Sukses

4 Manfaat Sehat Makan Salad Setiap Hari

Makan sehat merupakan salah satu langkah awal untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satu menu sehat yang dapat Anda coba adalah makan salad.

Klikdokter.com, Jakarta Anda adalah apa yang Anda makan. Sepertinya peribahasa ini benar adanya, karena kesehatan Anda ditentukan oleh jenis makanan yang Anda makan.Namun, tahukah Anda bahwa makan salad dapat membantu dalam menjaga kesehatan?

Salad, yang tinggi sayur dan buah, baik untuk membantu menurunkan berat badan. Tidak dimungkiri, salad buah maupun salad sayuran memang baik dalam menunjang kesehatan tubuh, khususnya untuk menurunkan berat badan.

Namun, jangan pula Anda salah memilih komposisi salad. Alih-alih mendapat manfaat dari makan salad, penambahan berat badan yang akan Anda dapatkan. Jadi, bagaimanakah komposisi salad yang sehat?

Komposisi salad yang baik

Untuk mendapatkan manfaat optimal dari salad, komposisi salad yang Anda makan juga harus tepat. Salad yang baik adalah salad yang mengandung gizi seimbang. Gunakan buah dan sayuran segar agar Anda mendapatkan manfaat optimal dari salad.

Hindari penggunaan buah yang sudah diolah seperti buah kaleng atau buah kering. Selain buah yang sudah diolah biasanya tidak segar, kandungan gulanya juga lebih tinggi. Padahal, penggunaan buah segar seperti irisan buah apel memiliki kandungan nutrisi yang lebih baik. Dengan rasa manis yang sama, buah segar mengandung kalori yang lebih sedikit dibandingkan buah yang sudah diproses.

Salah satu kesalahan yang umum dilakukan saat makan salad adalah mencampur salad dengan berbagai tambahan makanan dengan kandungan lemak yang tinggi, misalnya daging berlemak tinggi. Agar salad lebih sehat, Anda sebaiknya ganti daging dengan sumber protein lain,seperti tahu, atau kacang. Jika Anda ingin menambahkan daging sebagai bagian dalam salad, pilihlah daging dengan kandungan lemak yang rendah, seperti dada ayam rebus.

Kesalahan lain dalam mempersiapkan salad adalah penggunaan dressing yang kurang tepat. Hindari penggunaan dressing berupa keju atau thousand island. Dressing ini mengandung kalori yang tinggi, lemak jenuh, dan tinggi sodium. Anda dapat menambahkan olive oil untuk membuat salad Anda menjadi lebih nikmat.

1 dari 2 halaman

Manfaat makan salad bagi kesehatan

Rutin mengonsumsi salad baik bagi kesehatan karena dapat memberikan banyak manfaat. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa Anda nikmati dari makan salad secara rutin:

  1. Memperlancar pencernaan

Buah dan sayur merupakan makanan yang dapat membantu kelancaran saluran cerna. Jangan lupa untuk menjaga asupan buah dan sayur, agar Anda tidak mengalami konstipasi. Serat yang terkandung dalam buah dan sayur dapat membantu pembentukan feses yang baik sehingga lebih mudah dikeluarkan.

  1. Diet sehat untuk jantung

Tahukah Anda bahwa pola makan tinggi sayur dan buah merupakan salah satu kiat menurunkan risiko terkena penyakit jantung? Selain pola makan tinggi buah dan sayur, Anda juga harus menurunkan asupan kolesterol jahat yang banyak dijumpai pada makanan yang digoreng, seperti ayam goreng atau kentang goreng.

  1. Menurunkan berat badan

Jika Anda sedang dalam program menurunkan berat badan, salad dapat menjadi salah satu jenis makanan yang Anda masukkan dalam diet. Anda dapat makan salad dengan kandungan kalori yang lebih rendah, sehingga berat badan Anda akan turun secara perlahan-lahan.

  1. Menurunkan risiko kanker usus

Penelitian menyimpulkan bahwa orang yang banyak makan sayuran dapat mengalami penurunan risiko terkena kanker usus. Hal ini bukan tanpa alasan, sayuran dan buah merupakan makanan yang kaya akan antioksidan dan kaya vitamin, seperti vitamin C, vitamin E, asam folat, lycopene, alpha- dan beta-carotene. Berbagai hal ini dapat membantu menangkal pertumbuhan sel kanker akibat radikal bebas. 

Salad adalah pilihan makanan yang sehat. Akan tetapi, jangan sampai penyajian salad tidak tepat sehingga manfaatnya tidak optimal. Isi salad Anda dengan buah-buahan dan sayuran. Dengan begini, kebutuhan serat Anda akan tercukupi dan kesehatan tubuh pun terjaga.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar