Sukses

Berendam Air Garam, Cara Redakan Nyeri Sendi Akibat Asam Urat

Anda penderita asam urat dan sering nyeri sendi? Berendam air garam ternyata efektif meredakan keluhan tersebut, lho!

Klikdokter.com, Jakarta Nyeri sendi merupakan keluhan yang umum dan sering dialami oleh Anda yang memiliki kadar asam urat tinggi. Untungnya, keluhan tersebut tak melulu butuh obat-obatan untuk mengatasinya. Anda hanya perlu berendam air garam!

Fakta membuktikan bahwa berendam air garam telah lama dilakukan sebagai metode untuk meredakan stres. Belakangan, peneliti juga mengungkap bahwa berendam air garam mampu meredakan sensasi nyeri yang terjadi akibat penyakit asam urat.

Hal tersebut dilandasi oleh penelitian yang dimuat jurnal Immunity di University of Manchester. Penelitian tersebut mendapati bahwa penyuntikan larutan salin ke bagian tubuh hewan yang nyeri dapat secara signifikan meredakan proses peradangan yang sedang terjadi. Mengikuti konsep osmosis, salin menyedot air dari sel-sel yang membengkak sehingga peradangan bisa berkurang.

Selanjutnya, para peneliti menemukan bahwa larutan garam memiliki efek yang serupa. Penggunaan larutan hipertonik (tinggi garam) mampu menghambat potensi sinyal inflamasi pada tingkat molekuler. Oleh karena itu, osmoterapi dengan larutan hipertonik dapat memberikan manfaat dalam pengelolaan penyakit radang sendi, seperti rheumatoid arthritis, dengan proses perendaman dalam waktu yang lama. Lebih lanjut, peneliti juga menjelaskan bahwa berendam air garam memberikan efek melebarkan pembuluh darah dan efek relaksasi pada otot-otot yang tegang. Sebagai manfaatnya, persendian yang kencang dan sakit bisa mereda.

Jangan lakukan jika …

Meski umumnya diterima sebagai terapi yang sangat aman, berendam air garam sebaiknya tidak dilakukan bila Anda memiliki luka terbuka pada kulit. Pasalnya, luka terbuka yang terpapar larutan garam akan terasa benar-benar perih. Selain itu, air hangat yang digunakan saat berendam juga dapat menyebabkan pusing atau hipotensi, khususnya bila proses perendaman dilakukan terlalu lama.

Atas dasar itu, apabila ragu untuk mencoba terapi berendam air garam, Anda bisa meredakan keluhan nyeri sendi akibat asam urat dengan cara alternatif berikut ini:

  • Minum banyak air putih

Minum banyak air putih dapat membantu menghidrasi tubuh, juga meredakan nyeri sendiri secara perlahan. Hindari minuman manis, terutama sirup jagung yang mengandung fruktosa tinggi.

  • Hindari alkohol

Bukti terbaru menunjukkan bahwa bir atau minuman alkohol jenis lain dapat meningkatkan risiko terjadinya gejala gout, terutama pada pria.

  • Konsumsi protein

Produk susu rendah lemak kaya akan protein, dan memiliki efek perlindungan terhadap asam urat.

  • Batasi asupan daging, ikan, dan unggas

Anda wajib membatasi asupan daging, ikan, dan unggas, apalagi yang mengandung banyak lemak.

  • Dapatkan berat badan ideal

Jika Anda terlalu gemuk, usahakan untuk menurunkan bobot tubuh ke rentang ideal. Dalam hal ini, Anda bisa berolahraga secara rutin dan tertatur, menerapkan diet gizi seimbang, istirahat cukup, dan kelola stres dengan baik. Pastikan penurunan berat badan terjadi secara perhalan alias bertahap.

Berendam air garam adalah salah satu terapi yang bisa Anda coba untuk membantu meredakan nyeri sendi akibat asam urat tinggi. Jika cara ini masih tidak efektif, atau Anda masih sering merasakan nyeri sendi, sebaiknya jangan tunda lagi untuk berobat ke dokter.

(NB/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar