HomeInfo SehatKesehatan UmumSakit Pinggang Saat Bangun Tidur, Ada Gejala Apa?
Kesehatan Umum

Sakit Pinggang Saat Bangun Tidur, Ada Gejala Apa?

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, 26 Agu 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Pernah merasa sakit pinggang saat bangun tidur? Kenali penyebab dan cara mengatasinya, yuk!

Sakit Pinggang Saat Bangun Tidur, Ada Gejala Apa?

Sering sakit pinggang saat bangun tidur bisa membuat hari Anda terganggu. Hal yang lebih buruk, bisa jadi Anda tidak tahu alasan di balik sakit pinggang yang Anda alami tersebut. Padahal, dengan mengetahui penyebabnya dapat membantu Anda mencari cara untuk mengatasinya.

Keluhan sakit pinggang dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti masalah otot, ginjal, saraf, atau tulang belakang. Bila menyebar hingga kaki, dapat disebabkan oleh terjepitnya saraf.

Penyebab Sakit Pinggang Saat Bangun Tidur

Ada beberapa kemungkinan yang bisa menyebabkan Anda merasakan sakit pinggang saat bangun tidur, yaitu:

  1. Penyakit Cakram Degeneratif

Usia yang semakin tua dapat menjadi penyebab keausan pada cakram di sumsum tulang belakang. Kondisi ini bisa mengakibatkan penyempitan kanal tulang belakang. Dokter merujuk penyempitan ini sebagai artritis tulang belakang atau penyakit cakram degeneratif.

Penyakit cakram degeneratif dapat menekan saraf tulang belakang, mengakibatkan rasa sakit, dan berkurangnya mobilitas yang biasanya memengaruhi punggung bagian bawah atau leher. Rasa sakit dapat berkisar dari ringan hingga sangat parah, dan bisa menyebar ke bagian lain dari tubuh.

Apabila mengalami gejala-gejala tersebut, Anda disarankan untuk segera berobat ke dokter. Pertolongan sejak dini dapat membantu menurunkan risiko komplikasi.

  1. Fibromyalgia

Fibromyalgia adalah gangguan kronis yang dapat menyebabkan nyeri di berbagai bagian tubuh. Hingga saat ini, penyebab fibromyalgia masih belum diketahui dengan pasti. Akan tetapi, riset terkini mengatakan bahwa penyakit ini berhubungan dengan adanya gangguan pada sistem saraf pusat.

Selain sakit pinggang, gejala-gejala lain fibromyalgia adalah kelelahan, insomnia, masalah memori dan konsentrasi, sakit kepala, sindrom iritasi usus besar, serta mati rasa dan kesemutan di lengan dan kaki.

Karena penyebabnya masih belum diketahui, fibromyalgia juga masih belum bisa diatasi hingga tuntas. Pengobatan hanya ditujukan untuk membantu mengendalikan gejala yang dialami penderita.

Artikel lainnya: 6 Tips Mengatasi Sakit Pinggang Akibat Sering Naik Motor

  1. Bangun dari Tempat Tidur dengan Tidak Semestinya

Cara Anda bangun dari tempat tidur bisa menjadi vital untuk mencegah rasa nyeri di pagi hari. Bahkan jika seseorang cukup istirahat, membangunkan badan terlalu cepat atau menekuk terlalu jauh ke depan ketika bangun tidur dapat membuat ketegangan di area punggung, terutama bagian bawah.

Untuk mengurangi risiko sakit pinggang saat bangun tidur, Anda bisa melakukan gerakan perlahan ke tepi tempat tidur. Kemudian, bangun menggunakan bantuan lengan untuk pengungkit, pindahkan ke posisi duduk dengan kaki menggantung di sisi tempat tidur.

Setelah mengambil beberapa detik untuk menyesuaikan dengan posisi ini, perlahan-lahan letakkan kaki di lantai dan berdiri.

  1. Posisi Tidur yang Buruk

Jika posisi tidur Anda salah, sakit pinggang saat bangun tidur bisa tak terhindarkan. Akan tetapi, bukan berarti Anda harus mengubah total posisi tidur Anda yang biasa.

Sebagai gantinya, penggunaan bantal dapat membantu Anda. Tempatkan bantal di sekitar tubuh Anda untuk menopang dengan lebih baik saat tidur dalam posisi yang dirasa paling nyaman.

  1. Kasur yang Tidak Mendukung

Kasur yang tidak sepenuhnya menopang berat badan atau bentuk tubuh seseorang dapat menyebabkan Anda terbangun dengan sakit punggung atau sakit pinggang.

Produsen kasur umumnya menyarankan agar Anda mengganti kasur mereka setiap 10 tahun atau lebih. Tanda-tanda bahwa kasur perlu diganti, termasuk kendur yang terlihat atau adanya lekukan.

Saat membeli kasur baru, penting untuk memilih kasur yang nyaman dan mendukung penuh tubuh Anda.

  1. Aktivitas Berat

Riwayat aktivitas atau olahraga berat yang membebani otot serta struktur lain di pinggang dan sekitarnya, dapat menyebabkan rasa nyeri. Aktivitas ini misalnya angkat beban atau olahraga intens mendadak di luar kebiasaan.

Penting untuk memperhatikan postur aktivitas dan olahraga yang baik dan benar, serta menyesuaikan intensitas kegiatan sesuai dengan kemampuan. Biasakan untuk melakukan pemanasan dan peregangan sebelum dan sesudah olahraga.

Untuk sakit pinggang terkait olahraga, Anda bisa mencoba mengatasinya dengan mengompres hangat atau dingin pada area yang nyeri. Obat antinyeri dapat dikonsumsi jika nyeri tidak juga mereda.

Artikel lainnya: Bagaimana Posisi Tidur Terbaik bagi Tubuh Anda?

  1. Osteomalasia

Osteomalasia adalah kondisi di mana tulang melemah akibat kurangnya vitamin D yang sangat parah. Alhasil, Anda mengalami nyeri tulang kronis yang berkepanjangan.

Nyeri ini dapat memburuk saat bangun pagi hari setelah tubuh berada pada posisi yang sama sepanjang malam, sehingga bisa menjadi penyebab sakit pinggang saat bangun tidur.

Terapi untuk kondisi osteomalasia adalah penambahan suplemen vitamin D dan kalsium untuk memperkuat tulang. Tentunya kondisi ini perlu dikonsultasikan ke dokter spesialis ortopedi agar dapat ditangani dengan saksama.

Kapan Harus Ke Dokter?

Jika sakit pinggang saat bangun tidur tidak mereda dengan modifikasi postur, mengganti matras, istirahat, dan obat antinyeri yang dijual bebas, maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter.

Selain itu, jika timbul gejala lain seperti gangguan buang air kecil atau tungkai yang terasa kebas dan melemah, segeralah berkonsultasi ke dokter. Dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan penunjang seperti foto rontgen, selain wawancara medis dan pemeriksaan fisik untuk menegakkan diagnosis.

Demikian penjelasan mengenai penyebab sakit pinggang saat bangun tidur. Ada banyak hal yang bisa memengaruhi, mulai dari penyakit tertentu hingga kebiasaan sehari-hari seperti posisi tidur yang buruk.

Ingin mengetahui info kesehatan lainnya? Tanyakan langsung kepada dokter melalui layanan Live Chat di aplikasi KlikDokter.

[NWS]

Fibromyalgiasakit pinggang Nyeri Punggung Bawah

Konsultasi Dokter Terkait