Sukses

8 Hal Ini Sebabkan Urine Berbau Aneh

Urine berbau aneh dapat menjadi tanda bahwa Anda sedang mengalami masalah kesehatan tertentu. Waspadalah!

Klikdokter.com, Jakarta Tahukah Anda bahwa urine alias air kencing dapat menjadi parameter kesehatan manusia? Ya, warna, aroma, dan tingkat kepekatan urine yang berbeda dari biasanya bisa jadi memiliki arti bahwa tubuh sedang mengalami suatu masalah kesehatan.

Perlu Anda tahu, urine yang normal memiliki aroma yang tak tajam, berwarna bening hingga kekuningan, dan konsistensi yang encer. Lantas, bila urine yang dikeluarkan berbeda dari itu, bisa jadi Anda sedang mengalami salah satu kondisi kesehatan berikut ini:

1. Dehidrasi

Saat asupan cairan ke dalam tubuh kurang, urine akan berbau amonia. Tanpa cukup cairan, urine akan memiliki konsentrasi yang lebih tinggi oleh zat atau produk yang akan dibuang keluar tubuh. Maka dari itu, saat Anda dehidrasi, urine akan berwarna lebih pekat dan berbau sedikit menyengat.

2. Infeksi saluran kemih

Infeksi pada saluran kemih akan membuat urine berbau tak sedap. Hal ini dikarenakan sedang berlangsungnya infeksi bakteri pada sepanjang saluran kencing ataupun kandung kemih, sehingga bakteri tersebut menghasilkan bau tak sedap. Jika urine berbau tajam juga disertai keluhan lain seperti nyeri ketika buang air kecil, segera periksakan diri ke dokter.

3. Terlalu banyak minum kopi

Minum terlalu banyak kopi di saat Anda mengantuk atau butuh penyemangat kerja bisa membuat urine berbau seperti kopi. Penyebab pasti dari kondisi ini masih belum diketahui. Namun, peneliti menduga bahwa hal tersebut adalah akibat zat sisa kopi yang belum dicerna sempurna sehingga aromanya ikut keluar bersama dengan urine.

4. Phenylketonuria (PKU)

Phenylketonuria (PKU) adalah kondisi genetik langka yang menyebabkan asam amino fenilalanin menumpuk di dalam tubuh. Asam amino itu sendiri adalah “blok bangunan” protein.

Fenilalanin ditemukan dalam semua protein dan beberapa pemanis buatan. Jenis asam amino ini yang akan keluar di dalam, urine sehingga menyebabkan air kencing memiliki bau yang aneh.

5. Masalah enzim

Asparagus bisa menyebabkan urine memiliki aroma tidak pada umumnya. Hal ini terjadi karena ada enzim di tubuh yang tugasnya asparagus sehingga membuatnya memiliki bau yang berbeda. Pada sebagian orang, enzim tersebut tidak ditemukan di dalam tubuhnya sehingga urine tidak berbau meski makan asparagus.

6. Diabetes mellitus

Pada pasien diabetes, urine yang dikeluarkan mengandung zat gula. Hal ini disebabkan kelainan pada penyakit tersebut yang menyebabkan gula terdeposit pada urine. Sehingga, orang yang tak terdiagnosis atau mengalami diabetes yang tidak terkontrol mungkin mendapati urine yang berbau manis atau wangi seperti gula.

7. Usus bocor ke kandung kemih

Fistula adalah koneksi abnormal antara dua bagian tubuh yang dapat berkembang sebagai akibat cedera, infeksi, bedah, atau radang. Fistula dapat terjadi di antara kandung kemih dan usus. Hal itu dapat mencampurkan isi usus maupun kandung kemih, dan membuat urine berbau tak sedap. Kondisi ini terjadi pada mereka yang mengalami masalah seperti Chrohn's disease, dan pada penderita kanker sebagai akibat terapi radiasi di area tersebut.

Jika urine yang Anda keluarkan memiliki aroma yang berbeda dari biasanya, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Hal ini sangat penting, apalagi bila kondisi tersebut menetap atau terjadi berulang kali.

(NB/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar