Sukses

Saat Buka Puasa Hindari 6 Makanan dan Minuman Ini

Saat buka puasa di bulan Ramadan, biasanya Anda akan kalap dalam memilih makanan dan minuman. Hati-hati, karena tak semua baik untuk dikonsumsi.

Klikdokter.com, Jakarta Selama sebulan penuh, umat Islam menunaikan ibadah puasa dengan tidak makan dan minum sejak matahari terbit hingga matahari terbenam. Setelah seharian penuh berpuasa, tentunya momen buka puasa adalah saat yang ditunggu-tunggu.

Selain bisa kembali mengisi perut dengan berbagai makanan dan minuman, buka puasa juga kerap dijadikan kesempatan untuk berkumpul bersama keluarga, teman, dan handai taulan.

Namun, perlu diketahui bahwa Anda tidak boleh asal mengonsumsi makanan dan minuman saat buka puasa. Karena salah pilih menu, perut Anda yang akan jadi korbannya.

Saat sedang tidak berpuasa, biasanya perut hanya kosong selama 6-8 jam. Namun saat berpuasa, perut akan menjadi kosong selama belasan jam. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi saat buka puasa.

Jangan sampai lambung ‘kaget’ dan Anda terkena sakit mag. Berikut ini adalah makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari saat Anda berbuka puasa.

1. Minuman bersoda

Mungkin dalam benak Anda, minuman bersoda dapat menyegarkan dahaga setelah berpuasa sehari penuh. Namun jangan salah, minuman bersoda yang dikonsumsi saat perut kosong malah bisa menyebabkan asam lambung naik, lalu perut kembung dan mual.

Pasalnya, minuman bersoda mengandung gas karbondioksida yang dapat membuat perut menjadi kembung, begah, dan mual.

2. Gorengan

Gorengan adalah makanan favorit banyak orang di Indonesia, dan tersedia di hampir semua meja makan, tak terkecuali ketika buka puasa. Namun tahukah Anda, ternyata mengonsumsi gorengan dengan perut kosong dapat menyebabkan perut menjadi kembung dan tidak nyaman.

Karena gorengan mengandung lemak yang tinggi. Selain itu, gorengan yang dimasak dengan minyak yang sudah berkali-kali digunakan juga dapat mengandung lemak trans yang dapat membahayakan kesehatan Anda.

3. Cokelat

Selain nikmat, cokelat – terutama dark chocolate – juga kaya akan antioksidan yang dapat memerangi radikal bebas yang dapat menimbulkan penyakit.

Namun demikian, cokelat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi langsung saat perut kosong, terutama bagi Anda yang memang sudah memiliki riwayat sakit mag atau gastroesophageal reflux disease (GERD). Sebab, makan cokelat dapat semakin memperparah kondisi Anda.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

4. Ubi dan singkong

Ubi dan singkong adalah beberapa makanan favorit untuk buka puasa. Namun jangan terlalu berlebihan, karena ubi dan singkong dapat menimbulkan produksi gas, sehingga perut bisa menjadi kembung, begah, dan nyeri.

5. Susu full cream

Susu full cream adalah minuman yang mengandung kadar lemak yang cukup tinggi, sehingga dapat menimbukan gas, perut kembung, dan begah jika dikonsumsi saat perut kosong – terutama bagi mereka yang punya riwayat mag. Hal serupa juga  berlaku untuk makanan yang terbuat dari olahan susu, seperti yoghurt, keju dan krim.

6. Kopi

Kopi harus dihindari untuk dikonsumsi saat perut dalam keadaan kosong, karena dapat menyebabkan peningkatan kadar asam lambung. Selain itu, kafein pada kopi dapat melemahkan katup yang membatasi antara lambung dan kerongkongan, sehingga dapat menyebabkan asam lambung kembali ke kerongkongan.

Akibatnya, hal tersebut dapat mengiritasi kerongkongan, bahkan menimbulkan peradangan dan luka.

Deretan makanan dan minuman di atas sebaiknya Anda hindari saat buka puasa. Namun, apabila Anda ingin mengonsumsinya, isi dulu perut Anda dengan asupan lainnya. Tetapi ingat, bagi Anda yang memang menderita penyakit mag dan GERD, harus tetap menghindarinya ya. Selamat berpuasa.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar