Sukses

Aktor Star Wars, Peter Mayhew Meninggal Akibat Serangan Jantung

Penggemar Star Wars di seluruh dunia berduka setelah salah satu aktornya, Peter Mayhew, meninggal akibat serangan jantung.

Klikdokter.com, Jakarta Selain para Jedi, salah satu karakter paling ikonis di film-film Star Wars adalah sosok wookiee bernama Chewbacca, yang juga merupakan partner sejati Han Solo dalam menerbangkan pesawat Millennium Falcon. Kini, para penggemar Star Wars di seluruh dunia sedang berduka setelah aktor di balik makhluk berbulu tebal yang berhati lembut tersebut, Peter Mayhew, dikabarkan meninggal dunia pada 30 April lalu, akibat serangan jantung. Ia meninggal dalam usia 74 tahun di kediamannya di Texas, Amerika Serikat.

Kabar duka tersebut dikonfirmasi langsung oleh perwakilan keluarga Mayhew pada hari Kamis (2/5), waktu Amerika Serikat.

“Ia telah memberikan hati dan jiwanya untuk peran Chewbacca dan itu terlihat dalam setiap adegannya, mulai dari caranya berlari, bagaimana ia menembakkan bowcaster dari pinggulnya, mata birunya yang cerah, hingga setiap gerakan kepala dan mulutnya yang halus,” kata perwakilan keluarga Mayhew.

Penyebab serangan jantung

Mayhew menambah panjang deretan para aktor yang tutup usia akibat terkena serangan jantung. Oleh karena itu, siapa saja harus selalu waspada dengan salah satu penyakit paling mematikan di dunia ini, bahkan mereka yang masih berusia muda dan cukup bugar.

Menurut dr. Vito A. Damay Sp. JP M.Kes HIHA FICA dari KlikDokter, faktor genetik atau keturunan bisa menjadi penyebab utama seseorang di usia muda mengalami serangan jantung. Jadi bukan berarti Anda yang masih muda bebas melenggang, ya, karena penyakit ini pun mengintai Anda.

Selain itu, diabetes, kadar kolesterol yang tinggi, tekanan darah tinggi, dan obesitas juga bisa menjadi penyebab serangan jantung. Jika melihat faktor-faktor tersebut, gaya hidup turut berperan dalam meningkatkan atau menurunkan risiko seseorang terkena serangan jantung.

1 dari 2 halaman

Kenali gejala serangan jantung

Gejala-gejala yang timbul saat seseorang akan terkena serangan jantung sebenarnya sudah bisa dideteksi secara dini. Agar bisa segera ditangani, kenalilah gejala-gejalanya seperti berikut ini.

1. Nyeri dada kiri

Orang yang mengalami serangan jantung umumnya merasakan adanya rasa nyeri di dada kiri yang menjalar ke lengan kiri, leher, hingga menembus punggung.

2. Nyeri perut

Tidak hanya dada kiri yang sakit, beberapa orang juga mengeluhkan adanya nyeri pada ulu hati. Banyak orang awam yang akan menganggapnya sama dengan gangguan maag.

3. Sesak napas

Penderita serangan jantung biasanya akan mengalami sesak napas. Kondisi ini terjadi akibat terjadinya kegagalan pada fungsi jantung, sehingga aliran darah tidak lancar dan tertumpuk di paru-paru.

4. Berkeringat dingin dan mual

Orang yang terkena serangan jantung sering berkeringat dingin, begitu juga dengan tangannya yang akan terasa dingin saat dipegang. Gejala lain yang harus diwaspadai adalah sering merasa mual dan muntah-muntah.

Perbedaan serangan jantung, gagal jantung, dan henti jantung

Bagi masyarakat luas, serangan jantung, gagal jantung, dan henti jantung sering dianggap sebagai hal yang sama. Padahal, menurut dr. Alvin Nursalim SpPD, dari KlikDokter, ketiganya adalah hal yang berbeda.

Pada kasus serangan jantung atau keadaan saat pembuluh darah jantung tersumbat, penderitanya akan merasakan gejala-gejala seperti yang telah disampaikan di atas, ditambah dengan adanya perasaan tercekik.

Sementara gagal jantung atau kondisi jantung tak mampu menjalankan fungsi pemompaan darah dengan optimal, penderita akan mudah lelah dan sering batuk. Meski begitu, ada pula gejala yang masih sama, yaitu sesak napas.  

Sedangkan henti jantung mendadak, penyakit ini dipicu adanya gangguan irama jantung. Apabila seseorang mengalami henti jantung, maka organ vital seperti otak tidak mendapat asupan darah yang cukup. Hal tersebut memerlukan pemompaan jantung manual atau akrab disebut resusitasi jantung paru (RJP).

Sebagai penggemas film Star Wars meskipun Anda berduka atas meninggalnya Peter Mayhew - yang total telah tampil di lima film tersebut – Anda juga harus lebih peka dengan kondisi tubuh Anda sendiri. Kenali gejala-gejalanya dan mulailah menjauhi gaya hidup yang berpotensi meningkatkan risiko serangan jantung. Jika Anda merasakan beberapa gejala yang diuraikan di atas, segera periksakan diri ke dokter, untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar