Sukses

Efek Tidak Makan Sahur bagi Kesehatan

Saat puasa Ramadan, jangan pernah absen untuk makan sahur. Ini yang terjadi pada tubuh ketika Anda tidak makan sahur, tapi tetap berpuasa.

Klikdokter.com, Jakarta Sahur adalah waktu yang amat krusial guna memberi cadangan energi pada tubuh untuk menjalani ibadah puasa selama sehari penuh. Terkadang, karena terlalu lelah di malam sebelumnya, bisa jadi Anda tidak makan sahur karena bangun kesiangan. Hati-hati, hal ini malah bisa merugikan kondisi kesehatan Anda.

Dampak tidak makan sahur bagi tubuh

Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, pada dasarnya Anda tidak disarankan untuk puasa tanpa sahur terlebih dahulu. Sebab, hal tersebut akan membuat tubuh menjadi kehilangan glukosa. Akibatnya kondisi ini bisa meningkatkan risiko hipoglikemia, yakni rendahnya kadar gula darah di dalam tubuh.

“Jika orang yang tidak sahur sampai mengalami hipoglikemia, maka dia akan merasa lemas, pusing, dan bisa pingsan.” jelas dr. Sepri.

Adapun gejala lain yang bisa dirasakan oleh tubuh saat Anda mengalami hipoglikemia adalah jantung berdebar, keringat dingin, linglung, sulit bernapas, hingga kehilangan kesadaran.

Apabila di tengah-tengah berpuasa merasakan gejala di atas (bukan sekadar lemas), sebaiknya Anda tidak memaksakan diri untuk melanjutkan puasa. Segeralah konsumsi minuman atau makanan yang mengandung gula secukupnya lalu beristirahat.

Sementara itu, dr. Melyarna Putri dari KlikDokter mengatakan, sahur juga sangat penting bagi penderita mag yang ingin berpuasa. Sebab, bila penderita mag sampai melupakan sahur, lambung akan kosong dalam waktu yang lebih lama, sehingga menyebabkan rasa nyeri pada lambung karena asam lambung yang bergejolak.

1 dari 2 halaman

Tips agar gampang bangun sahur

Sebenarnya ada beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan agar tidak melewatkan waktu sahur karena terlambat bangun lagi, yaitu:

  • Tidur lebih awal

Jangan pernah begadang saat bulan puasa, apalagi memutuskan untuk mencoba tidak tidur sama sekali karena takut melewatkan waktu sahur. Sebab, hal itu justru bikin Anda rentan terlelap mendadak saat mendekati waktu sahur.

Solusinya, tidurlah lebih awal supaya tubuh mendapat waktu istirahat yang cukup dan Anda bisa bangun lebih mudah.

  • Pasang alarm

Setel alarm menggunakan nada yang sama dengan nada panggilan masuk. Biasanya, orang akan lebih mudah terbangun oleh bunyi panggilan masuk. Selain itu, letakkan alarm di jarak yang agak jauh, sehingga Anda terpaksa bangkit untuk mematikannya.

  • Hindari kafein dan gula berlebih sebelum tidur

Kopi, teh, soda memiliki kafein yang membuat Anda terjaga dan sulit tidur lebih awal. Jadi, jangan konsumsi ketiga minuman tersebut mendekati waktu tidur. Bahkan, hindari camilan manis sebelum tidur, karena akan membuat kualitas tidur Anda berkurang.

  • Minta dibangunkan

Tak ada salahnya meminta bantuan orang lain untuk membangunkan Anda agar tidak melewatkan sahur. Pesan pada orang tersebut untuk membangunkan Anda dengan banyak cara (kecuali yang berbahaya).

Biasanya, orang akan lebih cepat menyahut jika dibangunkan oleh orang lain karena ada perasaan tak enak hati jika mengabaikannya.

  • Kuatkan niat

Umumnya, halangan apa pun akan tergilas oleh kuatnya niat untuk sahur. Jadi, cobalah untuk lebih kuatkan tekad Anda untuk bangun.

Kini Anda telah mengetahui pentingnya sahur agar puasa berjalan lancar. Apabila Anda memiliki kesehatan yang baik, mungkin sesekali tidak makan sahur bukan masalah besar. Tapi, bagi penderita diabetes dan mag, hal ini akan sangat berakibat fatal. Jadi, lakukanlah cara-cara di atas supaya Anda tidak kesiangan bangun dan sempat makan sahur.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar