Sukses

Tips Pemulihan Usai Operasi Caesar seperti Tya Ariestya

Usai menjalani operasi caesar saat ini Tya Ariestya pun tengah melalui proses pemulihan. Apa saja tips pemulihan usai operasi caesar?

Klikdokter.com, Jakarta Pada hari Selasa (30/4) lalu, artis yang juga pernah menjadi duta Taekwondo Indonesia, Tya Ariestya melahirkan lewat operasi caesar. Putra kedua hasil buah cintanya dengan Irfan Ratinggang tersebut lahir dengan berat 3,5 kg dan panjang 50 cm. Proses persalinan caesar pun identik dengan pemulihan pasca operasi yang "lebih lama" dibandingkan proses persalinan normal.

Bagi Anda yang baru saja jalani operasi caesar seperti Tya Ariestya, tak perlu khawatir. Lakukan tips pemulihan usai operasi caesar berikut ini:

  • Beristirahat yang cukup

Operasi caesar termasuk tindakan operasi besar. Sama halnya seperti tindakan operasi lainnya, tubuh membutuhkan waktu ekstra untuk pemulihan usai tindakan.

Pada umumnya jika tidak ada komplikasi, seorang ibu akan dirawat dan dipantau di rumah sakit selama 3-4 hari usai melahirkan melalui operasi caesar. Proses pemulihan tubuh sendiri biasanya berlangsung hingga 6 minggu (namun bisa berbeda-beda pada setiap orang).

Bayi yang baru lahir tentu membutuhkan perhatian ekstra dari Anda hampir 24 jam dalam sehari. Anda mungkin sering mendengar nasihat untuk tidur atau coba beristirahat ketika bayi sedang tidur.

Nasihat tersebut sangat tepat meski terkadang sulit untuk dijalani. Untuk menyiasatinya, Anda bisa berbagi tugas merawat bayi atau mengerjakan pekerjaan rumah lain dengan suami agar Anda bisa beristirahat. Tidur yang cukup akan membantu proses pemulihan lebih cepat.

  • Jangan memforsir diri

Proses pemulihan usai operasi caesar membutuhkan waktu. Hindari beraktivitas terlalu berat usai lakukan operasi caesar.

Saat proses pemulihan, hindari naik turun tangga terlalu sering dan jangan mengangkat benda yang lebih berat dari bayi Anda. Sewaktu sedang bersin atau batuk, tahan perut Anda untuk melindungi area bekas sayatan operasi.

Untuk kembali ke aktivitas normal rutin, biasanya akan membutuhkan waktu hingga 8 minggu. Jadi lakukan secara perlahan dan bertahap. Jika Anda ingin berolahraga, tanyakan terlebih dahulu ke dokter kandungan kapan waktu yang tepat untuk mulai berolahraga.

Olahraga memang dapat membantu proses penyembuhan, namun lakukan olahraga ringan terlebih dahulu semisal jalan kaki dan jangan langsung berolahraga intensitas tinggi. Untuk berhubungan seks usai melahirkan, ada baiknya dikonsultasikan juga terlebih dahulu dengan dokter.

  • Perhatikan asupan nutris

iNutrisi yang baik dan seimbang penting amat penting bagi ibu dalam masa pemulihan usai operasi caesar. Sama seperti ketika Anda hamil, bayi Anda (jika diberikan ASI) akan bergantung pada Anda sebagai sumber nutrisi utama.

Mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang tak hanya membuat bayi Anda sehat, tetapi juga proses pemulihan menjadi lebih cepat. Konsumsi makanan yang tinggi protein seperti telur atau daging ayam akan membantu proses pemulihan lebih cepat. Protein diperlukan untuk membantu proses pembentukan jaringan tubuh baru dan memulihkan jaringan otot usai melahirkan.

Selain protein, makanan yang tinggi serat seperti buah dan sayuran juga penting untuk dikonsumsi bagi ibu yang baru melahirkan. Hal ini untuk mencegah terjadinya gangguan saluran cerna yang sering dialami usai operasi caesar.

Usai jalani operasi caesar dan memasuki masa menyusui, Anda juga perlu mengonsumsi cairan lebih banyak dibandingkan biasanya yaitu sekitar 13 gelas sehari agar terhindar dari dehidrasi.

Usai menjalani operasi caesar, setiap ibu biasanya akan menjalani proses pemulihan yang berbeda-beda bisa dalam kurun 6-8 minggu. Untuk pemulihan lebih cepat, tips-tips di atas bisa Anda terapkan usai jalani operasi caesar seperti yang juga dijalani oleh Tya Ariestya.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar