Sukses

Ketahui Tips agar Kulit Tetap Sehat

Kulit berperan penting dalam menjaga dan melindungi tubuh dari kuman. Untuk itu, menjaga kulit tetap sehat perlu dilakukan.

Klikdokter.com, Jakarta Kulit merupakan organ tubuh yang paling luas dan besar. Meski tampak sederhana, sesungguhnya kulit Anda memiliki susunan yang sangat kompleks. Tak hanya itu, kulit juga berfungsi penting dalam menjaga dan melindungi tubuh dari kuman. Apa yang harus dilakukan agar kulit tetap sehat dan mampu melindungi tubuh dari kuman?

Banyak kuman di sekitar Anda

Kuman merupakan makhluk hidup berukuran kecil yang tidak dapat dilihat oleh mata telanjang. Mereka ada di sekitar Anda dan dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Untuk itu, urusan menjaga kulit tak bisa disepelekan. Sebab, tubuh harus selalu waspada dalam menghadapi ancaman kuman setiap saat.

Meski demikian, tubuh sebenarnya sudah memiliki mekanisme perlindungan sendiri. Fungsi perlindungan tubuh alamiah ini salah satunya dijalankan oleh kulit. Kulit secara aktif melindungi tubuh manusia melalui fungsi sawar fisik dan sawar kimiawi.

Sebagai sawar fisik, kulit memastikan bahwa tubuh bagian dalam terlindung dari berbagai ancaman bahaya. Mulai dari trauma, kontaminasi bahan kimia, termasuk serangan kuman.

Sementara itu sebagai sawar kimiawi, kulit memiliki lapisan kimiawi di bagian terluar kulit yang disebut dengan AMP (antimicrobialpeptide). Zat ini penting untuk menghambat pertumbuhan kuman. AMP harus ada dalam kondisi yang baik untuk dapat melawan kuman.

Pentingnya Menjaga Kulit Tetap Sehat

Beberapa penelitian mengenai imunitas kulit telah menyebutkan bahwa kulit yang sehat dapat memproduksi AMP dengan sehat dan menjaga agar kulit tidak mudah terinfeksi. Hal sebaliknya ditemukan pada kulit yang tidak sehat.

Pada kulit yang tidak sehat, ditemukan adanya gangguan produksi AMP dan juga fungsinya. Jika lapisan kimiawi AMP tidak cukup, kulit akan tidak cukup terlindungi dalam melawan kuman. Akibatnya, kulit Anda akan menjadi lebih mudah mengalami infeksi.

Jadi, agar AMP dalam kulit terpenuhi, dibutuhkan kondisi kulit yang sehat. Selain itu, diperlukan juga hidrasi (kandungan air) yang cukup agar sel kulit pada lapisan paling luar dapat menghasilkan AMP untuk melindungi kulit.

Tips menjaga kesehatan kulit

Nah, beberapa tips berikut ini dapat Anda terapkan sehari-hari untuk menjaga kesehatan kulit:

  • Mandi Sehat

Kulit sehat dapat dijaga dengan mandi menggunakan sabun yang dapat bekerja sama dengan kulit untuk melawan kuman kuat. Kebiasaan mandi sehat juga membantu kulit melindungi tubuh secara alamiah.

Mandi diperlukan untuk membersihkan tubuh dari kotoran yang melapisi kulit dan menyingkirkan kuman yang menempel. Untuk itu, mandilah menggunakan air bersih dan sabun. Jangan lupa bersihkan seluruh tubuh dan area-area lipatan tubuh.

  • Mandi Rutin

Bagi Anda yang tinggal di daerah tropis, mandi perlu dilakukan secara rutin karena udara dan kelembapan yang tinggi membuat kulit lebih cepat kotor. Dalam kondisi sperti ini, kuman juga lebih mudah untuk berkembang biak.

Anda dianjurkan juga untuk mandi dua kali sehari. Jangan lupa menggunakan air bersih dan sabun yang mampu melawan kuman kuat.

  • Menjaga Kulit agar Tidak Teriritasi

Menjaga agar kulit tidak teriritasi dapat dilakukan dengan memilih produk sabun dan produk perawatan kulit yang tidak menimbulkan iritasi.

Ketiga tips di atas sebenarnya tidak terlalu sulit dilakukan. Namun ingat, Anda harus konsisten menerapkannya demi mendapatkan kulit sehat. Satu hal lagi, selalu pastikan Anda mandi dengan air bersih dan sabun yang tidak menimbulkan iritasi. Selain sehat, keindahan kulit Anda akan tetap terawat dengan baik.

[HNS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar