Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Diet Vegetarian, Benarkah Bermanfaat Turunkan Risiko Diabetes?

Diet Vegetarian, Benarkah Bermanfaat Turunkan Risiko Diabetes?

Diet vegetarian disebut-sebut dapat menurunkan risiko diabetes. Bagaimana sebenarnya efek diet vegetarian untuk diabetes?

Salah satu penyakit tak menular dan jumlah kasusnya terus meningkat setiap tahun adalah diabetes. 

Kondisi yang kerap disebut sebagai penyakit gula ini merupakan masalah kesehatan dunia yang berisiko menimbulkan komplikasi di berbagai organ tubuh serta menurunkan kualitas hidup penderitanya. 

Salah satu cara yang dianjurkan untuk mencegah atau menurunkan risiko diabetes adalah dengan mengatur pola makan. 

Banyak orang yang memilih menjadi vegetarian karena meyakini manfaat diet vegetarian untuk diabetes sangat besar. Bagaimana fakta medisnya?  

1 dari 3 halaman

Diet Vegetarian untuk Diabetes

Sebenarnya ada banyak definisi untuk diet vegetarian sendiri. Ada yang masih mengonsumsi produk susu (dairy product) dan telur, ada pula yang benar-benar tidak mengonsumsi produk turunan hewan apa pun. 

Akan tetapi, terlepas dari tipenya, diet vegetarian tetap memberikan manfaat untuk penderita diabetes maupun untuk mencegah terjadinya penyakit tersebut. Hal ini juga telah diakui oleh berbagai penelitian. 

Artikel Lainnya: Cara Mencegah Risiko Diabetes dengan Plant Based Diet

Menurut sebuah penelitian, menjalani pola makan vegetarian sejak lama dapat menurunkan risiko diabetes hingga 35 persen. 

Penurunan risiko ini juga terjadi kepada mereka yang sebelumnya bukan seorang vegetarian, namun kemudian mengubah pola makannya menjadi vegetarian.

Selain itu, diet vegetarian juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah yang kerap dialami penderita diabetes mellitus. 

Diet vegetarian umumnya tinggi kandungan serat dan antioksidan. Zat gizi inilah yang berperan dalam penurunan risiko diabetes bagi mereka yang menjalankan pola diet ini. 

Selain itu, sumber karbohidrat tinggi serat seperti whole grain juga dapat membantu mencegah resistensi insulin, yakni proses penting yang mendasari terjadinya diabetes. 

Tak hanya itu, diet vegetarian juga membantu mengontrol dan mengatur berat badan tetap ideal. 

Seperti yang telah diketahui, berat badan berlebih atau obesitas merupakan salah satu faktor risiko terjadinya diabetes. Dengan menjaga berat badan tetap ideal, risiko diabetes pun dapat ditekan. 

Selain itu, diet vegetarian juga membiasakan pengikutnya untuk mengonsumsi lemak jenuh dalam jumlah sedikit. 

Hal ini tentu membantu menurunkan risiko diabetes dan penyakit metabolik lain seperti dislipidemia (gangguan profil lemak dalam tubuh). 

Artikel Lainnya: Ini Jenis Sayuran yang Baik bagi Penderita Diabetes

2 dari 3 halaman

Makanan Vegetarian untuk Diabetes

Meski disebut-sebut bermanfaat untuk menurunkan risiko diabetes, seorang vegetarian tetap dapat mengalami peningkatan gula darah dan berisiko mengalami penyakit gula.

Hal ini terjadi bila jenis makanan yang dipilih tidak tepat. Karena itu, penting untuk mengikuti prinsip pemilihan makanan vegetarian untuk diabetes. 

Berikut adalah beberapa hal dasar yang perlu Anda perhatikan saat memilih makanan vegetarian untuk diabetes:

  1. Bijak Memilih Sumber Karbohidrat

Banyak vegetarian yang tetap mengonsumsi karbohidrat tinggi gula sederhana, seperti nasi putih, roti, kentang, mi, dan pasta. 

Bukannya tak boleh, tetapi mengonsumsi sumber karbohidrat tersebut secara berlebihan dapat meningkatkan kadar gula darah dan justru meningkatkan risiko terjadinya diabetes. 

Maka itu, pilihlah sumber karbohidrat yang tinggi serat dan rendah kalori, seperti golongan serealia (whole grain). 

  1. Olah Buah dan Sayuran dengan Tepat 

Sayur dan buah baik bagi tubuh. Namun, bila pengolahannya tidak tepat, justru dapat menimbulkan risiko penyakit. 

Buah yang dijus dan ditambah gula atau sayuran yang dijadikan salad dengan dressing tinggi kalori akan meningkatkan risiko terkena diabetes serta penyakit metabolik lainnya.

Sebaiknya konsumsi buah dan sayur dalam kondisi segar. Makanlah buah segar yang sudah dipotong dan konsumsi salad sayur dengan dressing yang lebih sehat seperti minyak zaitun. 

Artikel Lainnya: Begini Menu dan Pola Makan untuk Penderita Diabetes

  1. Hindari Makanan dan Minuman Manis

Salah satu hal lain yang harus dilakukan adalah menghindari makanan dan minuman manis secara berlebihan. 

Makanan yang harus dihindari misalnya, seperti roti manis, biskuit, kopi kemasan, jus buah kemasan, teh manis, minuman bersoda, dan lainnya

Karena itu, untuk menunjang keberhasilan diet vegetarian dalam menekan risiko diabetes, ada baiknya Anda hindari makanan tersebut. 

  1. Konsumsi Suplemen Mikronutrien Bila Perlukan 

Saat menerapkan pola diet vegetarian, Anda mungkin rentan mengalami kekurangan beberapa nutrien. 

Untuk melengkapinya, Anda dapat mengonsumsi suplemen mikronutrien bila memang diperlukan. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memilih jenis suplementasi yang akan dikonsumsi. 

Menjadi vegetarian memang dapat menurunkan risiko diabetes serta berbagai komplikasi lainnya. 

Akan tetapi, hal ini dapat dicapai bila dilakukan dengan cara yang tepat dan pemilihan makanan yang benar.

Untuk itu, sebelum Anda melakukannya, konsultasikan terlebih dahulu dengan ahli gizi atau tenaga kesehatan lainnya. Mau konsultasi praktis? Gunakan fitur Live Chat di aplikasi Klikdokter.

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar