Sukses

Atasi Gigi Sensitif dalam 30 Detik

Gigi sensitif adalah salah satu keluhan yang sering dialami banyak orang. Tapi, kini Anda bisa mengatasi gigi sensitif hanya dalam 30 detik.

Klikdokter.com, Jakarta Gigi sensitif atau hipersensitivitas dentin adalah hal yang lazim terjadi dan sering dialami oleh banyak orang. Ini adalah kondisi klinis umum yang disebabkan oleh lapisan dentin yang terbuka. Hal ini dapat terjadi akibat hilangnya lapisan email pada gigi. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena kini Anda bisa mengatasi gigi sensitif dalam waktu hanya 30 detik.

Gigi sensitif kebanyakan sering dialami orang pada usia 20-40 tahun. Kondisi ini sering  menyebabkan ketidaknyamanan pada penderitanya. Banyak hal yang bisa menyebabkan gigi Anda menjadi sensitif. Selama ini makanan atau minuman dingin sering dikaitkan sebagai salah satu pemicu terjadinya gigi sensitif atau menjadi ngilu.

Di sisi lain, gaya hidup urban yang serba instan dan padat juga dapat memicu timbulnya gigi sensitif. Di sisi lain, pola makan sehat seperti minum infused water dan konsumsi jus buah-buahan yang tinggi kadar asamnya ternyata juga bisa mengakibatkan gigi sensitif.

Salah satu hal yang juga menjadi perhatian adalah tren generasi muda saat ini yang selalu ingin tampil sempurna dengan melakukan perawatan gigi kosmetik, seperti bleaching dan veneer. Tanpa disadari perawatan gigi semacam ini juga bisa menyebabkan gigi Anda menjadi rentan terjadi gigi sensitif.

Mengenali tanda dan penyebab gigi sensitif lebih dalam

Menurut survei yang dilakukan oleh Unilever melalui badan riset independen IPSOS pada 2018 memperlihatkan bahwa 1 dari 5 penduduk di Indonesia, atau 19% dari total populasi mengalami keluhan gigi sensitif. Penderita gigi sensitif tersebut dibagi menjadi dua kategori, yakni penderita gigi sensitif ringan (13%) dan penderita gigi sensitif berat (6%).

Dari total penderita gigi sensitif tersebut, 93% dari penderita tidak mengambil tindakan apapun untuk mengatasi keluhan gigi sensitifnya. Survei juga menunjukkan bahwa penderita gigi sensitif juga mengalami penyakit gusi, ulcers pada mulut, gigi goyang, dan erosi email pada gigi.

Apabila Anda sering merasakan ngilu pada gigi Anda saat mengonsumsi makanan dingin dan asam, dapat diasumsikan Anda mengalami keluhan gigi sensitif. Ada beberapa tanda lain yang menunjukkan bahwa gigi Anda menjadi sensitif, berikut di antaranya:

  • Resesi atau penurunan gusi akibat adanya infeksi gusi atau gingivitis
  • Abrasi gigi akibat cara menyikat gigi yang salah sehingga menyebabkan dentin terbuka dan gigi mudah ngilu
  • After Treatment gigi seperti scaling (pembersihan karang gigi), atau bleaching dan veneer menyebabkan gigi menjadi lebih rentan mengalami ngilu
  • Erosi gigi akibat makanan dan minuman yang mengandung kadar asam tinggi atau berkarbonasi menyebabkan rangsangan ke dentin yang terbuka, sehingga menyebabkan rasa ngilu
  • Keluhan gigi sensitif dan gingivitis umumnya rentan untuk diderita oleh wanita yang sedang dalam masa kehamilan

Keluhan gigi sensitif umumnya dapat dihindari apabila Anda melakukan perawatan dan pemeliharaan gigi yang efektif. Selain itu, gigi sensitif dapat dikurangi dengan penggunaan pasta gigi sensitif secara tepat dan rutin. Dan jangan lupa untuk selalu mengunjungi dokter gigi Anda minimal setiap 6 bulan sekali untuk pemeriksaan rutin dan perawatan lebih lanjut.

Cara mengatasi gigi sensitif dalam 30 detik

Masalah gigi sensitif menjadi perhatian serius dari Pepsodent. Sebab, masih banyak yang orang yang tidak tahu harus berbuat apa ketika mengalami gigi sensitif.

Demi bisa membantu mereka yang mengalami gigi sensitif, Pepsodent memperkenalkan kembali produk pasta gigi khusus gigi sensitif yang kini dikenal dengan nama baru, Sensitive Expert by Pepsodent.

Melalui teknologi dan formula yang dimiliki, pasta gigi ini mampu meredakan rasa ngilu pada gigi sensitif dalam waktu 30 detik. Selain itu juga mampu mencegah rasa tidak nyaman tersebut datang kembali.

Sensitive Expert by Pepsodent memiliki kandungan khusus yang mampu melakukan itu semua dalam sekejap. Kandungan yang menjadi unggulan dalam produk pasta gigi ini adalah:

  • Potassium Citrate, berfungsi untuk meredakan rasa ngilu syaraf gigi sensitif secara cepat
  • Hydroxyapatite/HAP Mineral, mampu masuk dan menutup tubuli atau saluran dentin yang terbuka serta mencegah rangsangan penyebab nyeri pada syaraf gigi
  • Zinc Citrate, berfungsi untuk menghambat metabolisme bakteri dan terbukti secara klinis dapat menjaga kesehatan gusi, serta dapat mencegah penurunan gusi dan menurunkan risiko sensitivitas gigi di kemudian hari
1 dari 2 halaman

Program edukasi bagi para expert

Peluncuran Sensitive Expert by Pepsodent dilakukan berbarengan dengan acara Dental Expert Forum di Grha Unilever, BSD, Tangerang Selatan pada Senin (8/4). Dental Expert Forum yang diadakan adalah kegiatan edukasi rutin yang dilakukan tim Pepsodent Dental Expert Center bagi para expert di bidang kedokteran gigi se-Indonesia yang diinisiasi oleh Pepsodent sejak tahun 2013.

Kegiatan edukasi ini mengangkat beragam tema terkini yang berkaitan dengan kesehatan gigi dan mulut. Dalam forum yang sangat menarik tersebut, para narasumber dokter gigi yang hadir memaparkan presentasinya dengan mengangkat tema “Smile Revolution”.

Para dokter gigi yang menjadi pembicara pada forum tersebut adalah drg Astrid Khatalia, Sp. Pros, drg. Bernard O. Iskandar,Sp.KG,FICCDE,FICD dan drg. Griya Ridha Raharja bersama dengan Tim Griya Dental Care.

Dalam Dental Expert Forum tersebut, veneer menjadi salah satu topik yang dibicarakan. Menurut drg. Astrid, veneer adalah perawatan yang dirancang untuk menghasilkan kombinasi senyuman sehat dan indah dengan memperhatikan proporsi dan bentuk gigi yang simetris, refleksi atau warna gigi serta keharmonisan antara keseluruhan gigi, bibir dan wajah.

Sementara itu, drg. Bernard O. Iskandar memaparkan kepada sekitar 250 dokter gigi yang hadir dalam forum tersebut terkait penanganan gigi melalui perawatan endodontik. Perawatan endodontik merupakan perawatan untuk memperbaiki gigi yang mengalami infeksi mencapai ruang saraf gigi. Tujuan dari perawatan endodontik adalah untuk mempertahankan gigi tanpa perlu dicabut, sehingga mampu berfungsi kembali, baik untuk mengunyah maupun menjaga penampilan gigi yang sehat.

Terakhir, forum ditutup dengan sangat menarik oleh drg. Griya Ridha Raharja bersama dengan Tim Griya Dental Care. Tim ini sangat terkenal di kalangan dokter gigi karena sering mengunggah hasil pekerjaan mereka lewat instagram, ditunjang oleh fotografi dengan kemampuan dan peralatan yang memadai.

Selain itu, drg. Griya Ridha Raharja dan tim juga memberikan live demo pengalaman mereka dalam menangani beberapa kasus gigi depan yang rusak yang memerlukan perawatan anterior direct composite restoration. Melalui live demo ini diharapkan agar para dokter mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai tindakan yang harus diambil dan pentingnya untuk selalu mencermati setiap keputusan dalam melakukan tindakan tersebut.

Dengan peluncuran kembali Sensitive Expert by Pepsodent pada forum tersebut, Unilever Indonesia berharap forum ini dapat menjawab berbagai tantangan serta isu mengenai gigi sensitif yang timbul baik sebelum maupun sesudah perawatan. Dental Expert Forum pun diharapkan mampu mendukung para expert untuk menangani kasus gigi sensitif maupun meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat terkait penanganan gigi sensitif secara cepat dan tepat.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar