Sukses

Segudang Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan

Buah bit dijuluki superfood karena manfaat kesehatannya yang melimpah. Berikut khasiat yang diberikan buah bit untuk tubuh Anda.

Buah bit kini semakin populer karena kerap dianggap sebagai superfood. Banyak studi telah menunjukkan berbagai manfaat buah bit untuk kesehatan, seperti untuk membantu menurunkan tekanan darah, menjaga kesehatan mata, hingga mengatasi kekurangan sel darah merah. 

Berikut adalah berbagai manfaat buah bit untuk kesehatan tubuh:

1. Kaya Nutrisi 

Buah bit mengandung sejumlah nutrisi, seperti vitamin dan mineral. Dalam buah ini, terkandung hampir seluruh vitamin dan mineral yang Anda perlukan, seperti vitamin C, folat, vitamin B6, magnesium, kalium, fosfor, mangan, dan besi. 

Kandungan serat dalam buah bit juga cukup tinggi. Akan tetapi, meski buah ini kaya nutrisi, kandungan kalorinya cukup rendah sehingga cocok sekali dijadikan tambahan dalam jus buah Anda. 

2. Menjaga Tekanan Darah 

Tekanan darah tinggi merupakan salah satu faktor risiko utama dari penyakit jantung, pembuluh darah, dan stroke. Hingga saat ini, penyakit-penyakit tersebut masih menjadi penyebab utama kematian di seluruh dunia.

Bagi Anda yang memiliki kondisi tekanan darah tinggi, buah bit dapat membantu menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik. 

Hal ini terjadi karena buah bit mengandung nitrat yang dapat mengubah nitrit oksida dalam darah dan membantu melebarkan pembuluh darah sehingga mengurangi tahanan pembuluh. Jadi, jangan sepelekan khasiat buah bit untuk hipertensi.

Artikel Lainnya: 10 Buah Terbaik untuk Kesehatan Tubuh Anda

3. Mengatasi Radang

Di dalam bit terdapat pigmen yang disebut betalain, yang berpotensi memiliki sifat antiperadangan. Studi pada manusia dengan osteoartritis menunjukkan bahwa kapsul betalain yang dibuat dengan ekstrak bit mengurangi rasa sakit akibat peradangan. 

4. Memperbaiki Stamina Saat Aktivitas Fisik 

Anda sering merasa mudah lelah saat berolahraga? Mungkin, Anda perlu mengonsumsi buah bit. Buah bit dapat meningkatkan kadar nitrat dan meningkatkan kemampuan serta ketahanan dalam aktivitas fisik. 

5. Baik untuk Kesehatan Pencernaan 

Manfaat buah bit lainnya adalah baik untuk sistem pencernaan. Ini karena buah bit mengandung serat yang cukup tinggi, sekitar 3,4 gram dalam satu sajian. 

Serat tersebut bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan Anda, menjaga buang air besar agar tetap teratur, dan mencegah sembelit atau konstipasi

Artikel Lainnya: Buah Naga, Beda Warna Beda Manfaat

6. Mencegah Demensia

Seperti yang telah disebut sebelumnya, buah bit mengandung nitrat. Sebuah studi tahun 2011 menyatakan bahwa nitrat dapat meningkatkan aliran darah ke otak pada orang yang lebih tua dan membantu mengurangi masalah kognitif, seperti demensia

Pada mereka yang mengonsumsi jus buah bit, hasil pemeriksaan MRI otak menunjukkan adanya peningkatan aliran darah di lobus frontal otak. Lobus tersebut bermanfaat untuk proses berpikir dan fungsi kognitif. 

7. Menjaga Berat Badan 

Serat dalam buah bit dapat membantu menahan rasa kenyang lebih lama, sehingga Anda tidak akan ngemil makanan yang tinggi kalori. Untuk tujuan ini, Anda dapat membuat smoothies dengan buah bit sebagai salah satu komponennya. 

8. Mencegah Kanker 

Buah bit mengandung betalain yang merupakan antioksidan larut air. Zat ini memiliki kemampuan mencegah beberapa sel kanker untuk berkembang. 

9. Sumber Berbagai Mineral 

Mineral adalah salah satu zat gizi yang kerap terlupakan, padahal sangat penting untuk tubuh. Mineral seperti zat besi sangat penting untuk mencegah Anda mengalami anemia (kekurangan sel darah merah). 

Selain itu, mineral lain seperti kalsium juga penting untuk kesehatan tulang dan gigi. Buah bit merupakan sumber berbagai mineral esensial tersebut. Karena itu, demi mencegah anemia ataupun kerusakan gigi dan tulang, Anda dapat mengonsumsi buah bit. 

Manfaat buah bit untuk kesehatan ternyata sangat banyak. Anda dapat mengonsumsi buah bit secara langsung ataupun dijadikan jus atau smoothies. Bila Anda tak terlalu suka rasanya, campurkan dengan madu, jeruk, atau buah-buahan yang lain. 

Untuk membaca informasi kesehatan menarik lainnya, bisa unduh aplikasi KlikDokter, ya. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter kami yang siap siaga 24 jam melalui fitur Live Chat. 

[FY]

0 Komentar

Belum ada komentar