Sukses

Kenali 5 Penyebab Mata Terasa Terbakar

Mata yang terasa terbakar bisa bikin tak nyaman dan cemas. Apa penyebab keluhan ini?

Klikdokter.com, Jakarta Sensasi menyengat atau iritasi pada mata sering disebut dengan mata terbakar (burning eyes). Anda pernah mengalaminya? Rasanya akan sangat mengganggu, apalagi jika terjadi selama berjam-jam bahkan berhari-hari.

Pada sebagian besar kasus, mata terbakar ini dapat diatasi dengan obat-obatan yang dijual bebas di pasaran. Namun, ada juga kondisi mata terbakar yang perlu penanganan khusus dari dokter langsung, meskipun ini sebenarnya jarang sekali terjadi.  

Dilansir Medical News Today dan sumber lainnya, berikut ini 5 hal yang dapat menyebabkan mata terasa terbakar.

1. Blefaritis

Blefaritis adalah peradangan yang terjadi pada kelopak mata. Kondisi ini disebabkan oleh infeksi bakteri. Gejala umumnya meliputi iritasi mata, belekan berlebih, kelopak mata gatal, merah dan bengkak.

Menurut dr. Reza Fahlevi dari KlikDokter, menjaga kebersihan adalah cara mencegah blefaritis yang utama. “Kalau sudah kena blefaritis, obat yang bisa diberikan itu salep atau tetes mata yang mengandung antibiotik dan antiradang,” katanya.

2. Mata kering

Mata kering dapat terjadi ketika saluran air mata tidak menghasilkan cukup air mata atau jenis air mata yang tepat. Gangguan ini lebih sering terjadi pada wanita dan orang tua. Gejala lainnya adalah terasa sakit, mata merah, kelopak yang terasa berat, penglihatan kabur, dan alergi mata.

Jika mata terasa kering, dr. Nadia Octavia dari KlikDokter menyarankan Anda untuk menggunakan obat tetes mata yang tidak mengandung pengawet serta mengompres mata dengan air hangat. “Jangan nahan berkedip juga. Tutup mata selama 10 detik setiap 10 menit biar mata lebih nyaman,” jelasnya.

3. Alergi mata

Dikenal juga dengan konjungtivitas alergi, alergi mata terjadi ketika zat iritasi masuk ke dalam mata. Tubuh merespons zat-zat ini dengan memproduksi histamin, sehingga mata terasa terbakar. Pemicunya bisa karena debu, serbuk sari, asap, parfum, bulu piaraan, dan makanan.

“Jika memang penyebab mata merah pada Anda adalah alergi, pengobatannya adalah dengan menghindari alergen atau zat penyebab alergi,” kata dr. Reza.

4. Fotokeratitis (sunburn eyes)

Paparan sinar UV yang berlebihan dari sinar matahari dapat menyebabkan fotokeratitis. Selain mata terbakar, gejalanya bisa berupa rasa sensitif terhadap cahaya, mata terasa sakit, serta rasa berpasir pada mata. Jika merasa memiliki gejala ini, jangan coba-coba untuk menanganinya sendiri di rumah. Segera periksakan ke dokter untuk didiagnosis.

5. Rosasea okular

Rosasea okular adalah peradangan pada kelopak mata sehingga bisa membuat mata serasa terbakar. Gangguan ini memengaruhi orang-orang yang memiliki acnerosacea, suatu kondisi kulit yang ditandai dengan kulit wajah yang kemerahan. Gejala lain dari rosasea okular adalah rasa sakit, sensitivitas terhadap cahaya, dan kehilangan penglihatan pada kasus yang parah.

Periksakan segera ke dokter jika Anda mengalami gangguan mata terasa terbakar. Dokter akan menanyakan tentang gejala-gejala yang Anda alami untuk menentukan diagnosis. Mungkin dokter juga akan menelaah obat-obatan yang Anda konsumsi. Beberapa obat, seperti dekongestan, dapat menjadi pemicu mata terbakar ini. Bila perlu, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, untuk melihat tanda-tanda mata kering dan kerusakan.

Meski terkadang bisa menimbulkan rasa sakit, keluhan mata terbakar ini dapat diatasi sampai tuntas jika penyebab utamanya sudah diketahui. Jadi Anda tak perlu khawatir. Ceritakanlah gejala-gejala yang Anda alami dengan saksama kepada dokter untuk memudahkan diagnosis.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar