Sukses

Tak Cuma Makanan & Minuman, Wajah juga Perlu Perasan Lemon

Segarnya lemon tidak hanya membuat makanan dan minuman menjadi lebih sedap. Perasan lemon juga bermanfaat untuk kesehatan wajah.

Klikdokter.com, Jakarta Perasan lemon bisa ditambahkan ke dalam makanan dan minuman untuk menambah kesegaran dan rasa. Segelas iced lemon tea, ayam saus lemon, salad dengan perasan lemon—yum! Lemon tak hanya wajib tersedia di dapur, tetapi juga berdekatan dengan meja rias Anda untuk menyokong kesehatan dan kecantikan wajah.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa manfaat lemon untuk wajah.

1. Pelembap sekaligus pembersih wajah

Lemon punya khasiat antibakteri, sehingga membuat bahan tersebut sempurna untuk membinasakan bakteri penyebab jerawat. Dilansir dari Women’s Health, Anda bisa membuat sendiri pelembab tersebut.

Caranya mudah: campur beberapa tetes air kepala dengan beberapa tetes air lemon. Air kelapa akan melembapkan wajah, sedangkan perasan lemon dapat membersihkan dan mencerahkan wajah.

2. Memerangi komedo

Dari KlikDokter, dr. Adeline Jaclyn menambahkan bahwa lemon mengandung asam sitrat yang merupakan bentuk alami dari alpha hydroxyl acid (AHA). Jika punya banyak komedo, lemon bisa jadi tambahan tepat ke dalam ritual masker Anda.

“Perasan lemon bisa diaduk dengan seperempat cangkir minyak zaitun atau sweet almond oil. Oleskan ke wajah, yaitu area T-zone, selama 10-15 menit,” tambah dr. Adeline.

3. Usaha untuk tampak awet muda

Juga dari KlikDokter, dr. Astrid Wulan Kusumoastuti menyebut bahwa lemon kaya akan vitamin C, sehingga bisa bikin Anda terlihat awet muda.

“Peran vitamin C penting untuk pembentukan kolagen, komponen penting dalam regenerasi kulit, menjaganya tetap kenyal dan lembut,” kata dr. Astrid.

Sebagai bonus, lemon juga bisa bantu Anda memenuhi kecukupan cairan harian serta baik untuk mendukung sistem kekebalan tubuh.

4. Mencerahkan kulit

Asam sitrat dan vitamin C pada lemon bisa mencerahkan kulit dari waktu ke waktu. Vitamin C memang dikenal antioksidan jempolan untuk menetralkan radikal bebas dan mendongkrak produksi kolagen. Artinya, hal tersebut baik untuk membantu mencerahkan noda hitam di wajah.

Setelah menggunakan air perasan lemon untuk kulit wajah, jangan lupa untuk mengaplikasikan tabir surya, mengingat buah sitrus bisa membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari.

5. Selamat tinggal muka berminyak!

Asam sitrat pada lemon bekerja sebagai astringen (zat yang menyebabkan pengerutan jaringan, sehingga dapat mengurangi sekresi) alami. Jika kulit Anda cenderung berminyak, Anda bisa meneteskan air lemon ke kapas, lalu usap ke wajah setelah mandi untuk mengurangi produksi minyak.

6. Eksfolian bibir

Campurkan sedikit perasan lemon dengan gula merah (brown sugar) untuk membuat lip scrub Anda sendiri. AHA pada lemon bekerja layaknya eksfolian kimia untuk melonggarkan sel kulit mati pada bibir. Sementara itu, gula merah akan bekerja untuk mengelupasnya. Sebelum menggunakan ramuan ini, pastikan tak ada luka pada bibir.

7. Menghilangkan bekas jerawat

Walaupun belum ada studi yang menegaskan manfaat lemon untuk hilangkan bekas jerawat, tetapi bukti anekdotal (berdasarkan pengalaman sejumlah orang) sudah cukup banyak. Banyak laporan bahwa bekas jerawat alami perbaikan setelah dioleskan air lemon, mungkin karena dapat membantu meratakan warna kulit mereka.

Cara penggunaannya mudah: cukup aplikasikan air perasan lemon ke bekas jerawat dengan kapas atau cotton bud. Lakukan ini pada malam hari sebelum tidur dan pagi hari sebelum beraktivitas. Mengoleskannya tak perlu banyak-banyak, ya!

Pada beberapa kondisi, Anda bisa mengandalkan perasan lemon untuk menunjang kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Meski demikian, jika Anda punya tipe kulit sensitif, baiknya konsultasikan dulu dengan dokter spesialis kulit agar penggunaannya tak justru memunculkan masalah baru.

(RN/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar