Sukses

Kenali Faktor Fisik dan Psikis Penyebab Petugas KPPS Kelelahan

Tak hanya karena faktor fisik, kelelahan seperti yang dialami oleh para petugas KPPS juga dapat disebabkan oleh faktor psikis.

Klikdokter.com, Jakarta Pemilu 2019 sukses diselenggarakan secara serentak pekan lalu. Namun, di tengah ingar-bingar pesta demokrasi tersebut, tersisa kabar pilu yakni banyaknya petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang sakit dan meninggal dunia. Hingga hari ini, KPU menyatakan ada 119 petugas meninggal dunia dan 548 orang dinyatakan sakit. Hal tersebut diduga disebabkan oleh kelelahan.

Kelelahan adalah hal yang pasti pernah dialami oleh setiap orang, tidak hanya petugas KPPS. Adanya rasa lelah dapat menjadi alarm bahwa tubuh memerlukan istirahat.

Kondisi tersebut tidak selalu berkaitan dengan penyakit serius. Namun, bila rasa lelah yang dialami membuat Anda kekurangan energi, kurang termotivasi, dan lelah tetap terjadi bahkan setelah Anda mencoba tidur cukup, bisa jadi kelelahan tersebut sudah memengaruhi sistem organ dalam tubuh.

Kelelahan dapat diakibatkan oleh faktor fisik dan faktor psikis (mental). Kedua faktor tersebut saling memengaruhi satu sama lain dan dapat terjadi bersamaan. Faktor fisik yang dapat menyebabkan kelelahan, antara lain:

  • Kurang cairan (dehidrasi)

Ini adalah ancaman yang paling sering dari petugas KPPS. Cuaca yang panas dan keringat yang dikeluarkan tubuh, membuat kebutuhan cairan meningkat. Sementara itu, kesibukan melayani para pemilih membuat petugas kerap lupa untuk minum air putih. Akibatnya tubuh rentan mengalami dehidrasi.

Padahal, air adalah salah satu komponen penting dalam tubuh. Kekurangan cairan dapat menyebabkan fungsi organ dalam tubuh tidak berjalan maksimal dan berujung pada masalah seperti badan lemas, pusing, penurunan tekanan darah, gangguan ginjal, dan penurunan kesadaran.

  • Asupan nutrisi tidak memadai

Dalam menjalankan tugasnya, sering kali petugas KPPS juga melewatkan waktu makan. Hal ini membuat tubuh kekurangan nutrisi penting sebagai sumber energi. Selain itu, makanan atau camilan yang kerap dikonsumsi pun dominan mengandung karbohidrat saja.

Sementara, untuk aktivitas padat sebaiknya komposisi protein dan vitamin mineral dari buah dan sayur diperbanyak. Minimnya asupan protein serta buah dan sayur membuat tubuh tidak berenergi dan mudah terserang penyakit. 

  • Waktu tidur yang pendek

Petugas KPPS tidak hanya bekerja satu hari saat Pemilu berlangsung saja, melainkan dari jauh-jauh hari sebelumnya hingga beberapa hari setelah pemungutan suara. Tidak jarang mereka harus terjaga hingga larut malam untuk menghitung seluruh surat suara, membuat rekapitulasi, dan mengantar kotak suara ke kantor KPUD.

Hal tersebut membuat para petugas KPPS kekurangan waktu untuk beristirahat. Jam kerja yang panjang dan waktu tidur yang sedikit membuat tubuh mengalami kelelahan, badan lemas, hingga kondisi yang lebih serius seperti gangguan jantung dan stroke.

  • Adanya penyakit lain

Selain ketiga faktor di atas, adanya riwayat penyakit tertentu yang dialami oleh petugas tentu berpengaruh pada terjadinya kelelahan. Mereka yang memiliki riwayat penyakit gula atau tekanan darah tinggi akan lebih berisiko mengalami kelelahan dan komplikasinya.

Sementara yang termasuk dalam faktor psikis penyebab kelelahan adalah:

  • Tekanan pekerjaan yang berat

Tuntutan pekerjaan dan himpitan deadline akan menimbulkan stres tersendiri. Saat merasa stres, senyawa kimia seperti kortisol dan adrenalin akan dikeluarkan dan membuat tubuh tetap terjaga. Namun, bila terjadi dalam beberapa waktu, tubuh akan mengalami kelelahan, layaknya orang yang melakukan aktivitas berat.

  • Kecemasan

Sama halnya dengan stres psikis, kecemasan juga dapat menyebabkan kelelahan. Rasa cemas akan membuat seseorang sulit tidur atau kualitas tidurnya menurun. Akibatnya, tubuh pun kurang bugar, terasa lemas, dan lelah.

  • Masalah kesehatan mental lainnya

Pada beberapa orang yang memiliki masalah kesehatan mental tertentu, seperti gangguan cemas, depresi, dan panik, akan lebih mudah mengalami kelelahan mental dan fisik bahkan dengan stresor yang intensitasnya ringan.

Demi terlaksananya Pemilu dengan lancar, banyak petugas KPPS yang mengorbankan kebutuhan fisiknya hingga mengalami kelelahan. Belajar dari kondisi tersebut, jangan pernah anggap remeh kelelahan yang Anda alami. Di tengah tuntutan pekerjaan, sediakan waktu untuk istirahat, minum air putih cukup, dan mengonsumsi asupan nutrisi yang memadai. Bila perlu, Anda bisa memanfaatkan akhir pekan atau hari libur untuk berekreasi demi kesehatan fisik dan mental.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar