Sukses

Inilah 5 Sayuran Sumber Utama Protein yang Anda Perlukan

Tak cuma kaya serat, beberapa sayuran juga mempunyai kandungan protein yang tinggi. Yuk intip apa saja sayuran tersebut.

Klikdokter.com, Jakarta Kebanyakan orang langsung mengingat daging atau telur ketika berbicara tentang sumber utama protein. Padahal, beberapa sayuran sebenarnya mengandung protein cukup tinggi sehingga dapat menutupi kebutuhan harian Anda secara signifikan.

Berdasarkan penjelasan dr. M. Dejandra Rasnaya dari KlikDokter, protein merupakan salah satu gizi makro (makronutrien) selain karbohidrat dan lemak, yang dibutuhkan tubuh untuk metabolisme dan menghasilkan energi. Dengan protein, tubuh dapat melakukan pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan.

Dalam keadaan normal, tubuh Anda memecah jumlah protein yang sama yang digunakannya untuk membangun dan memperbaiki jaringan. Protein juga berperan dalam menjaga sistem kekebalan Anda kuat, mengangkut dan menyimpan nutrisi, serta bertindak sebagai sumber energi (bila diperlukan). Beberapa kondisi, seperti baru pulih dari cedera atau operasi, lansia, dan atlet, membutuhkan lebih banyak protein.

Nah, pemenuhan kebutuhan protein tidak hanya melalui daging merah dan telur. Sejumlah sayuran ternyata mengandung protein dalam jumlah tinggi. Berikut daftarnya.

1. Kacang lentil

Lentil berada di daftar atas sayuran berprotein tinggi. Satu cangkir (125 ml) lentil mengandung 18 gram protein. Jumlah ini sudah memenuhi sepertiga kebutuhan protein harian Anda. Dibandingkan semua jenis sayuran lain, kacang-kacangan kecil ini juga mengandung lebih banyak protein.

Ada banyak makanan lezat yang dapat dicampurkan dengan lentil. Anda dapat mencampurnya dalam kukusan kentang, campuran salad, atau memasukkannya ke dalam sup aneka sayuran.

2. Edamame

Kacang edamame yang banyak dijumpai di restoran Asia ini adalah sumber protein. Setengah cangkir edamame yang dikupas menyediakan 8 gram protein. Itu adalah 20 persen dari total kebutuhan protein harian Anda.

Edamame segar dapat dicampur dengan kacang kenari, zaitun, dan bawang putih untuk membuat camilan yang enak. Anda juga bisa memanggang edamame sendiri di rumah sebagai makanan ringan.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Asparagus

Asparagus adalah sayuran hijau berikutnya yang mengandung lebih banyak protein daripada yang Anda sadari. Hanya 10 batang asparagus memberi Anda 4 gram protein.

Cara paling sederhana untuk menyajikan sayuran serbaguna ini adalah dengan membakar atau memanggang. Jika Anda merasa lebih berani, asparagus goreng dengan paprika dan kacang mede menjadi hidangan vegetarian yang lezat.

4. Bit

Menurut dr. Nitish Basant Adnani, BMedSc, MSc dari KlikDokter, bit merupakan buah yang dikategorikan sebagai salah satu jenis ubi, yakni ubi bit merah. Sebagai salah satu keluarga ubi-ubian, bit mengandung cukup banyak protein.

Satu cangkir bit mentah mengandung 2,2 gram protein. Meski bukan jumlah yang sangat besar, Anda bisa mencampurkan bit dengan beragam sayuran tinggi protein lainnya. Bit juga mengandung sangat sedikit lemak sehingga baik untuk program diet Anda. Bit sangat lezat disajikan dalam bentuk salad atau jus.

5. Kentang

Tidak ada yang menyangka kentang masuk dalam salah satu makanan tinggi protein. Meski tinggi kandungan karbohidrat, satu kentang berukuran sedang memberi Anda 4 gram protein. Anda dapat makan kentang isi yang besar atau satu porsi kentang tumbuk untuk mendapatkan banyak protein.

Lima sayuran di atas cukup mudah Anda temukan di pasar tradisional atau swalayan di sekitar Anda. Karena itu, tidak ada alasan lagi untuk tidak mencukupi kebutuhan protein Anda. Lagipula, dengan mengonsumsi sayuran di atas, nutrisi lainnya bisa turut Anda dapatkan. Misalnya, bit juga mengandung serat 2 gram, vitamin C, vitamin B6, folat, dan kalium.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar