Sukses

Jadi Ayah Baru seperti Pangeran Harry, Anda Perlu Lakukan Ini

Jadi ayah baru seperti Pangeran Harry mungkin membingungkan. Tapi tenang, ada tips yang bisa Anda lakukan.

Klikdokter.com, Jakarta Pangeran Harry dan Meghan Markle sedang berbahagia setelah kelahiran anak pertama mereka pada Senin (6/5). Duke and Duchess of Sussex ini dikaruniai bayi laki-laki dengan berat 3,2 kg. Menjadi ayah baru seperti Pangeran Harry tentu tidak mudah.

Diperlukan penyesuaian diri untuk menjalani peran baru tersebut. Tak cuma itu, bersama istri, Anda harus belajar mengasuh dan merawat bayi baru lahir. Itu wajar dan memang membutuhkan butuh proses. Namun, bukan berarti Anda harus khawatir.

Beberapa hal di bawah ini dapat menjadi panduan Anda, para ayah baru.

1. Cobalah untuk tenang

Menjadi ayah baru dapat membuat Anda sedikit kewalahan dengan perubahan yang terjadi. Misalnya, harus sering bangun tengah malamuntuk menenangkan bayi yang menangis. Akibatnya, suasana hati Anda jadi buruk dan tubuh mudah lelah.

Jika Anda mengalami ini, cobalah ambil napas dalam sebanyak yang Anda butuhkan dan tenangkan pikiran. Ingatlah, sikap yang tenang dapat membantu istri melewati masa-masa awal yang rumit.

"Ini karena ibu masih capek, masih mengalami sakit, dan itu biasanya ibu malah panik. Ayahnya harus mem-backup secara emosional," ujar dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter.

2. Bermain dan berkomunikasi dengan bayi sesering mungkin

Bermain bersama anak adalah penting. “Ibu kan biasanya lebih fokus ke ASI dan menjalani masa nifas. Karena itu, stimulasi awal atau peran ayah sangat dibutuhkan. Ayah juga bisa mulai belajar mandikan bayi, ganti popok, atau kasih ASI perah. Kegiatan ini kan butuh komunikasi dengan bayi," kata dr. Sepri.

3. Bersikap ekstra sabar, suportif, dan komunikatif dengan pasangan

Melahirkan bisa menjadi salah satu hal yang menyebabkan trauma bagi para wanita. Itu sebabnya, para ayah baru harus memberikan semangat dan ekstra sabar. Sediakan waktu untuk memberikan perhatian kepada istri Anda juga. Menawarkan memijat atau membuatkan susu hangat tanpa harus diminta tentu akan sangat membuat pasangan Anda bahagia.

4. Berbagi dengan ayah lainnya

Bicaralah dengan ayah baru lainnya tentang pengalaman Anda maupun mereka. Anda akan mendapatkan ilmu-ilmu baru yang tentunya akan memudahkan Anda menjadi ayah baru. “Anda bisa menyerap ilmu dari para ayah tersebut lewat pengalaman yang mereka ceritakan,” kata dr. Sepri.

5. Hentikan kurangi kebiasaan buruk

Jika sebelumnya Anda punya kebiasaan buruk seperti merokok, minum alkohol, atau jarang olahraga, ubahlah diri Anda sekarang juga! Jadilah pribadi yang lebih baik untuk menyambut peran baru Anda sebagai ayah.  

"Ini terutama para ayah yang punya kebiasaan merokok. Saat batuk atau pilek, pakailah masker, selalu cuci tangan sebelum memegang bayi dan setelah mengganti popok anak Anda," ungkap dr. Sepri.

6. Ikuti intuisi Anda

Dengarkan saran dari yang lain, baca artikel atau buku-buku tentang panduan mengasuh, dan konsultasikan dengan para ahli memang baik dilakukan. Akan tetapi, Anda juga harus melatih intuisi Anda sebagai orang tua. Bagaimanapun, Anda akan lebih mengenal bayi Anda dibanding orang lain.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan oleh para ayah baru seperti Pangeran Harry. Tidak usah panik, nikmati saja masa-masa ini dengan perasaan bahagia. Lama-kelamaan Anda akan semakin ahli menghadapi beragam situasi di rumah. Jangan ragu untuk membawa bayi Anda ke dokter jika memiliki pertanyaan medis atau keraguan soal kondisi kesehatannya.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar