Sukses

Untung Rugi Konsumsi Taoge bagi Kesehatan

Taoge memiliki banyak manfaat. Sayangnya, manfaat itu juga datang bersama kerugian, apalagi jika taoge dikonsumsi dengan cara yang salah.

Klikdokter.com, Jakarta Taoge merupakan salah satu jenis sayuran yang sering hadir melengkapi menu makan sehari-hari. Mulai dari gado-gado, ketoprak, hingga soto, umumnya menyertakan taoge sebagai campurannya. Selain bikin rasa makin nikmat, kehadiran taoge pada makanan-makanan tersebut juga membawa segudang manfaat sehat, lho!

Berdasarkan penjelasan dr. Adithia Kwee kepada KlikDokter, taoge mengandung vitamin E, vitamin B, antioksidan, serat, dan air yang tinggi. Oleh karena itu, taoge bisa memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, apalagi jika dikonsumsi dengan cara tepat dan sesuai dengan porsi yang dianjurkan.

Secara spesifik, Healthline mengabarkan bahwa kandungan gizi yang ada pada taoge membuatnya bisa memberikan manfaat berupa:

  • Mengontrol kadar gula darah

Tahukah Anda bahwa taoge memiliki potensi untuk mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh? Hal ini berdasar pada studi yang menyebut bahwa taoge dapat menunjang kinerja enzim amilase supaya tetap optimal. Enzim tersebut bertugas untuk memecah dan mencerna gula dengan baik, sehingga kadar gula darah tetap berada di rentang optimal.

  • Melancarkan saluran cerna

Taoge mengandung serat larut dalam jumlah yang tinggi, juga kadar gluten yang rendah sehingga dapat membantu melancarkan sistem saluran cerna. Berkat adanya manfaat ini, buang air besar menjadi lebih lancar dan Anda akan terhindar dari konstipasi alias sembelit,

  • Meningkatkan kesehatan jantung

Mengonsumsi taoge secara rutin dan teratur pada porsi yang sesuai dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke. Hal ini karena beberapa penelitian pada hewan mengungkapkan bahwa taoge dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolestesterol jahat (LDL).

Menambahi manfaat di atas, dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter berkata bahwa taoge juga dapat membantu mencegah terjadinya penyakit. Hal ini berkat kandungan fitosterol yang berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal dampak buruk radikal bebas.

“Antioksidan pada taoge juga bisa berfungsi memperlambat proses penuaan, menjaga kecantikan kulit, dan membantu melawan sel kanker,” kata dr. Astrid.

Taoge, lanjut dr. Astrid, juga dapat menjadi solusi gangguan kesuburan pada pria. Manfaat ini dimiliki taoge berkat kandungan vitamin E, yang mampu memperbaiki fungsi sperma sehingga jumlah maupun pergerakannya menjadi lebih optimal.

1 dari 2 halaman

Hati-hati makan taoge

Meski memiliki beragam manfaat kesehatan, taoge sebaiknya tidak dikonsumsi dengan sembarangan. Melansir Healthline, salah satu masalah yang sering dikaitkan dengan konsumsi taoge adalah risiko keracunan makanan. Ini terjadi karena taoge biasanya dimakan mentah-mentah atau hanya dimasak setengah matang.

Faktanya, taoge yang belum diolah hingga matang sepenuhnya berpotensi mengandung bakteri E. coli dan Salmonella di dalamnya. Terkait hal ini, Badan pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) sempat menemukan 48 wabah penyakit akibat konsumsi taoge mentah atau setengah matang.

Oleh karena itu, supaya tidak menimbulkan gejala keracunan makanan seperti diare, kram perut, dan muntah-muntah, hindari mengonsumsi taoge saat masih mentah. Akan lebih baik bila Anda mengolahnya terlebih dahulu hingga matang sepenuhnya.

Selain itu, jika Anda ingin merasakan manfaat tanpa disertai bayang-bayang efek samping yang mungkin terjadi, berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan saat memilih taoge:

  • Pastikan taoge yang Anda beli masih segar.
  • Hindari membeli atau mengonsumsi taoge yang sudah mengeluarkan bau tak sedap atau mengandung lender.
  • Simpan taoge yang Anda beli di lemari pendingin. Pastikan suhu tempat penyimpanan berada di bawah 8 derajat Celcius.
  • Cuci tangan dengan sabun dan air bersih yang mengalir sebelum memegang taoge mentah yang hendak diolah.

Taoge memang bisa memberikan beragam manfaat kesehatan. Namun untuk merasakan segala manfaat tersebut, Anda perlu mengolah taoge hingga benar-benar matang. Hal ini dilakukan agar taoge tak dijadikan bakteri berbahaya sebagai media untuk menyebabkan penyakit pada diri Anda. Terakhir, hindari mengonsumsi taoge secara berlebihan. Ingat, segala sesuati yang berlebihan bisa mendatangkan dampak yang kurang baik bagi kesehatan.

(NB/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar