Sukses

Kiat Tetap Sehat Saat Lansia seperti Ratu Elizabeth II

Genap berusia 93 tahun, jarang terdengar pemberitaan Ratu Elizabeth II sakit. Inilah kiat tetap sehat saat lansia seperti beliau!

Klikdokter.com, Jakarta Ada satu hal yang mesti dikagumi dari Ratu Elizabeth II, penguasa monarki Inggris terlama sepanjang sejarah saat ini, yaitu kesehatannya. Meski sudah lansia, tepatnya berusia 93 tahun pada hari Minggu (21/4) lalu, tetapi publik jarang mendengar kabar dirinya sakit. Dilansir dari berbagai sumber, ada beberapa rahasia sehat dari ibunda Pangeran Charles ini.

  • Selalu menjaga porsi makan

Mantan koki kerajaan Darren McGrady mengatakan, Ratu Elizabeth II tidak seperti Pangeran Phillip yang “hidup untuk makan”. Ia selalu menjaga porsi makan secukupnya, bahkan cenderung kecil. Dikatakan bahwa sang Ratu lebih memilih makan empat porsi kecil ketimbang makan tiga kali sehari dalam porsi besar.

Bila Anda pernah mencoba menurunkan berat badan, Anda tentu tahu betapa pentingnya mengontrol porsi makan. Menurut sebuah laporan dari McKinsey Global Institute, mengurang porsi makan adalah cara paling efektif untuk melawan obesitas yang dapat berujung pada penyakit kronis.

  • Tetap menikmati hal-hal favorit

Meski Ratu Elizabeth II mengontrol porsi makannya, tetapi bukan berarti ia tidak memanjakan diri lewat makanan manis kesukaannya. Ia tetap makan irisan kue cokelat setiap hari, tetapi konsumsinya tidak melebihi porsi yang dianjurkan.

Perlu Anda ketahui, membahagiakan diri sebenarnya merupakan bagian penting dari diet sehat. Semakin bahagia Anda dengan diet yang dijalani, maka kedisiplinan akan terjaga.

  • Makan ikan lebih banyak

Salah satu menu favorit Ratu Elizabeth II adalah ikan. Baik makan siang maupun makan malam, pasti ada ikan dalam menu makannya.

Ikan itu sendiri memang mengandung omega-3 yang baik untuk menjaga kesehatan otak. Sehingga, orang yang rutin mengonsumsinya akan memiliki ketajaman otak yang baik serta terhindar dari pikun!

Tak cuma menyehatkan otak, menurut dr. Alvin Nursalim, SpPD, dari KlikDokter, mengonsumsi ikan yang mengandung omega-3 juga terbukti menurunkan kadar trigliserida (lemak jahat) sekitar 15-30 persen.

Dari sekian banyak jenis ikan, studi dalam jurnal “PLOS One” mengatakan bahwa ikan salmon merupakan sumber terbaik omega-3. Benar saja, ikan tersebut juga diketahui paling sering dikonsumsi ratu dari dinasti Windsor ini.

  • Rutin minum teh

Masyarakat Inggris dan tradisi minum teh seperti tak bisa dipisahkan, ya? Tak terkecuali Ratu Elizabeth II. Salah satu jenis teh yang rutin ia konsumsi adalah teh earl grey. Teh ini diketahui dapat menurunkan kolesterol karena mengandung flavonoid yang tinggi. Bahkan, studi dalam jurnal medis “European Journal of Preventive Cardiology” melaporkan, terbukti hanya dengan mencium aromanya saja bisa mengurangi tekanan darah seseorang.

  • Punya hewan peliharaan

Ratu Elizabeth II memiliki kecintaan khusus terhadap anjing, terutama ras Pembroke Welsh Corgi. Dalam sebuah penelitian dari Universitas Negeri New York, Amerika Serikat, ditemukan bahwa orang-orang yang memiliki tekanan darah tinggi dapat menurunkan tekanan darahnya secara alami dengan bermain bersama hewan kesayangan.

Merawat hewan peliharaan dapat membuat seseorang merasa lebih baik dan kemungkinan akan memiliki lebih banyak hormon positif. Jadi, selain fokus di pola makan, cobalah pelihara hewan kesayangan seperti Ratu Elizabeth II, ya!

  • Periksa kesehatan secara rutin

Ratu Elizabeth II juga selalu menjalani pemeriksaan medis secara berkala. Oleh sebab itu, tekanan darah, kolesterol, serta kadar gula darahnya selalu terkontrol. Dengan begitu, dirinya dapat terhindar dari penyakit mematikan, seperti serangan jantung, stroke, dan diabetes.

Bagaimana, tak sulit, kan, menerapkan kiat sehat saat lansia seperti Ratu Elizabeth II? Meski Anda sudah berusia senja, tetapi bukan berarti lantas sakit-sakitan dianggap wajar. Jagalah selalu pola makan, pola istirahat, serta mampu kelola stres dengan baik. Dengan demikian, tetap sehat saat lansia dan panjang umur bukanlah sekadar impian.

(RN/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar