Sukses

Puasa Ramadan Hari Pertama, Ini Menu Berbuka yang Bisa Anda Pilih

Ingin puasa Ramadan tahun ini lebih bermakna dan sehat? Sajikan menu ini untuk buka puasa di hari pertama!

Klikdokter.com, Jakarta Bulan Ramadan tiba. Seluruh umat muslim di dunia diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa, menahan haus dan lapar dari sebelum terbit fajar hingga waktu magrib tiba. Menjalankan ibadah puasa Ramadan memberikan tantangan tersendiri, apalagi bila orang yang melakukannya belum terbiasa.

Nah, agar puasa yang Anda jalankan lebih bermakna dan bermanfaat sehat, sajian menu buka puasa haruslah sehat. Berikut beberapa pilihan menu berbuka puasa yang bisa Anda sajikan:

1. Kurma

Berdasarkan penjelasan dr. Kartika Mayasari kepada KlikDokter, kurma adalah salah satu pilihan menu terbaik yang bisa Anda santap saat berbuka puasa. Ini karena kurma mengandung beragam zat gizi yang mampu memulihkan energi setelah habis digunakan untuk menahan haus dan lapar seharian.

“Kurma juga bisa melancarkan buang air besar, menangkal radikal bebas, menurunkan risiko stroke dan jantung koroner, serta menunjang fungsi tubuh bagian dalam,” tutur dr. Kartika.

2.  Semangka

Melansir Livestrong, semangka adalah pilihan makanan yang tepat untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Ini karena buah yang umumnya berdaging merah itu dapat membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang selama berpuasa, juga mudah dicerna oleh usus.

Tak hanya itu, semangka juga dapat membantu menstabilkan kadar elektrolit dan tekanan darah. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda sangat dianjurkan untuk mengonsumsi semangka segar, yang tidak diolah dengan campuran bahan apa pun.

1 dari 3 halaman

Selanjutnya

3. Daging tanpa lemak

Ingin menu buka puasa yang sedikit lebih nikmat? Daging tanpa lemak dapat Anda jadikan sebagai pilihan utama. Faktanya, daging mengandung protein yang berfungsi untuk menggantikan sel-sel tubuh yang rusak. Dengan mencukupi kebutuhan protein selama berpuasa, Anda akan merasa bugar meski lapar dan haus melanda.

Meski baik, Anda harus tetap mengingat porsi yang dikonsumsi. Pastikan tidak berlebihan, karena malah akan membuat perut terasa begah sehingga keinginan Anda untuk melakukan ibadah selanjutnya bisa sirna.

4. Kecambah

Berbuka puasa dengan semangkuk kecambah adalah hal yang baik. Ini karena Living Food For Africa mengatakan bahwa kecambah mengandung gula, vitamin, mineral, dan antioksidan yang mudah dicerna oleh tubuh Anda.

Beberapa jenis kecambah yang bisa Anda sajikan sebagai menu berbuka puasa adalah brokoli, lentil, kol, buncis, dan kacang hijau.

5. Jus wortel

Segelas jus wortel tanpa tambahan gula adalah pilihan yang baik untuk berbuka puasa. Selain menyegarkan dan membantu mengembalikan cairan tubuh, jus wortel juga mampu meningkatkan sistem kekebalan karena mengandung kadar vitamin C yang tinggi.

Selain itu, jus wortel juga bisa bermanfaat untuk mencegah perut kembung, mengontrol tekanan darah agar tetap stabil, menjaga kesehatan kulit dan mata, serta menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh Anda.

2 dari 3 halaman

Makanan yang perlu dihindari saat buka puasa

Jika makanan di atas adalah yang terbaik untuk disajikan saat berbuka puasa, maka makanan berikut ini sebaiknya benar-benar Anda hindari. Meski nikmat, beberapa makanan berikut tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi saat berbuka. Makanan apa saja yang termasuk?

  • Gorengan. Makanan berminyak yang satu ini sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi saat berbuka, karena mengandung lemak tinggi yang membuat tubuh kesulitan mencernanya.
  • Cokelat. Manis dan enak. Sayangnya, cokelat dapat membuat asam lambung meningkat dengan cepat.
  • Makanan bersantan, asam. dan pedas. Jenis makanan ini sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi saat perut kosong, karena dapat menyebabkan lambung bergejolak sehingga menghasilkan sensasi tidak nyaman.
  • Minuman berkafein dan soda. Kopi, teh, dan minuman berkafein lain dapat menarik cairan tubuh sehingga berpotensi menyebabkan dehidrasi. Sedangkan soda mengandung senyawa yang bisa memicu peningkatan asam lambung dan terjadinya perut begah.

Sajikan makanan yang sehat untuk menu buka puasa di hari pertama. Namun sebaiknya, Anda juga bisa mengonsumsi menu sehat saat berbuka di puasa hari-hari berikutnya. Dengan demikian, puasa Ramadan Anda dan keluarga akan menjadi lebih bermakna, dan kesehatan Anda bisa meningkat sepenuhnya.

(NB/ RVS)

1 Komentar