Sukses

Usai Persalinan Caesar, Kapan Boleh Berhubungan Seks Lagi?

Setelah persalinan caesar, umumnya wanita harus menunggu beberapa waktu untuk pulih dan bisa kembali berhubungan seks. Berapa lama?

Klikdokter.com, Jakarta Persalinan caesar termasuk tindakan operasi besar, sehingga butuh waktu ekstra untuk pemulihan usai tindakan. Umumnya, wanita usai melahirkan perlu menunggu setidaknya 6 minggu untuk bisa kembali berhubungan seks, atau sampai dokter menyatakan aman. Tak hanya itu, wanita mungkin juga perlu melakukan beberapa tindakan pencegahan dan penyesuaian selama beberapa waktu.

Sebetulnya tidak ada standar berapa lama untuk pasangan bisa kembali berhubungan seks setelah caesar, tetapi baiknya turuti apa kata dokter tentang waktu yang tepat. Menurut dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, jika tak ada masalah, umumnya dokter akan menyatakan aman saat pemeriksaan rutin 6 minggu pascapersalinan, tapi juga bisa berbeda tiap wanita.

Pada sebuah studi tahun 2013 dalam “BJOG: An International Journal of Obsetrics & Gynaecology” yang melibatkan lebih dari 1.500 wanita, sebanyak 53 persen mencoba aktivitas seksual dalam waktu 6 minggu setelah melahirkan. Dari angka tersebut, 41 persen melakukan seks vaginal.

Proses pemulihan wanita setelah caesar bisa bervariasi, yang mungkin tergantung pada bagaimana jalannya operasi tersebut. Banyak wanita yang melahirkan secara caesar menunggu selama 4-6 minggu sebelum kembali melakukan seks karena adanya keluhan nyeri, perdarahan vagina, dan kelelahan setelah pasca persalinan.

Meski sudah diizinkan dokter, tetapi tetap harus berhati-hati

Setelah dokter menyatakan aman, tetap perlu ada tindakan pencegahan untuk mengurangi risiko komplikasi. Mungkin wanita akan merasa nyeri dan terdapat bengkak di sekitar lokasi sayatan, dan kulit di sekelilingnya mungkin terasa kencang atau meregang.

Saat sayatan membaik, masih ada risiko luka kembali terbuka, sehingga penting untuk menghindari aktivitas berat, termasuk beberapa aktivitas seksual.

Biasanya juga terdapat memar di sekitar area sayatan, yang akan memudar setelah beberapa minggu setelah persalinan. Dokter mungkin akan melepas staples bedah sebelum diperbolehkan pulang, tetapi perut masih akan terasa lunak dan sakit selama beberapa minggu.

Kondisi vagina biasanya terasa lebih lebar, bengkak, dan ada memar setelah melahirkan. Serviks juga butuh waktu untuk pulih dan kembali ke ukuran semula sebelum wanita bisa kembali berhubungan seks atau menggunakan tampon.

Tanda-tanda infeksi dan komplikasi lainnya yang perlu diperhatikan pasca caesar adalah:

  • Demam di atas 38 derajat Celcius
  • Nyeri hebat
  • Kebocoran urine
  • Perdarahan vagina berat, misalnya memenuhi pembalut tebal dalam satu jam
  • Keluarnya gumpalan darah berukuran besar
  • Adanya cairan berbau tak sedap yang keluar dari luka sayatan
  • Perdarahan yang parah atau terus-menerus dari luka sayatan
  • Bengkak di sekitar luka sayatan
  • Nyeri atau bengkak di kaki bagian bawah
  • Nyeri saat buang air kecil
  • Muntah, diare, atau mual
  • Napas pendek
  • Gatal-gatal atau muncul ruam
  • Sakit kepala berat mendadak yang berkelanjutan
  • Cemas, depresi, atau panik
  • Gejala mirip flu

Apabila Anda mengalami beberapa dari gejala tersebut, segera periksakan diri ke dokter.

1 dari 2 halaman

Tips agar cepat pulih pascapersalinan caesar

Wanita butuh waktu lebih lama untuk bisa pulih total setelah caesar, karena ini merupakan operasi besar. Menurut dr. Nadia dari KlikDokter, jika tidak komplikasi, ibu yang melahirkan caesar akan dirawat dan dipantau di rumah sakit selama 3-4 hari.

Sepulangnya ke rumah, pastikan istirahat yang cukup. Memang tak semudah kedengarannya karena harus merawat bayi. “Selain mencoba tidur saat bayi tidur, cobalah berbagi tugas merawat bayi atau mengerjakan pekerjaan rumah dengan suami atau orang lain agar Anda bisa beristirahat. Tidur cukup akan membantu proses pemulihan lebih cepat,” ujar dr. Nadia.

Selain itu, hindari melakukan aktivitas berat seperti naik turun tangga terlalu sering, tidak mengangkat benda yang lebih berat dari bayi. Saat bersin atau batuk, tahan perut untuk melindunti area bekas sayatan operasi.

“Untuk bisa beraktivitas normal, mungkin butuh waktu sekitar 8 minggu. Lakukan secara perlahan dan bertahap. Jika tak sabar ingin kembali berolahraga, tanyakan kepada dokter waktu yang aman untuk melakukannya.”

Asupan nutrisi dari makanan juga tak kalah penting. Sama seperti saat hamil, sumber nutrisi bayi bergantung pada apa yang Anda makan (jika ia diberikan ASI).

Makanan bergizi seimbang tak cuma membuat bayi sehat, tetapi proses pemulihan jadi lebih cepat. “Konsumsilah makanan yang tinggi protein, karena diperlukan untuk membantu pembentukan jaringan tubuh baru dan memulihkan jaringan otot usai melahirkan,” saran dr. Nadia. Selain itu, perbanyak buah dan sayuran untuk mencegah terjadinya gangguan saluran cerna yang sering dialami usai caesar.

Satu hal lagi yang tak kalah penting, minum cairan yang lebih banyak dari biasanya, yaitu sekitar 13 gelas, agar terhindar dari dehidrasi.

Untuk bisa kembali beraktivitas seks pasca melahirkan caesar, wanita butuh waktu sekitar 6 minggu atau sampai dokter menyatakan aman setelah pemeriksaan dilakukan. Sementara menunggu, lakukan tips di atas untuk mempercepat proses pemulihan, sehingga Anda pun juga bisa lebih fokus dalam merawat si Kecil.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar