Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeGaya hidupDiet dan NutrisiEfek Tidak Makan Sahur bagi Kesehatan
Diet dan Nutrisi

Efek Tidak Makan Sahur bagi Kesehatan

Ayu Maharani, 04 Apr 2023

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Saat puasa Ramadan, jangan pernah absen untuk makan sahur. Ini yang terjadi pada tubuh ketika kamu tidak makan sahur, tapi tetap berpuasa.

Efek Tidak Makan Sahur bagi Kesehatan

Sahur adalah waktu yang amat krusial guna memberi cadangan energi pada tubuh untuk menjalani ibadah puasa selama sehari penuh. Terkadang, karena terlalu lelah di malam sebelumnya, bisa jadi kamu tidak makan sahur karena bangun kesiangan. Hati-hati, hal ini malah bisa merugikan kondisi kesehatan kamu.

Dampak tidak makan sahur bagi tubuh

Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, pada dasarnya kamu tidak disarankan untuk puasa tanpa sahur terlebih dahulu. Sebab, hal tersebut akan membuat tubuh menjadi kehilangan glukosa. Akibatnya kondisi ini bisa meningkatkan risiko hipoglikemia, yakni rendahnya kadar gula darah di dalam tubuh.

“Jika orang yang tidak sahur sampai mengalami hipoglikemia, maka dia akan merasa lemas, pusing, dan bisa pingsan.” jelas dr. Sepri.

Adapun gejala lain yang bisa dirasakan oleh tubuh saat kamu mengalami hipoglikemia adalah jantung berdebar, keringat dingin, linglung, sulit bernapas, hingga kehilangan kesadaran.

Apabila di tengah-tengah berpuasa merasakan gejala di atas (bukan sekadar lemas), sebaiknya kamu tidak memaksakan diri untuk melanjutkan puasa. Segeralah konsumsi minuman atau makanan yang mengandung gula secukupnya lalu beristirahat.

Sementara itu, dr. Melyarna Putri dari KlikDokter mengatakan, sahur juga sangat penting bagi penderita mag yang ingin berpuasa. Sebab, bila penderita mag sampai melupakan sahur, lambung akan kosong dalam waktu yang lebih lama, sehingga menyebabkan rasa nyeri pada lambung karena asam lambung yang bergejolak.

Tips Agar Mudah Bangun Sahur

Sebenarnya ada beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan agar tidak melewatkan waktu sahur karena terlambat bangun lagi, yaitu:

1. Tidur Lebih Awal

Jangan pernah begadang saat bulan puasa, apalagi memutuskan untuk mencoba tidak tidur sama sekali karena takut melewatkan waktu sahur. Sebab, hal itu justru bikin kamu rentan terlelap mendadak saat mendekati waktu sahur.

Solusinya, tidurlah lebih awal supaya tubuh mendapat waktu istirahat yang cukup dan kamu bisa bangun lebih mudah.

2. Pasang Alarm

Setel alarm menggunakan nada yang sama dengan nada panggilan masuk. Biasanya, orang akan lebih mudah terbangun oleh bunyi panggilan masuk. Selain itu, letakkan alarm di jarak yang agak jauh, sehingga kamu terpaksa bangkit untuk mematikannya.

3. Hindari Kafein dan Gula Berlebih Sebelum Tidur

Kopi, teh, soda memiliki kafein yang membuat Anda terjaga dan sulit tidur lebih awal. Jadi, jangan konsumsi ketiga minuman tersebut mendekati waktu tidur. Bahkan, hindari camilan manis sebelum tidur, karena akan membuat kualitas tidur kamu berkurang.

4. Minta Dibangunkan

Tak ada salahnya meminta bantuan orang lain untuk membangunkan kamu agar tidak melewatkan sahur. Pesan pada orang tersebut untuk membangunkan kamu dengan banyak cara (kecuali yang berbahaya).

Biasanya, orang akan lebih cepat menyahut jika dibangunkan oleh orang lain karena ada perasaan tak enak hati jika mengabaikannya.

5. Kuatkan niat

Umumnya, halangan apa pun akan tergilas oleh kuatnya niat untuk sahur. Jadi, cobalah untuk lebih kuatkan tekadmu untuk bangun.

Kini kamu telah mengetahui pentingnya sahur agar puasa berjalan lancar. Apabila kamu memiliki kesehatan yang baik, mungkin sesekali tidak makan sahur bukan masalah besar. Tapi, bagi penderita diabetes dan mag, hal ini akan sangat berakibat fatal. Jadi, lakukanlah cara-cara di atas supaya kamu tidak kesiangan bangun dan sempat makan sahur.

Yuk, #JagaSehatmu dengan menggunakan berbagai fitur di KlikDokter. Kamu bisa konsultasi online dengan dokter spesialis, hingga buat janji dengan layanan kesehatan terdekat.

[NP/ RVS]

Puasa RamadanKesehatanSahurDiabetesTidak Makan SahurTidak SahurMagHipoglikemia

Konsultasi Dokter Terkait