Sukses

9 Makanan yang Bisa Tingkatkan Trombosit

Jika Anda terindikasi kekurangan trombosit atau terkena penyakit yang membuat trombosit turun, ini makanan yang bisa tingkatkan kadarnya.

Klikdokter.com, Jakarta Jika Anda terindikasi kekurangan trombosit atau terdiagnosis penyakit yang menyebabkan trombosit turun, misalnya demam berdarah dengue (DBD), anemia, dan lain-lain, ada beberapa makanan yang bisa Anda coba konsumsi untuk tingkatkan kadarnya.

Trombosit merupakan salah satu komponen darah yang berperan dalam proses pembekuan darah. Pada kondisi tertentu, misalnya DBD, kadar trombosit akan turun. Menurunnya trombosit ini bisa sebabkan perdarahan dan komplikasi lainnya.

Trombosit (atau platelet) berperan penting dalam proses pembekuan darah. Jumlah trombosit normal dalam tubuh manusia adalah 150.000-450.000. Bila kurang dari itu, bisa terjadi perdarahan karena fungsi pembekuan darah terganggu.

Berbagai kondisi yang bisa sebabkan trombosit menurun

Selain DBD, ada pula beberapa kondisi yang bisa menyebabkan turunnya kadar trombosit (dikenal sebagai trombositopenia), antara lain:

  • Hamil. Ibu hamil biasanya memiliki kadar trombosit yang lebih rendah. Namun, kondisi ini termasuk ringan dan tidak butuh terapi. Kondisi ini akan berangsur membaik setelah melahirkan.
  • Infeksi bakteri yang parah dalam darah, hingga menyebabkan penghancuran trombosit. Dari sekian banyak bakteri, coliadalah yang paling sering jadi menjadi biang kerok. Bakteri ini biasanya diperoleh dari makanan mentah atau makanan yang tidak higienis.
  • Thrombotic thrombocytopenic purpura(TTP). Penyakit yang tergolong langka ini terjadi ketika gumpalan darah kecil terbentuk di seluruh tubuh hingga menghabiskan banyak trombosit.
  • Paparan terhadap kemoterapi, radiasi, atau zat kimia beracun.
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu. Beberapa jenis obat dapat mengurangi jumlah trombosit karena menyebabkan penghancuran trombosit. Misalnya antibiotik yang mengandung sulfa dan antikonvulsan.
  • Terlalu banyak dan terlalu sering minum alkohol.
1 dari 2 halaman

Makanan untuk meningkatkan kadar trombosit

Apabila penyebab turunnya kadar trombosit dalam darah adalah DBD, Anda bisa mengonsumsi beberapa makanan di bawah ini:

  1. Susu

Susu mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan tulang. Tak hanya itu, susu juga dapat membantu regenerasi trombosit dan mengandung vitamin K yang dapat membantu proses pembekuan darah. Selain susu, produk olahannya seperti keju atau yoghurt juga bisa dikonsumsi.

  1. Wortel

Wortel dikenal untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan mata. Lebih dari itu, wortel juga baik untuk membantu menjaga kadar trombosit. Wortel dapat dikonsumsi mentah sebagai salad, rebus, ataupun ditumis.

  1. Kismis

Buah anggur yang dikeringkan atau kismis kaya akan zat besi yang membantu pembentukan sel darah merah. Selain itu, buah ini juga membantu menjaga kadar normal trombosit tubuh. Kismis dapat dikonsumsi secara langsung ataupun sebagai tambahan atau topping makanan lain seperti oatmeal, yoghurt, dan sebagainya.

  1. Buah delima

Delima merupakan sumber yang baik untuk kesehatan darah. Selain membantu menjaga kadar normal trombosit, buah ini juga kaya akan nutrisi sehingga memberikan energi pada tubuh. Seperti kismis, buah delima dapat dikonsumsi secara langsung ataupun sebagai tambahan atau topping makanan lain.

  1. Daging

Daging yang lean (rendah lemak) seperti ikan, ayam, atau kalkun kaya akan protein, zink, dan vitamin B12. Semua nutrisi tersebut membantu meningkatkan kadar trombosit tubuh.

  1. Kacang merah

Kacang merah mengandung vitmain B9 atau asam folat yang juga dapat meningkatkan kadar trombosit. Selain itu, bayam, asparagus, dan buah jeruk juga diketahui kaya akan vitamin B9.

  1. Bawang putih

Menambahkan bawang putih ke dalam masakan Anda tak hanya membuatnya makin sedap, tetapi juga turut menjaga kadar trombosit di dalam tubuh.

  1. Daun pepaya

Biasanya, cara mengonsumsinya adalah dengan meminum air rebusan daun pepaya. Metode tersebut biasanya digunakan untuk membantu mengobati penyakit DBD atau malaria.

  1. Jambu biji

Sudah banyak penelitian yang juga menemukan bahwa jambu biji dapat meningkatkan kadar trombosit. Jambu biji mengandung trombinol yang dapat merangsang tombopoitein lebih aktif. Trombopoitein adalah hormon yang mengatur produksi trombosit. Biasa dijus, tetapi dimakan langsung juga tak kalah segar!

Jika Anda membutuhkan makanan yang bisa tingkatkan kadar trombosit dari tubuh, konsumsilah beberapa makanan yang dipaparkan di atas. Meski demikian, jangan dijadikan sebagai pengobatan utama, tetapi merupakan pengobatan pendamping setelah memeriksakan diri ke dokter. Jika kondisi Anda cukup lemah atau merasakan tak ada perbaikan, sebaiknya segera cari pertolongan medis.

(RN/ RVS)

1 Komentar