dikonsumsi saat sahur merupakan bekal untuk beraktivitas sepanjang hari selama berpuasa. Oleh karena itu, Anda sangat disarankan untuk tidak melewatkan sahur dan memilih menu yang sehat, termasuk pilihan minumannya.

Makanan dan minuman sahur sehat bergizi dapat memberikan cukup energi. Sebaliknya, beberapa minuman harus Anda hindari agar puasa lancar. 

Berikut ini beberapa jenis minuman yang dihindari saat sahur:

1 dari 10 halaman

1. Kopi

Kopi biasanya dikonsumsi pada pagi hari sebelum memulai aktivitas. Tak jarang, sebagian besar orang menjadikan kopi sebagai menu sarapannya. 

Saat berpuasa, kopi tidak disarankan sebagai minuman untuk sahur, terutama bagi yang memiliki penyakit mag.

Selain berisiko mengiritasi lambung dan menyebabkan peningkatan asam lambung, kopi juga dapat melemahkan klep yang memisahkan lambung dengan kerongkongan. 

Akibatnya, kondisi tersebut dapat menyebabkan regurgitasi atau refluks (kembalinya asam lambung dari lambung ke kerongkongan).

Kopi juga bersifat diuretik, sehingga menyebabkan Anda jadi sering buang air kecil. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa haus berlebihan. Hal tersebut tentunya dapat mengganggu ibadah puasa.

Artikel lainnya: Trik agar Gampang Bangun Saat Sahur

2 dari 10 halaman

2. Minuman Manis

Minuman yang dilarang saat sahur berikutnya yaitu minuman tinggi gula. Minuman manis seperti jus buah kemasan dengan banyak gula tidak disarankan diminum saat sahur. 

Kandungan gula tinggi dapat dengan cepat meningkatkan kadar gula di dalam darah, tetapi dapat dengan cepat pula menurunkannya kembali. Akibatnya, Anda jadi mudah lemas dan mengantuk.

Kadar gula tinggi juga dapat menambah ekstra kalori di dalam tubuh, sehingga berisiko meningkatkan berat badan. Bagi Anda yang ingin mengonsumsi jus buah saat sahur, usahakan tidak menambah gula.

3 dari 10 halaman

3. Minuman Bersoda

Minuman yang mengandung soda tidak dianjurkan sebagai minuman untuk sahur, apalagi jika diminum pagi-pagi saat perut kosong. Kondisi ini dapat menimbulkan iritasi lambung, terutama bagi Anda yang memiliki sakit mag.

Selain itu, kandungan karbon dioksida pada minuman bersoda juga dapat membuat perut menjadi kembung, mual, dan tidak nyaman. Anda tidak mau, kan, menjalani puasa dengan perut kembung dan begah?

4 dari 10 halaman

4. Air Dingin

Manfaat air mineral untuk kesehatan tubuh sudah tidak perlu diragukan lagi. Meskipun sedang berpuasa, Anda tetap harus memenuhi kebutuhan cairan harian sebanyak 40 ml per kilogram berat badan.

Tetapi, Anda tidak dianjurkan mengonsumsi air putih dingin atau minuman dingin lainnya saat sahur. Konsumsi air dingin dalam keadaan perut kosong dapat membuat lambung berkontraksi dan menyebabkan sakit perut.

Maka dari itu, air es juga termasuk minuman yang dihindari saat sahur. 

Artikel lainnya: Anak Sulit Bangun Sahur, Ini Cara Menyikapinya!

5 dari 10 halaman

5. Teh

Sama halnya dengan kopi, teh juga mengandung kafein. Karena minuman yang mengandung kafein dapat menimbulkan efek diuretik di dalam tubuh, Anda akan lebih sering buang air kecil dan merasa cepat haus.

Belum lagi jika teh yang Anda minum ditambahkan beberapa sendok gula. Ingat, konsumsi gula berlebih dapat meningkatkan dan menurunkan kadar gula di dalam darah dengan cepat. 

Akhirnya, timbullah rasa lemas, lelah, hingga rasa kantuk. Oleh karena itu, teh tidak disarankan menjadi minuman untuk sahur.

6 dari 10 halaman

6. Air Jeruk

Minuman yang memiliki rasa manis dan asam ini adalah salah satu minuman yang sebisa mungkin dihindari saat sahur. Air jeruk berisiko meningkatkan asam lambung, sehingga membuat puasa jadi tidak nyaman.

Terlebih jika Anda memang sudah memiliki riwayat penyakit mag. Minuman yang asam seperti air jeruk dapat meningkatkan risiko mag kambuh saat puasa.

7 dari 10 halaman

7. Minuman Berenergi

Minuman berenergi juga dilarang saat sahur. Minuman ini sama-sama mengandung kafein seperti kopi, teh, dan minuman bersoda. 

Selain itu, minuman berenergi juga umumnya tinggi kadar gula yang justru akan membuat Anda semakin merasa cepat haus.  

Artikel lainnya: Menu Sahur yang Bikin Kenyang Lebih Lama

8 dari 10 halaman

8. Susu

Sebenarnya bukan tidak boleh minum susu sapi saat sahur. Namun, perlu berhati-hati apabila Anda memiliki masalah lambung atau intoleransi laktosa

Mengonsumsi susu saat perut kosong dapat menimbulkan sejumlah keluhan pencernaan yang dapat membuat Anda tidak nyaman sepanjang hari dan mengganggu puasa. 

9 dari 10 halaman

9. Minuman Instan

Minuman instan seperti di dalam kemasan sachet umumnya mengandung gula tinggi. Sama seperti minuman manis lainnya yang tinggi gula, sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi sewaktu sahur. 

Konsumsi makanan atau minuman tinggi gula akan meningkatkan gula darah di dalam darah dengan cepat, namun juga cepat turunnya. Akibatnya Anda akan lebih mudah merasakan lemas saat berpuasa.

Untuk menghindari rasa haus setelah sahur, sebaiknya persiapkan tubuh dengan memastikan Anda minum setidaknya 2 L air agar tetap terhidrasi sepanjang hari. 

Namun, tidak disarankan meminum banyak air sekaligus. Mulai dari 2 gelas saat berbuka, 4 gelas di malam hari, dan 2 gelas saat sahur. 

Selain air putih, Anda dapat menyimpan sumber cairan dengan mengonsumsi jus buah-buahan murni tanpa banyak tambahan gula. 

Itulah beberapa minuman yang dihindari saat sahur. Pilihlah minuman untuk sahur yang sehat dan aman bagi tubuh agar puasa Anda lancar hingga tiba waktu berbuka. Semoga bermanfaat!

Dapatkan info seputar tips puasa sehat lengkap di aplikasi KlikDokter. Untuk konsultasi dengan dokter lebih cepat, gunakan Live Chat.

(FR/NM) 

2 Komentar