Sukses

Sedang Program Hamil, Kapan Perlu Kalender Masa Subur?

Supaya bisa hamil, Anda wajib tahu kapan waktu yang tepat untuk berhubungan seks. Dalam hal ini, kalender masa subur dapat dijadikan acuan.

Klikdokter.com, Jakarta Untuk sebagian pasangan suami istri, memperoleh keturunan adalah hal yang butuh banyak perjuangan. Mulai dari pemeriksaan fisik, perubahan gaya hidup, mengatur asupan gizi agar seimbang, hingga melakoni beragam terapi, semua sudah dilakukan. Akan tetapi, kehamilan tidak juga kunjung datang. Lalu apa yang salah? Terkait ini, hal yang wajib dievaluasi adalah waktu melakukan hubungan seksual. Anda bisa mengetahui waktu yang tepat untuk itu dengan berpatokan pada kalender masa subur.

Perlu diketahui, kehamilan seorang wanita akan terjadi ketika sperma dari pria berhasil membuahi sel telur pada wanita. Kesempatan terjadinya hal ini memang sangat terbatas, karena sel telur hanya dilepaskan satu kali setiap bulan, yaitu saat masa subur berlangsung. Sel telur yang dilepaskan juga hanya satu buah dan hidup selama 12–24 jam setelah dilepaskan. Jadi, waktu pertemuan sperma dan sel telur wajib tepat supaya menghasilkan garis dua di alat tes kehamilan.

Panduan kalender masa subur

Sempitnya kesempatan untuk dapat hamil mewajbkan sepasang suami istri untuk selalu memperhatikan dan cermat memperhitungkan waktu yang tepat untuk berhubungan seksual. Untuk ini, kalender masa subur dapat menjadi salah satu metode yang digunakan.

Dalam hal menghitung masa subur, Anda perlu tahu berapa lama siklus haid berlangsung. Yaitu, dari hari pertama haid sampai sehari sebelum haid berikutnya. Normalnya siklus haid berlangsung 28–35 hari. Pelepasan sel telur umumnya terjadi sekitar 14 hari sebelum perkiraan haid mendatang.

Misalnya saja pada seseorang dengan siklus haid teratur 28 hari. Bulan ini wanita tersebut haid pada tanggal 20, dan perkiraan bulan depan akan haid pada tanggal 18. Maka, berdasarkan perhitungan kalender masa subur, pengeluaran sel telur miliknya akan berlangsung sekitar tanggal 4 alias 14 hari sebelum tanggal 18 (siklus haid berikutnya). Masa subur wanita itu diperkirakan berlangsung 2 hari sebelum hingga sesudah tanggal 4. Nah, ini merupakan saat yang tepat untuk berhubungan seksual karena potensi terjadinya pembuahan yang berujung kehamilan sangat tinggi.

1 dari 2 halaman

Bagaimana jika siklus haid tidak teratur?

Bagi seorang wanita dengan siklus haid yang “berantakan”, menggunakan kalender masa subur bisa memberikan tantangan tersendiri. Pada kondisi ini, aturan “14 hari sebelum haid mendatang” lebih sulit digunakan.

Tenang, jangan terlalu sedih. Masa subur tetap dapat ditentukan dengan mencatat siklus haid tersebut selama 6 bulan berturut-turut. Dengan melakukan pencatatan ini, Anda dapat menunjukkannya kepada dokter agar nantinya bisa diketahui pola haid yang selama ini dialami. Dari sini, dokter bisa membantu Anda memperkirakan kapan masa subur terjadi.

Kendati begitu, pada siklus haid yang tidak teratur, umumnya memang dibutuhkan beberapa metode tambahan untuk memprediksi masa subur. Metode tambahan tersebut bisa berupa penilaian lendir serviks, pengukuran suhu basal tubuh, dan pemeriksaan menggunakan alat deteksi ovulasi. Dengan seluruh metode ini, masa subur pada wanita dengan siklus haid yang tidak teratur dapat ditentukan dengan lebih pasti.

Kalender masa subur dapat menjadi pilihan untuk memperbesar peluang terjadinya kehamilan. Jika setelah 12 bulan kehamilan masih belum terjadi meski Anda telah berhubungan seksual pada waktu yang tepat dan secara teratur pada masa subur, sebaiknya segera periksakan diri dan pasangan ke dokter. Kondisi yang disebut dengan gangguan kesuburan (infertilitas) itu wajib mendapatkan perhatian khusus. Dengan seluruh usaha dan doa, kehamilan bukanlah sebuah kemustahilan. Semoga si Kecil segera hadir melengkapi kebahagiaan Anda, ya!

(NB/ RVS)

1 Komentar

  • Tiar Manalu

    ini dok masa menstirasi saya terakhir tgl 25 awal tgl 21 kapan ya dok masa subur saya mengingat usia saya sekarang 38 tahun