Sukses

6 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan

Selain lezat, bit juga memiliki manfaat melimpah untuk kesehatan. Apa saja manfaat buah bit?

Klikdokter.com, Jakarta Buah bit makin populer beberapa tahun belakangan karena digadang-gadang sebagai superfood. Sejumlah studi terbaru mengklaim bahwa bit dapat membantu performa atletik, menurunkan tekanan darah, serta meningkatkan aliran darah. Di dalamnya, bit sendiri mengandung vitamin esensial, mineral, dan senyawa tanaman yang beberapa di antaranya memiliki sifat obat.

Berikut adalah enam manfaat bit untuk kesehatan Anda:

1. Kaya nutrisi tapi rendah kalori

Bit memiliki kandungan rendah kalori, namun tinggi vitamin dan mineral yang berharga. Bahkan, buah ini mengandung hampir semua vitamin dan mineral yang Anda butuhkan. Ini adalah nutrisi yang ditemukan dalam 3,5 bit (100 gram) porsi bit yang dimasak:

  • Kalori: 44
  • Protein: 1,7 gram
  • Lemakk: 0,2 gram
  • Serat: 2 gram
  • Vitamin C: 6% dari RDI (recommended dietary intake)
  • Folat: 20% dari RDI
  • Vitamin B6: 3% dari RDI
  • Magnesium: 6% dari RDI
  • Kalium: 9% dari RDI
  • Fosfor: 4% dari RDI
  • Mangan: 16% dari RDI
  • Besi: 4% dari RDI

Selain itu, bit mengandung nitrat dan pigmen anorganik, yang keduanya merupakan senyawa tanaman yang memiliki sejumlah manfaat kesehatan.

2. Menjaga tekanan darah

Tekanan darah tinggi adalah salah satu faktor risiko utama dari penyakit jantung, gagal jantung, dan stroke. Ketiganya merupakan beberapa penyebab utama kematian di seluruh dunia. Penelitian telah menunjukkan bahwa bit dapat secara signifikan menurunkan tekanan darah hingga 4–10 mmHg selama periode beberapa jam.

Efek penurunan tekanan darah ini disebabkan oleh konsentrasi nitrat yang tinggi dalam bit. Di dalam tubuh Anda, nitrat makanan diubah menjadi nitrat oksida, molekul yang melebarkan pembuluh darah dan memicu penurunan tekanan darah.

3. Mengatasi radang

Di dalam bit, terdapat pigmen yang disebut betalain yang berpotensi memiliki sifat anti peradangan. Bit dan ekstrak bit telah terbukti mengurangi peradangan ginjal pada tikus yang disuntik dengan bahan kimia beracun yang diketahui menyebabkan cedera serius.

Satu studi pada manusia dengan osteoartritis menunjukkan bahwa kapsul betalain yang dibuat dengan ekstrak bit mengurangi rasa sakit akibat peradangan.

4. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Satu cangkir bit mengandung 3,4 gram serat, menjadikan bit sumber serat yang baik. Serat memotong pencernaan dan menuju ke usus besar, di mana ia memberi makan bakteri usus yang “baik” atau menambahkan kotoran ke tinja. Hal ini dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, membuat BAB teratur, dan mencegah sembelit dan penyakit radang usus.

5. Membantu menyehatkan otak

Nitrat dalam bit dapat meningkatkan fungsi mental dan kognitif dengan memicu pelebaran pembuluh darah, dan dengan demikian meningkatkan aliran darah ke otak. Bit telah terbukti secara khusus meningkatkan aliran darah ke lobus frontal otak, area yang terkait dengan pemikiran tingkat tinggi, seperti pengambilan keputusan dan memori kerja.

6. Mengurangi kolesterol

Jika Anda memiliki kolesterol tinggi, pertimbangkan untuk memasukkan bit ke dalam makanan Anda. Sebuah studi tahun 2011 pada tikus menemukan bahwa ekstrak bit menurunkan kolesterol total dan trigliserida dan meningkatkan kolesterol HDL. Para peneliti percaya potensi penurun kolesterol pada bit kemungkinan karena fitonutriennya, seperti flavonoid. 

Mengonsumsi bit secara langsung atau jus bit adalah cara terbaik untuk menikmati manfaat buah bit. Karena bila Anda memasaknya maka akan mengurangi kandungan gizi bit tersebut. Jika Anda tidak suka rasa jusnya, coba tambahkan beberapa irisan apel, mint, jeruk, atau wortel untuk mempermanis. 

[RS/ RVS]

 

0 Komentar

Belum ada komentar