Sukses

8 Makanan Penurun Kadar Kolesterol

Banyak makanan yang bisa membuat kolesterol naik. Tetapi, ada deretan makanan yang justru bisa menurunkan kolesterol.

Klikdokter.com, Jakarta Siapa pun tidak ada yang mau kadar kolesterol dalam tubuhnya tinggi. Sebisa mungkin dan lewat berbagai cara, Anda perlu menurunkan kadar kolesterol jika sudah kelewat batas. Kabar baiknya, ada beberapa makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Ada dua jenis kolesterol dalam tubuh, yakni high-density lipoprotein (HDL) atau yang dikenal sebagai kolesterol baik. Sementara yang satu lagi adalah low-density lipoprotein (LDL) atau biasa disebut dengan kolesterol jahat.

Nah, kolesterol tipe LDL-lah yang perlu dikurangi jumlahnya dalam tubuh Anda. Menurut dr. Alvin Nursalim, SpPD dari KlikDokter, LDL harus diturunkan karena jika berlebihan dapat meningkatkan risiko berbagai gangguan kesehatan seperti penyakit jantung dan stroke.

"Tubuh manusia memproduksi kolesterol LDL secara alamiah. Tetapi, pola hidup yang tidak sehat seperti jarang berolahraga dan tidak mengontrol asupan makanan yang tinggi kolesterol dapat menyebabkan tubuh Anda memiliki jumlah kolesterol LDL yang lebih banyak. Selain itu, beberapa orang juga mewarisi gen dari orang tuanya, sehingga orang tersebut memiliki kolesterol dalam jumlah yang lebih banyak," ungkap dr. Alvin.

Makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol

Untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, Anda butuh mengonsumsi makanan tertentu. Berikut beberapa jenis makanan yang dimaksud:

1.     Alpukat

"Ketika Anda mengganti lemak jenuh yang ditemukan dalam produk hewani dengan lemak tak jenuh dari sumber tanaman seperti alpukat, dampaknya terhadap kolesterol sangat dramatis," kata Elroy Vojdani, MD, IFMCP, pemilik klinik terkemuka di Los Angeles, Amerika Serikat.

Mengonsumsi alpukat bisa menuurunkan tingkat LDL. Pada saat yang sama, HDL atau kolesterol baik yang berperan dalam membersihkan kolesterol LDL dari tubuh menjadi meningkat.

2.     Salmon

Salmon adalah pilihan makanan yang sangat baik. Jenis ikan ini sarat dengan lemak tak jenuh tunggal sehat, yang memiliki efek menguntungkan pada kolesterol. Salmon adalah salah satu sumber makanan utama dari lemak sehat dan perbandingan omega-3 dengan omega-6 (dua jenis asam lemak) dapat membantu menurunkan jumlah LDL.

1 dari 3 halaman

Selanjutnya

3. Bawang bombay

Bawang bombay terbukti menurunkan kadar kolesterol LDL, dan kemungkinan karena kandungan flavonoid yang dikenal sebagai quercetin. Jenis flavonoid itu bertindak sebagai antioksidan yang membantu mencegah kolesterol menyumbat arteri.

4. Gandum

"Oat dan biji-bijian utuh lainnya merupakan sumber serat larut yang sangat baik. Itu merupakan nutrisi yang dapat mengikat kolesterol makanan dan mencegahnya diserap oleh tubuh," kata Dr. Vojdani.

5. Kacang polong

Kacang polong, buncis, lentil, dan sejenisnya adalah makanan yang mampu menurunkan kolesterol. Inilah alasan bagus untuk menambah asupan kacang polong dalam piring Anda.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Canadian Medical Association Journal menemukan bahwa hanya dengan satu penyajian sehari selama 6 minggu, itu bisa menurunkan kolesterol LDL sebesar 5 persen. Kacang polong dan jenis kacang-kacangan lainnya memiliki banyak serat dan antioksidan, yang keduanya dapat menurunkan kolesterol.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

6. Kunyit

Bumbu yang sering digunakan untuk membuat nasi kuning ini adalah agen anti-inflamasi yang kuat dan juga dapat membantu mengurangi kadar LDL dalam darah. Bahkan, peneliti mengungkapkan bahwa dosis rendah bahan aktifnya, curcumin, dapat mengurangi kolesterol total dan LDL pada pasien dengan penyakit jantung.

7. Kedelai

Tahu, edamame, susu kedelai, dan makanan berbahan dasar kedelai lainnya adalah sumber pitosterol yang baik. Itu adalah senyawa yang secara struktural mirip dengan kolesterol yang diproduksi hati Anda.

Ketika Anda mengonsumsi makanan ini, tubuh Anda menyerap lebih sedikit kolesterol. Menurut Dr. Vojdani, hanya dengan mengonsumsi jumlah kedelai yang disarankan per hari dapat menyebabkan penurunan kadar LDL hingga 14 persen.

8. Kacang almon

Almon adalah makanan yang membantu menurunkan kolesterol, sekaligus sebagai sumber lemak dan serat sehat. Dua nutrisi yang membantu menjaga kadar kolesterol tetap terkendali.

Peneliti Penn State menemukan bahwa pasien yang makan almon setiap hari selama 6 minggu memiliki kadar kolesterol HDL yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok yang tidak makan jenis kacang ini.

Itulah deretan makanan yang bisa Anda santap untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Anda bisa olah makanan itu, tapi ingat, akan lebih sehat jika Anda menggunakan minyak zaitun yang juga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh Anda.

[MS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar