Sukses

Saat Sahur Hindari 4 Minuman Ini agar Puasa Lancar

Agar ibadah puasa lancar, hindari mengonsumsi minuman berikut ini saat sahur.

Klikdokter.com, Jakarta Selama sebulan ini umat Muslim di seluruh dunia sedang menjalankan ibadah puasa  Ramadan. Selama satu bulan penuh di bulan suci ini, mereka yang berpuasa akan menunaikan ibadah puasa dengan berpuasa sejak matahari terbit hingga matahari terbenam. Agar puasa lancar ada beberapa jenis minuman yang perlu Anda hindari saat sahur.

Bagi umat Muslim yang puasa, sahur merupakan pengganti sarapan selama bulan suci Ramadan. Biasanya dilakukan pada dini hari hingga menjelang subuh.

Sama halnya dengan sarapan yang menjadi makanan yang paling penting dalam sehari, sahur juga penting. Sahur kurang lebih menyumbang sekitar 30% kebutuhan kalori dalam sehari. Nutrisi yang dikonsumsi saat sahur merupakan bekal untuk beraktivitas sepanjang hari selama menjalankan puasa. Oleh karenanya, Anda sangat disarankan untuk tidak melewatkan makan sahur.

Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi Anda sepanjang hari saat puasa, Anda harus memilih menu sahur yang sehat, bergizi, dan bisa memberikan cukup energi. Ada beberapa jenis minuman yang sebaiknya dihindari saat sahur. Apa saja jenis minuman tersebut?

  • Kopi

Selain teh, kopi adalah minuman yang kerap menemani di pagi hari termasuk saat sahur. Bahkan, tidak sedikit orang yang menu sarapan sehari-harinya hanya secangkir kopi.

Namun saat sedang berpuasa, hal ini tidak disarankan. Justru sangat direkomendasikan untuk tidak minum kopi saat sahur, terutama bagi mereka yang memiliki penyakit mag.

Selain berisiko mengiritasi lambung dan menyebabkan peningkatan asam lambung, kopi juga dapat melemahkan klep yang memisahkan lambung dengan kerongkongan, sehingga dapat menyebabkan regurgitasi atau refluks (kembalinya asam lambung dari lambung ke kerongkongan).

Selain itu, kopi juga bersifat diuretik. Akibatnya Anda jadi sering buang air kecil, dan dapat menyebabkan rasa haus yang berlebihan. Hal tersebut tentunya dapat mengganggu ibadah puasa Anda.

  • Minuman manis

Minuman manis seperti minuman teh atau jus buah dalam kemasan yang mengandung tinggi gula juga tidak disarankan untuk sahur. Kandungan gula yang tinggi dapat dengan cepat meningkatkan kadar gula dalam darah, tetapi dapat dengan cepat pula menurunkannya kembali. Akibatnya, Anda jadi mudah lemas dan mengantuk.

Selain itu, kadar gula yang tinggi juga dapat menambah ekstra kalori ke dalam tubuh Anda, sehingga lebih mudah meningkatkan berat badan. Jika Anda ingin mengonsumsi jus buah, boleh-boleh saja, namun usahakan untuk tidak menambah gula, ya.

  • Minuman bersoda

Minuman yang mengandung soda sebaiknya tidak diminum pagi-pagi saat perut kosong, karena dapat menimbulkan iritasi lambung, terutama bagi Anda yang memiliki sakit mag. Selain itu, kandungan karbon dioksidanya juga dapat membuat perut menjadi kembung, mual, dan tidak nyaman. Anda tidak mau kan, menjalani puasa dengan perut kembung dan begah?

  • Air dingin

Manfaat air mineral untuk kesehatan tubuh sudah tidak perlu diragukan lagi. Meskipun sedang berpuasa, Anda tetap harus memenuhi kebutuhan cairan harian sebanyak 40 ml per kilogram berat badan. Misalnya Anda memiliki berat badan 50 kilogram, maka Anda harus minum air putih sebanyak 2 liter per hari.

Meskipun air mineral sehat, namun Anda tidak dianjurkan mengonsumsi air dingin. Karena minum air dingin dalam keadaan perut kosong dapat membuat lambung berkontraksi dan menimbulkan sakit perut.

Menahan lapar dan haus saat puasa sepanjang hari perlu didukung dengan pemilihan menu sahur yang tepat. Termasuk memilih minuman saat sahur.

Beberapa jenis minuman yang dipaparkan di atas, sebaiknya Anda hindari saat sahur, agar Anda tidak mengalami beragam gangguan kesehatan. Pilihlah minuman yang sehat dan aman bagi tubuh agar puasa Anda lancar hingga tiba waktu buka puasa.

[RVS]

1 Komentar

  • Diqi Kurniawan

    ngantuk dokter klu sahur egk minum kopi,klu ngantuk tidur nya suka kebablasan sampai siang,bikin kepala pusing