Sukses

7 Kebiasaan Ini Bikin Otak Lebih Tajam

Otak yang baik bisa menunjang kegiatan Anda. Ada beberapa kebiasaan yang bisa bikin otak Anda lebih tajam.

Klikdokter.com, Jakarta Memiliki otak cemerlang dan daya ingat yang prima adalah dambaan setiap orang. Sebab, daya ingat yang menurun bisa mengganggu aktivitas dan produktivitas Anda. Hal tersebut diungkapkan dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter.

"Daya ingat yang menurun dapat mengganggu aktivitas dan performa kerja. Hal ini tidak hanya disebabkan oleh faktor usia, tetapi juga karena gaya hidup dan lingkungan," ujar dr. Dyah Novita.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan menurunnya kemampuan otak. Menurut dr. Dyah, di antaranya adalah faktor gaya hidup dan kurangnya waktu tidur, pola makan yang tidak sehat, dan stres. Adapun, faktor lingkungan yang berperan adalah polusi udara, paparan racun, dan bahan kimia yang tersebar di udara maupun makanan.

Menajamkan daya ingat

Anda dapat melakukan beberapa upaya untuk memperlambat penurunan daya ingat dan membuat otak atau daya ingat menjadi lebih tajam. Beberapa cara yang  bisa Anda tempuh yaitu:

1. Tetapkan rutinitas

Untuk membuat otak Anda bisa mengingat informasi baru dan penting, jangan buang energi untuk mencoba mengingat di mana Anda meletakkan kunci Anda. Sangat mudah untuk menemukan hal-hal tersebut jika Anda selalu meletakkannya di tempat yang sama.

“Memiliki rutinitas bisa sangat membantu untuk memori. Rutinitas membantu Anda mencapai efisiensi sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan banyak kekuatan otak untuk elemen-elemen yang dapat diprediksi. Efisiensi dalam kegiatan sehari-hari membebaskan waktu dan kekuatan otak untuk hal-hal yang lebih bermakna dalam hidup kita,” ujar Jennifer Zientz, MS, kepala layanan klinis di Center for Brain Health di University of Texas di Dallas, Amerika Serikat.

2. Gunakan indra Anda

Jika Anda harus meletakkan sesuatu di tempat yang tidak dikenal, katakan apa yang Anda lakukan dengan lantang. Sebagai contoh ucapkan kalimat ini dengan keras: "Saya meletakkan kacamata hitam saya di atas meja dekat pintu." Atau ketika Anda bertemu seseorang yang baru, ulangi nama mereka dengan keras. Ini adalah salah satu latihan memori yang terbukti membuat otak Anda tetap tajam.

Dengan membiarkan telinga Anda mendaftarkan informasi, penelitian menunjukkan bahwa itu meningkatkan fokus Anda terhadapnya. Ini juga meningkatkan peluang Anda untuk mengingatnya nanti.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Istirahat

Bukan hanya tidur malam hari yang membantu memperkuat ingatan. Penelitian telah menunjukkan tidur siang yang pendek juga dapat meningkatkan daya ingat.

Dalam satu penelitian, orang-orang diberi pasangan kata-kata yang tidak berhubungan untuk diingat. Setelah itu, satu kelompok tidur siang dan yang lainnya menonton video.

"Kelompok yang tidur siang memiliki peningkatan lima kali lipat dalam memori asosiatif – kemampuan untuk mengingat hubungan antara item yang tidak terkait – dibandingkan dengan kelompok yang menonton video," ujar Richard Shane, PhD, pencipta metode Sleep Easily.

4. Berolahraga setiap hari

Fisik dan mental sangat terhubung. Jadi, olahraga membuat otak Anda tetap tajam sekaligus membuat tubuh Anda terhindar dari gangguan kesehatan seperti tekanan darah tinggi dan diabetes.

"Gerakan meningkatkan sirkulasi, seperti membawa darah, oksigen, dan nutrisi ke otak, yang dapat membantu memastikan berfungsi pada puncaknya," kata pakar kebugaran dan gizi, Erin Palinski-Wade, RD, CDE, penulis 2 Day Diabetes Diet.

5. Pergi keluar menikmati alam

Aktivitas sederhana ini dapat meningkatkan memori hingga 20 persen. Mirip dengan bermeditasi, berjalan-jalan di alam mungkin menenangkan pikiran cemas dan mengganggu yang mengacaukan ingatan. Selain itu, traveling di alam dapat memberikan waktu istirahat pada otak dari kegiatan multitasking untuk meningkatkan kinerjanya di kemudian hari. Dalam sebuah studi, peserta yang berjalan-jalan di alam melakukan tugas memori lebih baik daripada mereka yang berjalan di lingkungan perkotaan.

6. Tidur cukup

Penelitian menunjukkan, orang yang tidur tujuh jam memiliki ingatan yang lebih baik daripada mereka yang kurang dari lima atau lebih dari sembilan jam dalam semalam. Waktu tidur 7-8 jam mungkin jumlah yang tepat bagi otak untuk mengintegrasikan keterampilan atau fakta baru ke dalam memori jangka panjang.

7. Bermeditasi

Salah satu cara memfokuskan perhatian Anda untuk meningkatkan memori adalah mulai bermeditasi. Chapman mengatakan, langkah pertama untuk meningkatkan fungsi otak adalah dengan “mengenyangkan” otak Anda atau menenangkannya.

Penelitian telah menemukan meditasi membantu Anda menghindari pikiran-pikiran yang mengganggu, cemas, dan stres. Satu studi menunjukkan siswa yang mengikuti kelas meditasi selama 10 menit sehari lebih baik dalam ujian daripada siswa yang tidak. Penelitian juga menunjukkan bahwa meditasi sebenarnya dapat mengubah struktur otak Anda dengan menebalkan area yang terkait dengan perhatian.

Ternyata mengasah ketajaman otak tidak memerlukan kebiasaan yang terlampau sulit. Cukup dengan kegiatan sederhana yang sering Anda lakukan sehari-hari, Anda bisa meningkatkan daya ingat dan sekaligus menajamkan otak. Tapi ingat ya, lakukan kebiasaan ini secara rutin agar otak Anda semakin terbiasa.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar