Sukses

6 Manfaat Sehat dari Matcha

Selain rasanya enak, matcha juga memiliki banyak manfaat sehat bagi tubuh, lo. Cek manfaat sehatnya di sini!

Klikdokter.com, Jakarta Sejak beberapa tahun belakangan, minuman dengan bahan dasar matcha sedang naik daun. Selain dipakai dalam campuran kopi, susu, dan teh, matcha juga lazim digunakan sebagai taburan di atas kue. Minuman berbasis mathca memang tidak bisa pandang sebelah mata karena memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Matcha sebenarnya memiliki kemiripan dengan teh hijau. Keduanya sama-sama berasal dari tumbuhan Camellia sinensis, yang pertama kali ditemukan di negara Tiongkok. Akan tetapi, matcha dibudidayakan secara berbeda dengan teh hijau.

Seperti diungkap dr. Nitish Basant Adnani BMedS, MSc dari KlikDokter, tumbuhan yang akan digunakan untuk matcha diteduhi sekitar 20-30 hari sebelum akhirnya dipetik. Setelah dipetik, daun ditumbuk dan menjadi bubuk hijau yang dikenal dengan istilah matcha.

Kandungan utama matcha adalah antioksidannya yang melindungi sel dan jaringan tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Teh ini juga disebut memiliki tiga kali lipat antioksidan dibandingkan beberapa jenis teh hijau lainnya.

Salah satu antioksidan tertinggi pada matcha adalah katekin. Zat ini mampu melawan proses peradangan, menjaga kesehatan pembuluh darah, serta menunjang regenerasi sel-sel tubuh.

Selain keunggulan di atas, ada beberapa manfaat lain yang bisa diperoleh dengan mengonsumsi matcha, yaitu:

  1. Menurunkan tekanan darah

Ketekin ternyata juga bermanfaat untuk membantu menurunkan tekanan darah. Jika tekanan darah Anda di atas 130 atau lebih tinggi, cobalah untuk mengonsumsi matcha.

  1. Menurunkan kolesterol

Katekin juga membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam tubuh dan kolesterol total Anda. Jika sudah terlalu tinggi, kolesterol LDL perlu diturunkan karena dapat menyebabkan penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke.

  1. Melawan kanker

Polifenol dan antioksidan lainnya dalam matcha dapat membantu melindungi sel-sel Anda dari kanker. Akan tetapi, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui apakah senyawa ini dapat membantu mencegah atau hanya menunda penyakit ini.

  1. Kesehatan gigi yang lebih baik

Secangkir teh matcha sehari dapat membantu menjaga gigi Anda tetap dalam kondisi yang baik. Ini bisa terjadi karena ada kandungan di daun yang membantu menjaga kadar asam yang sehat di mulut Anda. Di sisi lain, fluoride yang didapat tanaman dari tanah juga bisa membantu kesehatan gigi Anda. Sementara itu, air yang Anda gunakan untuk membuat teh matcha mungkin mengandung fluoride.

  1. Membuat Anda terjaga

Matcha juga dapat membantu Anda tetap terjaga dan fokus saat dibutuhkan. Itu sebagian karena matcha mengandung salah satu bahan dalam minuman yang paling digemari: kafein. Hanya saja, jika Anda punya masalah dengan kafein, lebih baik jangan minum matcha secara berlebihan. Terlalu banyak mengonsumsi matcha dapat membuat Anda gelisah dan gugup serta mengacaukan waktu tidur Anda.

  1. Meredakan peradangan

Antioksidan dalam matcha yang disebut polifenol bisa meringankan masalah radang sendi. Ini juga dapat memperlambat kerusakan tulang rawan (jaringan yang bantal sendi Anda) yang dapat menyebabkan radang sendi.

Jadi, selain rasanya enak, matcha juga memiliki banyak manfaat sehat pada tubuh. Anda bisa mengonsumsi matcha dicampur dengan teh, susu, atau dijadikan campuran smoothies bersama buah favorit Anda. Matcha juga sangat pas jika dicampurkan ke dalam oatmeal dan granola sebagai menu sarapan Anda.

[HNS/ RVS]

1 Komentar