Pencernaan

Diare Bisa Sembuh dengan Teh Pahit, Mitos atau Fakta?

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, 12 Jan 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Teh pahit sudah sejak lama diyakini sebagai obat alami untuk mengatasi diare. Apakah teh pahit bisa mengobati diare? Ini faktanya.

Diare Bisa Sembuh dengan Teh Pahit, Mitos atau Fakta?

Siapa saja bisa terserang diare. Penyakit ini membuat penderitanya mengeluarkan feses encer atau berair dengan frekuensi yang lebih sering dari biasanya.

Terjadinya diare tentu bisa sangat mengganggu aktivitas, kerena penyakit tersebut bisa memunculkan dorongan untuk buang air besar di saat apapun.

Tidak heran, penderita diare segera ingin sembuh dari penyakitnya. Salah satu cara yang sering dicoba untuk membantu mengatasi diare secara alami adalah minum teh pahit.

Namun, apa kata medis terkait khasiat atau manfaat teh pahit untuk diare?

Manfaat Teh Pahit untuk Diare

Sudah sejak lama teh pahit atau teh tawar dianggap sangat manjur untuk mengatasi diare. Ditinjau dari segi medis, hal tersebut ternyata bukan omong kosong belaka.

Ya, teh pahit memang terbukti secara medis dapat membantu mengatasi penyakit diare. Manfaat ini dimiliki teh pahit berkat kandungan zat tanin yang ada di dalamnya.

Artikel Lainnya: Diare Lebih dari 2 Minggu? Kenali Penyebab Diare Kronis Ini

Faktanya, zat tanin bisa memberikan efek astringen, yaitu membantu mengurangi kandungan air pada feses dan menurunkan frekuensi buang air besar saat Anda diare.

Berangkat dari alasan itu, dapat ditarik kesimpulan bahwa manfaat teh pahit untuk diare bukanlah sebuah bualan belaka.

Tips Minum Teh Pahit Saat Diare

Supaya Anda bisa mendapatkan manfaat minum teh untuk diare, berikut ini adalah beberapa hal yang wajib benar-benar diperhatikan:

Hindari Minum Teh Pahit Secara Berlebihan

Menurut anjuran yang ada, minum teh pahit sebanyak 3 kali dalam sehari sudah cukup membantu mengatasi masalah diare.

Minum Selagi Hangat

Hindari menambahkan es. Karena beberapa es balok yang menjadi campuran teh berpotensi mengandung kuman yang justru menyebabkan diare semakin parah.

Jika Suka, Tambahkan Bunga Chamomile

Bunga chamomile memiliki efek “menenangkan” perut dan bisa meredakan sakit kepala.

Perbanyak Minum Air Putih

Jangan lupa untuk mengimbangi dengan minum air putih secukupnya. Jangan hanya terpaku pada teh pahit saja.

Iringi dengan Makanan Rendah Serat, seperti Nasi Putih

Faktanya, nasi putih mudah dicerna oleh tubuh, sehingga dapat membantu pergerakan usus untuk kembali seperti sedia kala.

Artikel Lainnya: Cara Efektif Atasi Badan Lemas Akibat Diare

Berbagai upaya tersebut memang bisa Anda coba untuk meredakan diare. Namun, bila kondisi semakin parah, ada baiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter.

Kapan Harus ke Dokter?

Jika dengan minum teh pahit, makan teratur, dan istirahat cukup diare tak kunjung berhenti, Anda sebaiknya berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter.

Tindakan ini menjadi sangat penting apalagi jika diare Anda disertai dengan gejala sebagai berikut ini:

  • Tubuh terasa sangat lelah hingga tidak bertenaga
  • Mual dan muntah terus-menerus
  • Mata sangat cekung
  • Kram otot
  • Jatung berdebar kencang
  • Sakit perut yang sangat parah
  • Demam
  • Terdapat darah pada feses

Kondisi-kondisi penyerta tersebut dapat menjadi tanda bahwa diare yang Anda alami disertai dengan adanya dehidrasi atau kondisi lain yang lebih mengerikan lagi.

Oleh karena itu, penanganan dengan cepat dan tepat oleh tenaga medis sangatlah diperlukan. Jika terlambat, bukan tidak mungkin nyawa yang akan jadi taruhannya.

Manfaat teh pahit untuk diare bukanlah isapan jempol belaka. Namun, manfaat tersebut hanya berlaku untuk kasus diare yang ringan.

Jika diare yang Anda alami termasuk parah atau disertai dengan gejala lain seperti yang telah disebutkan, sebaiknya berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

[NP/ RVS]

DiareTeh Pahit

Konsultasi Dokter Terkait