Sukses

5 Benda di Meja untuk Cegah Ngantuk Saat Kerja

Karena puasa, ngopi dicoret dari daftar hal-hal pengusir kantuk. Jangan khawatir, benda-benda ini bisa cegah ngantuk saat kerja.

Klikdokter.com, Jakarta Saat Anda puasa Ramadan, ketika ngantuk saat kerja tentu tak bisa langsung menyeduh kopi. Jangan khawatir, ada beberapa benda di meja yang untuk cegah ngantuk saat jam produktif di kantor. Patut dicoba, nih!

Sering merasa ngantuk di tengah-tengah jam sibuk? Anda tidak sendirian. Bagi yang puasa, tentu kopi tak bisa jadi pilihan. Namun bagi yang tidak, secangkir kopi bisa jadi penyelamat. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa kafein yang dikonsumsi secara berlebihan justru bisa jadi blunder, yang dapat mengganggu waktu tidur malam Anda.

Sebagai alternatif, Anda bisa mengusir rasa kantuk dengan memanfaatkan lima benda yang mungkin Anda di meja kerja Anda. Apa saja?

1. Lampu meja

Rasa ngantuk akan semakin menjadi jika pencahayaan di ruang kerja tidak memadai. Untuk itu, cobalah cari spot kerja dengan pencahayaan yang baik, misalnya di samping jendela.

Penerangan yang cukup dipercaya dapat memberikan kesegaran, memicu kreativitas, dan cegah rasa kantuk. Bila pencahayaan alami sulit didapat, lampu meja bisa jadi salah satu solusinya. Kriterianya harus cukup terang tetapi tidak sampai menyilaukan agar tidak cepat lelah saat bekerja. Tip tambahan, pilih atau buat lampu meja semenarik mungkin supaya meja kerja lebih apik.

1 dari 5 halaman

Selanjutnya

2. Foto orang-orang tersayang

Selipkan foto orang-orang tercinta, seperti keluarga, saudara kandung, sahabat, atau pasangan. Selain itu, Anda juga menempelkan kata-kata inspiratif alias quotes favorit. Melihatnya bisa membuat Anda kembali on dan tetap semangat dalam menyelesaikan pekerjaan.

2 dari 5 halaman

Selanjutnya

3. Hiasan berwarna cerah

Pemilihan warna juga tak kalah penting, lho! Khususnya untuk memengaruhi perasaan dan mood saat bekerja.

Misalnya, warna oranye dan biru yang mewarnai meja kerja dipercaya dapat menambah semangat dan meningkatkan produktivitas saat jam-jam produktif. Pilihlah beberapa tone warna yang senada agar tak cuma makin semangat, tetapi meja kerja Anda juga bisa bikin rekan kerja Anda iri.

Pilih beberapa tone warna yang senada agar semangat tetap terjaga sepanjang hari selama bekerja.

3 dari 5 halaman

Selanjutnya

4. Tanaman hias mini

Perlu diketahui, bahan aktif volatile organic compounds (VOCs) yang dihasilkan dari cat tembok, benda elektronik, serta furnitur kantor bisa membuat karyawan kerap merasa pusing dan mengantuk.

Tanaman mungil yang menyembul di meja kerja bisa menjadi solusi cegah kantuk saat berkutat dengan tugas harian karena bisa menghalau VOCs tersebut. Tanaman hidup yang berwarna hijau dan tanah di dalam pot bisa membantu menjernihkan udara dan menyaring VOCs hingga 75 persen!

Supaya tidak menyulitkan proses pemeliharaan, pilih tanaman indoor dengan proses perawatan sederhana, berukuran mini, dan tidak butuh banyak air untuk menjaganya tetap tumbuh subur.

4 dari 5 halaman

Selanjutnya

5. Botol minum

Keurangan cairan tubuh juga bisa menjadi penyebab Anda mudah lelah, mengantuk, bahkan pusing. Untuk mencegahnya, pastikan selalu ada botol minum di meja kerja. Kalau perlu, sediakan botoh berukuran besar untuk memastikan jumlah air yang diminum tak kurang dari 2 liter per hari.

Jika tak suka air putih, infused water bisa jadi pilihan. Rasanya yang segar dengan rasa dan aroma buah atau daun seperti mint tak cuma bisa membantu kecukupan asupan vitamin harian, tetapi juga turut menyuntikkan semangat agar tidak mengantuk saat sedang menyelesaikan pekerjaan.

Saat kopi tak bisa lagi diandalkan untuk cegah ngantuk saat kerja, jangan khawatir! Anda bisa memanfaatkan benda-benda tadi. Jika memang sedang suntuk, mengobrol dengan rekan kerja atau berjalan-jalan menghirup udara segar di lingkungan kantor juga bisa membantu. Selamat mencoba!

(RN/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar