Sukses

Manfaat Lidah Buaya untuk Menghilangkan Jerawat

Menghilangkan jerawat tak selalu diatasi dengan obat-obatan dan kosmetik. Anda pun bisa memanfaatkan bahan alami seperti lidah buaya.

Klikdokter.com, Jakarta Tanaman lidah buaya atau disebut juga Aloe vera sudah lama dikenal berkhasiat meredakan kondisi kulit yang buruk akibat peradangan, termasuk untuk menghilangkan jerawat. Bakteri penyebab jerawat — propionbacterium acnes — hidup di hampir setiap kulit manusia, khususnya di wajah.

Biasanya, bakteri alami lainnya yang ada di kulit menjaga bakteri jerawat tetap terkendali. Namun, akibat berbagai faktor – seperti hormon, obat-obatan, dan stres –bakteri berkembang dan tumbuh jerawat pun bermunculan ke permukaan.

Lidah budaya mudah dibudidayakan

Tanaman lidah buaya kerap disalahartikan sebagai kaktus, tapi sebenarnya tanaman ini masuk dalam genus Aloe dan keluarga Asphodelaceae. Lidah buaya cukup mudah berkembang di kebun, rumah kaca, dan wadah, serta dapat tumbuh dengan cepat.

Jika dibelah, tekstur daging lidah buaya berbentuk seperti jeli yang berlendir. “Daging lidah buaya inilah yang mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral, antara lain vitamin A, B12, C, E. Ada pula antioksidan kuat seperti asam folat, kolin, kalsium, dan zink,” kata dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter.

Lidah buaya jamak digunakan dalam berbagai kosmetik, losion, dan krim kecantikan. Gel bening lidah buaya juga aman untuk diaplikasikan langsung ke kulit. Karena punya efek mendinginkan kulit, lidah buaya sangat baik untuk meredakan peradangan.

Selain itu, menurut penjelasan dr. Karin, lidah buaya juga mengandung zat yang dapat mempercepat pembentukan kolagen. “Kandungan inilah yang dapat membantu menghilangkan bekas jerawat dengan lebih baik,” ujar dr. Karin.

 

1 dari 2 halaman

Lidah buaya kempiskan jerawat

Seperti dikutip dari Good Health Academy, di bawah ini ada beberapa alasan mengapa lidah buaya bisa menjadi pilihan yang baik untuk meredakan jerawat secara alami.

  • Lidah buaya mengandung berbagai senyawa penyembuhan dan antiseptik alami untuk menyembuhkan dan mencegah jerawat. Gibberelin (hormon pertumbuhan) dan glukomanan (polisakarida kaya manosa) yang ada dalam lidah buaya bekerja bersama sebagai antiseptik untuk menyembuhkan jerawat.
  • Lidah buaya menyerap minyak berlebih yang merupakan penyebab pori-pori kulit tersumbat.
  • Glikol-protein dalam lidah buaya bekerja mengurangi peradangan, kemerahan, dan iritasi yang menghasilkan jerawat.
  • Sebagai antioksidan alami, lidah buaya kaya nutrisi penting untuk kulit, seperti vitamin C dan E, dan seng.
  • Lidah buaya bekerja sebagai zat pada kulit, membersihkannya, dan membersihkan pori-pori, kotoran, dan sel-sel kulit mati.
  • Tanaman ini merangsang kulit untuk meningkatkan pertumbuhan sel baru.

Lidah buaya tidak hanya akan membantu wajah Anda sembuh dari jerawat, tetapi juga memberikan kelembapan yang bisa menjaga agar kulit tidak kering. Dengan cara ini minyak berlebih pada wajah bisa berkurang, dan wajah menjadi terasa lebih bersih dan segar.

Anda dapat membeli lidah buaya yang sudah dalam kemasan untuk meredakan jerawat. Namun, Anda juga juga dapat memakainya langsung dari tanaman lidah buaya segar.

Untuk caranya, Anda bisa menerapkan langkah berikut:

  1. Pertama, cuci muka Anda dengan sabun lembut dan air hangat.
  2. Keringkan dengan handuk lembut bersih.
  3. Oleskan 1/4 sendok makan lidah buaya ke kulit Anda yang bersih. Jika Anda menggunakan lidah buaya segar, cuci bersih lidah buaya. Kuliti bagian atas, dan buang bagian pinggir yang bergerigi. Selanjutnya, keruk lidah buaya dengan sendok dan tempatkan di wadah bersih.
  4. Aplikasikan ke wajah Anda hingga merata. Hindari lidah buaya mengenai bagian mata, mulut, dan telinga.
  5. Tunggu sekitar 10-15 menit. Lalu bilas wajah hingga bersih.

Jika Anda ingin menyembuhkan jerawat di tubuh, mandilah dengan sabun dan air terlebih dahulu. Selanjutnya, oleskan gel lidah buaya ke bagian tubuh yang mengalami jerawat. Selain itu, hindari menggunakan kosmetik sampai sebagian besar jerawat Anda telah sembuh.

Menghilangkan jerawat tak melulu diatasi dengan obat-obatan kimia yang dibeli di apotek atau toko obat. Anda pun bisa memanfaatkan bahan alami seperti lidah buaya atau aloe vera yang bisa Anda tanam di kebun Anda. Selain punya efek mengempiskan peradangan, lidah buaya juga memberikan kelembapan kulit dan menyerap minyak berlebih. Meski demikian, jika Anda belum pernah mencoba sebelumnya dan Anda merasa khawatir, konsultasikan lebih dulu dengan dokter mengenai pemakaian lidah buaya ini, sekaligus memeriksakan kondisi jerawat Anda.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar