Sukses

5 Efek Menahan Kencing Selama 3 Jam Nonton Avengers: Endgame

Nonton film Avengers: Endgame selama 3 jam sangat riskan membuat Anda menahan kencing. Apa efek menahan kencing pada kesehatan?

Klikdokter.com, Jakarta Marvel Cinematic Universe (MCU) baru saja merilis film Avengers: Endgame, tepatnya pada Rabu (24/4) lalu. Sekuel terakhir dari film Avengers itu memiliki durasi sekitar 3 jam. Apakah Anda sudah sempat menontonnya? Jika belum, persiapkan diri Anda sebaik mungkin, karena durasi film selama 3 jam sangat berisiko membuat Anda menahan kencing selama 3 jam. Alasannya tentu saja karena tidak ingin ketinggalan cerita. Padahal ada risiko yang bisa terjadi jika Anda (sering) menahan kencing.

Berbicara tentang menahan kencing, kondisi ini tampaknya perlu diberi perhatian secara khusus. Sebab, tubuh akan secara alami memproduksi urine, apalagi jika Anda selalu mencukupi kebutuhan cairan setiap hari.

Perlu diketahui, manusia memiliki kandung kemih berkapasitas 400 mililiter di siang hari dan 800 mililiter di malam hari. Ketika kapasitas kandung kemih hampir penuh, tubuh akan mengirim sinyal guna memberi tahu bahwa cairan yang ditampung di organ tersebut perlu segera dikeluarkan dengan aktivitas berkemih alias buang air kecil.

Nah, jika Anda menahan kencing – misalnya saat menonton film Avengers: Endgame selama sekitar 3 jam – kandung kemih akan terus-menerus memaksakan diri untuk menampung jumlah cairan yang seharusnya dibuang. Bukannya baik, hal ini malah bisa meningkatkan risiko terjadinya berbagai masalah kesehatan. Apalagi jika kebiasaan menahan kencing sudah sering Anda lakukan sebelumnya.

Beberapa gangguan kesehatan yang bisa muncul, seperti:

  1. Infeksi saluran kemih

Menahan kencing dalam durasi lama akan menyebabkan bakteri dalam urine terus berkembang biak. Kondisi ini bisa memicu terjadinya infeksi saluran kemih, apalagi bila Anda memang sering mengalami kondisi tersebut. Risiko akan makin meningkat jika Anda mengurangi minum air putih.

  1. Terasa nyeri saat berkemih

Orang yang menahan kencing akan merasakan nyeri di kandung kemih atau ginjal, dan saat sampai di kamar mandi justru akan merasakan nyeri ketika berkemih. Hal ini terjadi karena otot yang tegang akibat menahan urine dalam kandung kemih tidak akan sepenuhnya relaks saat urine dikeluarkan. Selain nyeri saat berkemih, kondisi tersebut juga mengakibatkan kram pada otot dasar panggul.

  1. Kesulitan berkemih

Menahan kencing yang dilakukan secara berulang-ulang membuat kandung kemih tidak mampu melakukan peregangan dengan optimal. Sebagai akibatnya, kandung kemih akan sulit atau bahkan tidak mampu berkontraksi sehingga proses pengeluaran urine akan terhambat.

  1. Kerusakan otot dasar panggul

Salah satu otot pada dasar panggul adalah sfingter urethra. Otot ini berfungsi untuk menjaga agar saluran kemih bisa tertutup sehingga urine tidak keluar tanpa adanya kontrol. Namun, apabila sering menahan kencing, otot tersebut berisiko mengalami kerusakan sehingga Anda tidak mampu menahan kencing (beser).

  1. Terbentuknya batu ginjal

Menahan kencing dengan durasi yang terlalu lama dapat membentuk batu ginjal. Hal ini utamanya terjadi pada orang-orang yang dengan riwayat penyakit batu ginjal, dan memiliki kadar asam urat tinggi.

Apakah menahan kencing bisa menyebabkan kandung kemih pecah? Meski tergolong jarang, hal ini bisa saja terjadi. Ya, kandung kemih bisa pecah jika Anda menahan kencing terlalu lama dan dilakukan secara berulang-ulang.

1 dari 2 halaman

Adakah solusinya?

Untuk mengurangi keinginan berkemih saat Anda menonton film berdurasi panjang seperti Avengers: Endgame, persiapkan diri dari rumah dengan beberapa cara berikut:

  • Bawalah jaket atau sweater. Dengan menghangatkan diri, Anda akan terhindar dari udara dingin sehingga keinginan untuk buang air kecil tidak muncul saat film tengah diputar.
  • Tidak mengonsumsi kafein 6 jam sebelum menonton. Kafein bersifat diuretik, artinya menarik cairan dari dalam tubuh sehingga membuat Anda ingin kencing.
  • Berkemih sebelum film dimulai. Dengan mengosongkan kandung kemih (kencing) sebelum film dimulai, diharapkan volume cairan yang tertampung saat menyaksikan film Avengers: Endgame tidak akan sampai membuat Anda ingin ke toilet.
  • Usahakan untuk tidak terdistraksi. Dengan suara air dari film atau dari teman menonton yang sedang minum, keinginan untuk berkemih bisa saja muncul.
  • Jangan mau kalah. Menurut para ahli, jika Anda hanya memiliki sedikit perasaan untuk berkemih, kemungkinan besar hal tersebut akan hilang dalam waktu 5 hingga 15 menit. Tunggu sejenak, jika memang tidak dapat ditahan, pergilah ke kamar kecil.

Menahan kencing berulang kali sangat tidak direkomendasikan, sekalipun Anda sedang menyaksikan film Avengers: Endgame yang berdurasi 3 jam. Karena itu, jangan terlalu memaksakan diri untuk tidak pergi ke kamar mandi, apalagi sampai menepis keinginan untuk minum di tengah pemutaran film.

(NB/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar