Sukses

Menjahit, Hobi Kuno yang Bermanfaat untuk Kesehatan

Anda punya hobi menjahit? Hobi kuno ini ternyata bisa memberikan beragam manfaat bagi kesehatan Anda, lho!

Klikdokter.com, Jakarta Bagi sebagian orang, menjahit adalah aktivitas yang cukup membosankan karena hanya dilakukan dengan duduk lama, menyusuri pola, dan menarik benang dalam jarum ke atas atau bawah. Namun siapa sangka, hobi kuno yang diwariskan turun temurun ini ternyata mampu memberikan manfaat yang luar biasa.

Aktivitas menjahit sebenarnya bukan merupakan hal baru, karena sudah berlangsung sejak zaman dahulu. Para ibu terdahulu memiliki kebiasaan menjahit baju dan kain untuk keperluan sehari-hari. Sebagian besar kegiatan tersebut dilatari oleh sulitnya akses ke tempat perbelanjaan dan terbatasnya kondisi keuangan.

Sayangnya, menjahit kini sudah tidak beken seperti dahulu. Padahal, aktivitas positif yang satu ini membuat orang yang melakoninya bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah, juga beragam manfaat kesehatan apabila dilakukan dengan perasaan senang.

Adapun beberapa manfaat kesehatan dari menjahit, yaitu:

  1. Relaksasi, bebas dari depresi

Menjahit mampu membuat seseorang fokus pada satu kegiatan dan terbebas dari gangguan lainnya. Untuk sesaat, jiwanya terasa bebas dari keharusan untuk melakukan multitasking alias mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus.

Aktivitas setengah meditasi ini nyatanya mampu memberikan ketenangan dan relaksasi bagi mereka yang melakukannya. Bahkan, menjahit juga ternyata mampu membantu memulihkan jiwa orang-orang yang mengalami depresi. Hebat, ya?

  1. Mengasah imajinasi dan kreativitas

Tidak hanya ketenangan jiwa, menjahit juga dapat membantu mengembangkan imajinasi dan kreativitas. Terang saja, karena sebelum menjahit seseorang harus terlebih dahulu membuat pola, menentukan bahan yang akan digunakan, dan warna apa saja yang mampu membuat indah hasil karyanya. Ini bukanlah pekerjaan mudah.

Pun, tidak semua orang dapat dengan konsisten mengerjakannya hingga benar-benar selesai. Bagi mereka yang sudah larut dalam kenikmatan menjalankan hobi ini, rumitnya pekerjaan menjahit merupakan tantangan yang harus dengan sempurna diselesaikan.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, menjahit dapat membantu membuat seseorang lebih tenang dan terbebas dari stres. Seperti diketahui, stres merupakan salah satu kondisi yang mampu memicu penurunan daya tahan tubuh. Karenanya, saat stres, seseorang akan lebih mudah terserang penyakit.

Hal itu berlaku sebaliknya. Segala hal yang dapat membuat tubuh merasa relaks dan terbebas dari stres akan mampu mendongkrak daya tahan tubuh untuk menangkal segala kuman berbahaya yang berpotensi menyebabkan penyakit.

  1. Mengurangi risiko demensia

Selain kondisi psikis, kreativitas dan daya tahan tubuh yang terjaga, menjahit juga mampu membantu mengurangi risiko demensia.

Seorang ibu paruh baya mengaku senang menjahit dan memadukan bahan serta model yang disukai suaminya ketika mereka muda. Sedangkan ibu lain kerap menyimpan beberapa potong kain yang masing-masingnya memiliki kenangan ketika ia menjahit untuk anak-anaknya.

Dari kiasan tersebut, bisa dilihat betapa sebuah rancangan dalam menjahit dapat membangkitkan ingatan atau memori. Oleh karena itu, aktivitas yang dikira membosankan ini bisa mencegah terjadinya penyakit demensia yang umumnya menyerang orang-orang lanjut usia.

Setelah tahu bahwa menjahit bisa mendatangkan segudang manfaat sehat, apakah Anda tertarik untuk coba menekuninya? Jika ya, lakukanlah secara konsisten dan berkelanjutan. Siapa tahu nantinya Anda bisa menjadi penjahit andal, sehingga aktivitas menjahit bisa mendatangkan manfaat kesehatan sekaligus pundi-pundi rupiah.

(NB/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar