Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Tak Cuma Makanan & Minuman, Lemon Juga Bermanfaat untuk Wajah

Tak Cuma Makanan & Minuman, Lemon Juga Bermanfaat untuk Wajah

Segarnya lemon tidak hanya membuat makanan dan minuman menjadi lebih sedap. Perasan lemon juga bermanfaat untuk kesehatan wajah.

Air perasan lemon banyak dipercaya memiliki khasiat untuk kesehatan. Minuman ini dapat meningkatkan metabolisme dan energi untuk beraktivitas sehari-hari karena mengandung vitamin, flavonoid, dan antioksidan.

Selain dijadikan bahan tambahan untuk bumbu makanan dan air minum, perasan lemon ternyata juga dapat digunakan pada wajah, lho!

Selain berkhasiat untuk kesehatan tubuh, vitamin C dalam perasan lemon juga baik untuk kulit Anda, baik saat dimakan atau diminum. Maka dari itu, mengaplikasikan perasan lemon di daerah wajah dipercaya akan berhasil.

Cara yang umum dilakukan adalah menggunakan masker lemon untuk wajah. Lantas, apa saja manfaat lemon untuk wajah?

1 dari 6 halaman

1. Menangani Jerawat

Manfaat lemon untuk wajah yang utama adalah untuk mengatasi jerawat yang meradang. Sejumlah penelitian telah menyimpulkan bahwa lemon mengandung efek antibakteri yang kuat sehingga dapat mengatasi jerawat yang disebabkan oleh bakteri. 

Selain itu, manfaat lemon untuk wajah berjerawat juga dapat mengurangi proses peradangan saat jerawat sedang terbentuk. Khasiat ini diperoleh dari efek antiradang pada lemon karena sifat asamnya.

Artikel Lainnya: Inilah Khasiat Air Lemon bagi Kesehatan

2. Menyamarkan Bekas Jerawat

Selain mengatasi jerawat yang meradang, manfaat lemon untuk kulit juga baik untuk menyamarkan bekas jerawat. Khasiat ini diperoleh dari salah satu kandungan lemon, yakni bentuk alami dari AHA (alpha hydrocy acid).

Perasan lemon mengandung asam sitrat yang bersifat eksfolian. Kandungan ini dapat melepaskan sisa-sisa sel kulit mati. Dengan begitu, bekas jerawat yang merupakan sel kulit yang rusak akan cepat terganti dengan sel kulit baru.

2 dari 6 halaman

3. Mencerahkan Kulit

Asam sitrat dan vitamin C pada lemon bisa mencerahkan kulit dari waktu ke waktu. Vitamin C memang dikenal sebagai antioksidan jempolan untuk menetralkan radikal bebas dan mendongkrak produksi kolagen.

Manfaat lemon untuk wajah yang satu ini dapat membantu menyamarkan noda hitam pada wajah Anda.

4. Mengatasi Komedo

Komedo atau yang disebut sebagai blackhead terbentuk akibat adanya penumpukan sel kulit mati yang terjadi pada permukaan kulit wajah. Nah, manfaat lemon untuk wajah dapat membantu mengatasi komedo yang telah terbentuk.

Khasiat tersebut diperoleh dari salah satu kandungan lemon, yakni asam sitrat yang berguna untuk mengangkat sisa sel kulit mati.

Artikel Lainnya: Rutin Minum Air Lemon Bantu Turunkan Kolesterol

3 dari 6 halaman

5. Menghaluskan Kulit Wajah

Manfaat lemon untuk wajah salah satunya adalah menghaluskan kulit. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, asam sitrat dapat berfungsi sebagai eksfolian. Kulit wajah Anda pun dapat menjadi lebih halus.

6. Mencegah Penuaan Dini

Radikal bebas yang berasal dari pola hidup, paparan sinar ultraviolet (UV) matahari, dan polusi, dapat merusak sel kulit. Akibatnya, kulit menjadi lebih cepat keriput.

Sebagai pencegahan, Anda dapat memperoleh manfaat lemon untuk kulit. Kandungan vitamin C dalam lemon berperan sebagai antioksidan. Kandungan ini membantu pembentukan kolagen untuk menangkal radikal bebas dan membuat kulit tetap kencang sehingga terlihat awet muda.

4 dari 6 halaman

7. Mengurangi Muka Berminyak

Manfaat lemon untuk wajah dapat dirasakan oleh pemilik kulit berminyak. Asam sitrat pada lemon bekerja sebagai astringen (zat yang menyebabkan pengerutan jaringan sehingga dapat mengurangi sekresi) alami.

Nah, jika kulit Anda cenderung berminyak, Anda bisa meneteskan air lemon ke kapas, lalu mengusapkan ke wajah setelah mandi untuk mengurangi produksi minyak.

Artikel Lainnya: Berbagai Manfaat Air Lemon untuk Ibu Menyusui

8. Melembapkan Wajah

Manfaat lain dari lemon untuk wajah Anda adalah melembapkan wajah. Selain mencegah jerawat karena memiliki sifat antibakteri, lemon juga dapat dijadikan sebagai pelembap alami wajah.

Anda dapat mengaplikasikan perasan lemon buatan pada wajah dengan menjadikannya masker. Masker lemon untuk wajah tidak hanya berguna untuk melembapkan, tetapi juga dapat membantu mengatasi masalah wajah lainnya, seperti jerawat.

Selain itu, Anda dapat menjadikan perasan lemon sebagai zat penambah pada pelembap, atau mengusapkan langsung tipis-tipis menggunakan kapas.

5 dari 6 halaman

9. Mengurangi Bibir Pecah-Pecah

Salah satu kandungan lemon, yakni AHA bekerja layaknya eksfolian kimia untuk melonggarkan sel kulit mati pada bibir. Manfaat lemon untuk wajah, khususnya bibir, berguna bagi Anda yang memiliki bibir kering dan pecah-pecah.

Bagi Anda yang memiliki bibir pecah-pecah, mencampurkan perasan lemon pada gula merah atau madu dapat membantu melembapkan dan melepaskan kulit mati pada bibir.

Itulah beberapa manfaat lemon untuk wajah. Meskipun dipercaya memiliki khasiat, tetapi belum banyak penelitian yang membuktikan efek penggunaan perasan lemon pada wajah.

Jadi, sebelum asal-asalan menambahkan perasan lemon ke dalam rangkaian perawatan wajah Anda, ada baiknya untuk mengonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter. Anda perlu mewaspadai adanya efek samping, seperti iritasi kulit, bukan?

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar