Sukses

Minum Air Rebusan Daun Sirih Bisa Redakan Radang Tenggorokan?

Banyak pengobatan alami untuk meredakan radang tenggorokan. Apakah air rebusan daun sirih adalah salah satunya?

Klikdokter.com, Jakarta Ketika bermasalah dengan radang tenggorokan, aktivitas apapun yang berhubungan dengan menelan memang akan sangat menyulitkan. Pastinya, Anda tidak mau mengalami berbagai gangguan akibat penyakit tersebut, bukan? Ada beberapa cara alami yang sebenarnya bisa Anda coba untuk meredakan radang tenggorokan. Salah satu yang disebut paling efektif adalah minum air rebusan daun sirih.

Ide minum daun sirih untuk meredakan radang tenggorokan berawal dari perilaku berkumur dengan air garam, yang memang terbukti dapat meredakan penyakit tersebut. Sebagaimana dikatakan dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter, segelas air hangat yang dicampur garam setengah sendok makan dapat meredakan radang tenggorokan.

"Garam yang ada di larutan tersebut berfungsi menarik air sehingga kotoran maupun kuman yang ada di tenggorokan akan tersapu," ujarnya.

Lantas, bagaimana dengan minum air rebusan daun sirih? Apakah bisa memberikan manfaat serupa berkumur dengan air garam dalam hal meredakan ternggorokan?

Antioksidan alami

Menjawab pertanyaan tersebut, drg. Callista Argentina dari KlikDokter mengatakan bahwa daun sirih memang mengandung antioksidan alami yang bekerja secara dominan sebagai agen antibakteri. Minyak atsiri, yang terkandung dalam daun sirih, juga mengandung zat allylpyrocatechol (APC) yang sangat baik untuk kesehatan mulut.

“Karena sifat antibakterial yang dimilikinya, daun sirih mampu menghambat pertumbuhan bakteri serta mengurangi produksi zat asam yang dihasilkan oleh bakteri,” jelas drg. Callista.

Lantas, apakah dengan minum rebusan air daun sirih penyakit radang tenggorokan bisa teratasi? Ya. Akan tetapi, metode minum air rebusan daun sirih hanyalah terapi sampingan yang hanya bisa memberikan manfaat pada kasus radang tenggorokan ringan.

Hanya untuk yang ringan

Jika kasusnya berat – misalnya radang tenggorokan akibat infeksi bakteri – keadaan  tersebut tidak akan sembuh jika penderita hanya minum air rebusan daun sirih tanpa diikuti konsumsi antibiotik sesuai dengan resep yang diberikan oleh dokter.

“Ya, daun sirih bisa Anda jadikan pilihan pengobatan di rumah untuk membantu meredakan gejala radang tenggorokan. Tapi, bila pengobatan tradisional rumahan ini tidak memberikan perubahan positif selama 2–3 hari, sebaiknya periksakan kondisi diri ke dokter,” ujar dr. Alvin Nursalim SpPD dari KlikDokter.

“Bila radang tenggorokan yang dialami disebabkan oleh infeksi bakteri yang cukup parah dengan gejala demam tinggi atau tubuh terasa nyeri, Anda membutuhkan penanganan yang lebih dari sekadar mengonsumsi air rebusan daun sirih. Anda perlu memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan antibiotik dan obat antinyeri yang sesuai,” lanjut dr. Alvin.

Kesimpulan yang bisa ditarik, air rebusan daun sirih memang bisa menjadi alternatif pengobatan alami untuk meredakan radang tenggorokan. Akan tetapi, jenis terapi ini hanya akan efektif untuk mengatasi radang tenggorokan derajat ringan.

Jadi, jika kasus radang tenggorokan yang Anda alami cenderung berat – atau tidak sembuh selama lebih dari 3 hari – air rebusan daun sirih sudah tidak mampu lagi membantu memperbaiki keadaan. Pada kasus yang seperti ini, Anda perlu bantuan dari dokter untuk mendapatkan obat yang paling sesuai.

(NB/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar