Sukses

Makan Nasi Lebih Banyak Bisa Cegah Obesitas?

Agar tak alami kegemukan, umumnya makan nasi dibatasi. Namun menurut penelitian, porsi nasi yang lebih banyak justru bisa cegah obesitas.

Klikdokter.com, Jakarta Nasi kerap bentrok dengan upaya menjaga berat badan tetap ideal, dan sering kali disalahkan sebagai penyebab kenaikan berat badan. Namun, peneliti dari Doshisha Women’s College of Liberal Arts di Tokyo, Jepang, menemukan hasil sebaliknya. Katanya, makan nasi lebih banyak justru bisa cegah obesitas. Kok, bisa?

Pada sebuah studi yang baru-baru ini dipresentasikan di European Congress on Obesity di Glasgow, Skotlandia, diungkapkan bahwa orang-orang yang mengadaptasi pola makan nasi seperti Jepang atau negara Asia lainnya, lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami obesitas dibandingkan dengan orang-orang yang tinggal di negara yang konsumsi nasinya rendah.

Diet rendah karbohidrat disebut-sebut tidak efektif

Para peneliti mengatakan bahwa diet rendah karbohidrat yang membatasi konsumsi nasi sangat populer di banyak negara. Namun, efek nasi pada obesitas menurut mereka tidak jelas.

Para peneliti melihat konsumsi nasi harian (per gram) tiap orang dan asupan kalori di 136 negara. Mereka juga memperhitungkan data indeks massa tubuh.

Di Inggris, orang-orang yang hanya makan 19 gram nasi per hari, lebih rendah dari negara lainnya seperti Kanada, Spanyol, dan Amerika Serikat. Para peneliti juga mengalkulasi bahwa peningkatan konsumsi beras hingga 50 gram per hari dapat mengurangi prevalensi obesitas di seluruh dunia sebesar 1 persen (dari 650 juta orang dewasa menjadi 643 juta).

“Hubungan yang diamati menunjukkan bahwa tingkat obesitas rendah di negara-negara yang makanan pokoknya adalah nasi,” kata Profesor Tomoki Imai, pemimpin studi seperti dikutip di Medical News Today. Karenanya, itulah kenapa pola makan Jepang dan beberapa negara Asia lainnya yang menyertakan nasi dianggap bisa membantu cegah obesitas.

“Mengingat jumlah obesitas secara global meningkat, makan nasi lebih banyak bisa direkomendasikan untuk melindungi warga di negara-negara Barat dari obesitas,” tambahnya.

Meski demikian, studi di atas juga dianggap punya kekurangan dengan tidak mempertimbangkan banyak faktor, termasuk jenis nasi apa yang dikonsumsi.

1 dari 2 halaman

Cara lain untuk mencegah obesitas

Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, mencegah obesitas tidak sulit, yaitu dengan menerapkan gaya hidup sehat dengan konsisten. Ini bisa didapat dengan melakukan:

  • Jalan sehat

Jika sulit memulai olahraga, perbanyak jumlah langkah kaki dalam sehari. Anda dapat memanfaatkan berbagai aplikasi pintar yang dapat menghitung langkah dan memasang target sekaligus mengukur pencapaian Anda.

Jika Anda berkendara ke kantor, parkir di tempat yang lebih jauh untuk memperbanyak jarak jalan kaki. Jika sudah terbiasa, olahraga secara teratur biasanya akan terasa lebih mudah.

  • Makan sehat

Kalau menurut Kementerian Kesehatan RI, pola makan yang perlu diindahkan antara lain:

  • Mengurangi porsi makanan dari biasanya, perbanyak makan buah, sayur, dan kacang-kacangan.
  • Mengurangi penggunaan minyak (gorengan) dan santan. Anda dianjurkan memasak dengan cara dikukus, direbus, dan dipanggang.
  • Mengurangi makanan dan minuman manis.
  • Mengurangi penggunaan garam dan makanan yang diawetkan, diasinkan, dan makanan kalengan.
  • Hindari susu tinggi lemak.
  • Perbanyak makan ikan.

“Jangan lupa untuk memperhitungkan porsi makan Anda dalam sehari dan sesuaikan dengan kebutuhan kalori dan aktivitas harian,” kata dr. Astrid mengingatkan.

  • Kendalikan stres dan istirahat cukup

Berbagai studi telah banyak membuktikan adanya kaitan antara tingkat stres dengan risiko obesitas. Sering kali, peningkatan stres akan meningkatkan kebiasaan makan yang tidak sehat. Misalnya begadang yang ujung-ujung tak henti-hentinya mengunyah camilan tak sehat tengah malam.

Oleh karena itu, pelajari berbagai teknik relaksasi atau temukan manajemen stres yang paling sesuai dengan Anda. Bisa juga dengan perbanyak melakukan me-time.

Selain itu, tidur tak kalah penting. “Mencukupi kebutuhan istirahat sangat penting untuk menjaga metabolisme tubuh,” kata dr. Astrid.

Menurut sebuah studi, makan nasi lebih banyak bisa cegah obesitas. Namun, studi tersebut tak luput dari kekurangan dan butuh penelitian lebih lanjut. Cara paling sehat untuk agar terhindar dari obesitas adalah dengan memperhatikan pola makan sesuai anjuran, olahraga secara rutin atau aktif bergerak, istirahat cukup, mampu mengelola stres dengan baik, serta menjauhi rokok dan alkohol agar sehat maksimal!

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar