Sukses

Redakan Stres dengan Berendam Garam Epsom, Efektifkah?

Benarkah berendam dengan garam Epsom bisa redakan stres? Simak penjelasannya di bawah ini.

Klikdokter.com, Jakarta Garam Epsom adalah garam yang berasal dari mata air Epsom di Surrey, Inggris. Berbeda dari garam tradisional pada umumnya, garam ini merupakan senyawa mineral magnesium dan sulfat (MgSO4). Berendam di air garam Epsom dianggap dapat redakan stres, menimbulkan rasa rileks, yang pada akhirnya membuat tidur lebih nyenyak. Benarkah demikian?

Mengandung magnesium dan sulfat

Garam Epsom terdiri atas kristal kecil yang tidak berwarna dan bentuknya tidak jauh berbeda dengan garam meja. Ketika dilarutkan ke dalam air hangat, senyawa magnesium dalam garam Epsom dapat diserap ke dalam kulit dan menggantikan level magnesium di tubuh.

Magnesium merupakan mineral penting untuk menjalankan fungsi tubuh dan mengatur lebih dari 300 enzim dalam tubuh. Salah satunya adalah menjaga stabilitas tekanan darah, irama jantung, dan tulang.

Magnesium telah diketahui dapat membantu meningkatkan perasaan tenang dan rileks. Oleh karena itu, kekurangan mineral penting ini dikaitkan dengan timbulnya perasaan cemas dan stres.

Kandungan lain garam Epsom adalah sulfat. Mineral ini penting untuk detoksifikasi yaitu membuang racun tubuh, membersihkan hati, serta proses pembentukan protein pada jaringan sendi dan otak.

Berendam air garam Epsom

Berendam dengan air hangat yang didalamnya telah dilarutkan garam Epsom dapat merelaksasi otot Anda. Jika otot rileks, otomatis pikiran juga akan lebih rileks dan jauh dari stres.

Hal ini terbukti berdasarkan studi yang dilakukan di Universitas North Carolina. Menurut penelitian tersebut, kekurangan magnesium berpengaruh pada reaksi stres. Studi lebih lanjut menunjukkan, magnesium memiliki efek pada stres dan rangsangan saraf.

Berendam dengan larutan garam Epsom sebanyak dua cangkir selama kurang lebih 20-30 menit, dapat dilakukan tiga kali seminggu. Anda juga dapat melakukan kegiatan lain sembari berendam.

Misalnya membaca buku, mendengarkan musik, atau  memasang aromaterapi untuk mendukung suasana tenang. Hal-hal ini terbukti dapat meredakan pikiran stres dan mengembalikan mood Anda. 

Selain berendam dengan garam Epsom, Anda pun dapat melakukan tips di bawah ini untuk meredakan stres, yaitu:

  • Sempatkan diri untuk melakukan hobi Anda.

Melakukan hobi merupakan salah satu cara paling ampuh untuk menghilangkan stres. Misalnya, bila Anda hobi bersepeda, sisihkan waktu satu atau dua jam untuk berkeliling dengan sepeda. Anda bisa mengajak teman untuk menemani Anda.

  • Jadwalkan hari libur rutin dan manfaatkan waktu cuti untuk melakukan hal yang menyenangkan.

Jika sedang dilanda stres yang sangat hebat, Anda dapat merencanakan liburan untuk rehat sejenak dari aktivitas. Ajak keluarga atau teman berlibur ke tempat-tempat baru yang Anda sukai.

  • Mencari akar masalah yang Anda hadapi.

Menghilangkan stres tidak hanya dengan melupakannya melalui kegiatan-kegiatan yang menyenangkan. Anda pun harus mencari tahu sumber stres, lalu mencari jalan keluarnya.

  • Prioritaskan waktu Anda bersama keluarga atau orang yang Anda sayangi.

Berkumpul bersama keluarga terdekat dan orang yang Anda sayangi dapat menimbulkan perasaan hangat dan santai. Karena itu, senantiasa jadwalkan waktu bersama mereka.

  • Merenung, berdoa, atau beribadah pada Sang Pencipta.

Ini merupakan cara terbaik untuk melepaskan diri dari stres berkepanjangan. Ambil waktu hening, curahkan segala perasaan Anda dalam doa dan ibadah. Perasaan Anda pun akan terasa lebih ringan.

Berendam dengan garam Epsom memang terbukti dapat mengurangi stres. Namun, stres bukan hanya dapat diusir dengan berendam air garam Epsom. Beragam cara di atas dapat pula Anda coba untuk meredakan stres. Bila stres tidak kunjung reda hingga mengganggu aktivitas, segeralah meminta pertolongan psikolog atau dokter spesialis kejiwaaan.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar