Sukses

Awas, Perut Kembung Akibat 7 Makanan ini Saat Buka Puasa

Meski ketujuh makanan ini terlihat menggiurkan, tapi menyantapnya saat buka puasa bisa bikin perut kembung, lo! Apa saja makanan itu?

Klikdokter.com, Jakarta Wajar memang saat waktu buka puasa tiba, Anda langsung menyantap berbagai makanan. Akan tetapi, tetaplah cermat dalam memilih makanan untuk berbuka. Bila tidak, bisa-bisa Anda mengalami perut kembung.

Menurut dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter, perut kembung – atau dalam istilah medis disebut meteorismus – merupakan kondisi terperangkapnya udara (gas) dalam rongga abdomen atau usus. Kondisi ini dapat dialami segala usia, mulai dari bayi hingga orang tua. Perut kembung dapat menjadi keluhan tunggal, atau disertai gangguan lain seperti nyeri ulu hati, mual, muntah, rasa tidak nyaman di perut dan lain-lain.

Buka puasa aman dari perut kembung

Nah, Anda tentu tidak mau kan usai berbuka puasa malah kondisi perut justru tidak nyamanOleh karena itu, sebaiknya Anda hindari beberapa makanan dan minuman di bawah ini saat buka puasa agar  Anda tidak mengalami perut kembung.

  1. Kubis-kubisan

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter, beberapa orang sulit mencerna sayuran, khususnya sayur jenis kubis-kubisan, seperti kol, kembang kol, brokoli, dan kale. Pasalnya, sayuran tersebut mengandung raffinose atau sejenis gula yang sulit dicerna oleh lambung dan baru dapat dicerna saat mencapai usus besar.

Bila kebetulan menu berbuka puasa Anda adalah lalapan, sebisa mungkin  hindarilah konsumsi kol. Anda bisa mengambil olahan sayuran lain yang lebih ramah untuk perut.

  1. Susu dan produk olahannya

Selain itu, hindari juga minuman susu atau produk olahannya, seperti keju, agar perut tidak kembung. Hal ini sangat berlaku untuk orang yang mengalami intoleransi laktosa. Tubuh mereka kekurangan enzim laktosa untuk memecah gula di dalam tubuh sehingga susu dan sejenisnya akan membikin perut tidak nyaman.

  1. Minuman bersoda

Tidak boleh mengonsumsi susu dan produk olahannya bukan berarti Anda boleh seenaknya meneguk minuman bersoda. Sebab, gelembung pada minuman berkarbonasi dapat membuat perut Anda mengembang seperti balon. Hal itupun dibenarkan oleh dr. Vita. Menurutnya, gas tersebut bisa terjebak di dalam perut sehingga bikin Anda kembung.

  1. Buah-buahan tinggi kandungan fruktosa dan sorbitol

Mengonsumsi buah potong, rujak, sop buah, atau jus buah saat berbuka puasa memang menyegarkan. Namun, bagi Anda yang memiliki perut sensitif, sebaiknya berhati-hatilah terhadap apel, nanas, pir, anggur, dan mangga. Sebab, aneka buah itu mengandung gula buah (fruktosa) dan sorbitol (gula alkohol) yang tinggi di dalamnya.

“Jenis gula seperti itu akan lambat diserapsaluran pencernaan sehingga akan menimbulkan gas di dalam perut, lalu bikin kembung,” kata dr. Vita.

  1. Cokelat

Meski bisa meningkatkan mood Anda, sebaiknya hindari makan cokelat saat berbuka. Sebab, makanan ini dapat meningkatkan peregangan di lambung yang berujung pada peningkatan produksi asam lambung. Akibatnya tak cuma kembung yang bisa Anda rasakan, tetapi juga nyeri ulu hati.

  1. Kopi Hitam

Menurut Cynthia Sass, R.D. penulis buku Slim Down Now: Shed Pounds and Inches with Real Food, Real Fast, kopi dapat merangsang iritasi pada organ pencernaan Anda, khususnya lambung. Kondisi ini bisa menimbulkan efek kembung. Meski sifat kopi hitam asam, menambahkan gula atau pemanis buatan ke dalamnya hanya akan membuat efeknya semakin buruk.

  1. Makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan

Pemanis buatan biasanya ditemukan dalam makanan kemasan. Oleh sebab itu, hindari makanan atau minuman kemasan terlalu banyak jika tidak ingin mengalami kembung. Ketimbang mengonsumsi makanan atau minuman kemasan, akan lebih sehat bila Anda menyantap hindangan yang dibuat secara alami.

Ketujuh jenis makanan di atas dapat menyebabkan perut kembung bila dimakan saat buka puasa. Bagi Anda pemilik perut sensitif, sebaiknya hindari tujuh makanan di atas agar kondisi perut Anda tetap nyaman dan tetap bisa beraktivitas seperti biasa, khususnya beribadah.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar