Sukses

5 Suplemen Terbaik untuk Anda Saat Puasa Ramadan

Suplemen bisa dikonsumsi agar tetap bugar saat menjalankan puasa Ramadan. Inilah pilihan suplemen terbaik untuk Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Selama bulan Ramadan, umat Islam diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa selama kurang lebih 13 jam setiap harinya. Bila ragu akan kecukupan gizi selama berpuasa, beberapa pilihan suplemen bisa dipertimbangkan untuk Anda konsumsi. Namun untuk mendapatkan petunjuk mengenai suplemen terbaik, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter.

Solusi yang akan diberikan dokter tentu saja akan disesuaikan dengan puasa yang sedang Anda jalani. Kondisi puasa memang sedikit banyak bisa memengaruhi status gizi seseorang. Secara umum, terbatasnya waktu untuk makan dan minum membuat Anda lebih rentan kekurangan berbagai vitamin dan mineral penting bagi tubuh.

Suplemen yang baik saat puasa

Untuk itu, selain mengandalkan makanan bergizi yang Anda konsumsi saat sahur dan buka puasa, ada baiknya kebutuhan gizi harian Anda selama puasa dilengkapi dengan konsumsi suplemen yang mengandung vitamin dan mineral penting sebagai berikut:

1. Suplemen yang mengandung vitamin B kompleks

Vitamin B kompleks memiliki peran penting dalam metabolisme energi tubuh. Kecukupannya memastikan tubuh dapat secara efektif mengolah lemak, protein, dan karbohidrat dari makanan menjadi sumber energi.

Jenis vitamin B kompleks di antaranya vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niasin), B5 (asam pantotenat), B6, asam folat, biotin, dan B12. Kekurangan salah satu vitamin B kompleks ini dapat memengaruhi fungsi vitamin B lainnya, sehingga metabolisme bisa terganggu.

2. Suplemen yang mengandung vitamin C

Bila aktivitas Anda termasuk padat, konsumsilah suplemen yang mengandung vitamin C. Vitamin ini tergolong antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan menguatkan sistem kekebalan tubuh.

Pilihlah suplemen yang mengandung vitamin C dengan dosis 500-1000 mg. Untuk mengurangi efek mual, sebaiknya suplemen ini dikonsumsi setelah makan, yaitu setelah sahur atau berbuka puasa.

3. Suplemen yang mengandung vitamin D

Anda salah satu yang kerap mengalami peningkatan berat badan selama puasa? Ini memang bisa terjadi, sebab puasa membuat metabolisme melambat sehingga tubuh cenderung menyimpan lemak.

Salah satu hal yang memengaruhinya adalah kecukupan vitamin D. Selain berperan dalam menjaga kesehatan tulang, vitamin D juga berfungsi untuk mengontrol kadar gula darah dan menunjang kerja hormon insulin yang memengaruhi penyimpanan lemak dalam tubuh.

Untuk memenuhi kebutuhannya, pilihlah suplemen vitamin D dalam bentuk aktif yang mudah diserap, yakni vitamin D3. Bila aktivitas Anda banyak di luar ruang, cukup konsumsi 400-800 IU vitamin D3 per hari. Sedangkan bila aktivitas Anda banyak di dalam ruang, konsumsilah 1.000-2.000 IU per hari.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

4. Suplemen yang mengandung asam lemak sehat

Asam lemak sehat seperti omega-3 dan omega-6 sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Setidaknya, setiap orang dianjurkan untuk mengonsumsi 100 gram asam lemak omega-3 sebanyak dua kali seminggu. Untuk mencapai jumlah tersebut, Anda dapat mengonsumsi suplemen minyak ikan sebanyak 1.000 mg per harinya.

5. Suplemen yang mengandung mineral penting

Beberapa mineral seperti magnesium, seng (zinc), dan kalsium sangat dibutuhkan untuk menjaga kelancaran berbagai jalur metabolisme dalam tubuh. Bila kadarnya kurang, metabolisme tidak akan berjalan baik dan tubuh pun lebih mudah terserang penyakit.

Berikut anjuran kecukupan masing-masing mineral dalam bentuk suplemen:

  • Magnesium

Magnesium adalah mineral penting yang berperan dalam metabolisme energi dan pembentukan protein. Mineral ini juga berkontribusi dalam menjaga fungsi otak, kesehatan tulang, serta aktivitas jantung dan otot. Untuk memenuhi kebutuhannya, Anda bisa mengonsumsi suplemen yang mengandung 300-450 mg magnesium per hari.

  • Seng (Zinc)

Kadar seng dalam tubuh akan segera turun bila Anda berpuasa lebih dari 3 hari. Padahal, kecukupan mineral ini penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, perbaikan sel-sel tubuh yang rusak, serta menunjang kesuburan, baik untuk pria maupun wanita. Anda dapat memilih suplemen yang mengandung 20-25 mg seng per hari agar tercukupi kebutuhannya.

  • Kalsium

Selain menjaga kesehatan tulang, kalsium dibutuhkan untuk menjaga fungsi dan integritas otot. Agar tercukupi, Anda dapat mengonsumsi suplemen yang mengandung 500-1.000 mg kalsium per harinya.

Lantas, apakah Anda memerlukan semua jenis suplemen tersebut selama bulan puasa? Belum tentu. Semuanya bergantung pada kebutuhan Anda.

Jika Anda ingin mengonsumsi suplemen terbaik, sebaiknya konsultasikan terlebih dulu dengan dokter atau ahli gizi untuk mengetahui jenis suplemen yang tepat untuk Anda konsumsi selama bulan puasa. Lagi pula, agar tetap sehat dan bugar saat puasa, yang terpenting bukanlah konsumsi suplemen, melainkan menerapkan pola makan bergizi seimbang saat sahur dan berbuka puasa, serta rutin beraktivitas fisik.

[MS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar