Sukses

Sandiaga Uno Sempat Kena Gangguan Lambung dan Radang Tenggorokan

Diduga karena kelelahan usai sibuk berkampanye dan Pemilu, Sandiaga Uno dikabarkan sempat terkena gangguan lambung dan radang tenggorokan.

Klikdokter.com, Jakarta Beberapa hari yang lalu, tepatnya pada Jumat (19/04), cawapres 02 Sandiaga Uno menjalani pemeriksaan kesehatan dan tak bisa menghadiri beberapa agenda penting. Dilansir dari berbagai sumber, ia sempat mengunggah kabar tersebut di media sosialnya dan mengatakan bahwa dirinya didiagnosis gangguan lambung serta radang tenggorokan. Karena itulah, pria kelahiran 28 Juni 1969 itu disarankan untuk beristirahat total.

Sayang, tidak disebutkan secara jelas hal apa yang menyebabkan Sandiaga bisa sampai terkena gangguan lambung dan radang tenggorokan. Dugaan bahwa dia kelelahan pun hanya dilontarkan oleh Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon saat ditanyai oleh wartawan atas absennya cawapres tersebut di beberapa kegiatan. Tapi, memang, kelelahan dan stres bisa memicu terjadinya gangguan lambung serta radang tenggorokan.

Stres dan gangguan lambung

Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, stres dapat memicu terjadinya tukak lambung. Kondisi yang disebut medis sebagai peptic ulcer itu adalah perlukaan pada dinding lambung akibat iritasi atau radang, yang salah satu penyebabnya adalah infeksi Helicobacter pylori.

“Selain infeksi, tukak lambung dapat juga dipicu oleh tingkat stres berlebihan yang terjadi terus-menerus,” jelas dr. Astrid.

Pada keadaan stres, lanjut dr. Astrid, tubuh akan merespons dengan berbagai perubahan demi menyeimbangkan kondisi. Di samping itu, saat stres, produksi hormon yang memengaruhi metabolisme (glukokortikoid) akan meningkat. Keadaan tersebut diiringi oleh pelepasan histamine dan asam lambung, sehingga menyebabkan gangguan mekanisme pertahanan mukosa lambung, merusaknya, lalu mengganggu aliran darah ke lambung.

“Terjadinya hal tersebut lantas membuat lambung kekurangan pasokan darah yang berujung pada kerusakan jaringan,” dr. Astrid menambahkan.

Dalam dunia medis, tukak lambung yang dipicu oleh stres sering disebut stress-induced peptic ulcer. Sebuah penelitian di Jerman melaporkan bahwa tukak lambung yang disebabkan oleh stres bisa membuat penderitanya muntah darah dan buang air besar hitam. Kalau hal ini terjadi terlalu lama, bisa berakibat terbentuknya lubang di lambung. Kondisi ini tentu sangat berbahaya.

1 dari 2 halaman

Kelelahan dan radang tenggorokan

Radang tenggorokan biasanya dipicu oleh infeksi bakteri Streptokokus beta-hemolitikus grup A maupun virus denovirus, virus influenza, atau virus Epstein-Barr. Akan tetapi, bila tubuh Anda dalam keadaan yang fit, maka kemungkinan untuk terinfeksi virus tersebut sangatlah kecil. Sebaliknya, saat Anda terlalu lelah akibat banyaknya aktivitas, kurang istirahat, dan pola makan yang tidak terjaga, kekebalan tubuh akan menurun sehingga risiko terjadinya infeksi menjadi lebih tinggi.

“Kekebalan tubuh yang lemah berpotensi meningkatkan risiko seseorang untuk terinfeksi dan mengalami radang tenggorokan,” ungkap dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter.

Selain itu, jika Anda adalah seseorang dengan pekerjaan yang menuntut banyak aktivitas berbicara, kemungkinan untuk terkena radang tenggorokan juga besar. Sebab, penggunaan otot sekitar tenggorokan dan pita suara yang terlalu sering bisa menyebabkan terjadinya iritasi.

Bahkan, pada seseorang yang mengalami gangguan lambung, dirinya juga berisiko tinggi mengalami radang tenggorokan, lho! Itu karena asam lambung yang naik ke tenggorokan, baik akibat penyakit gastroesophageal reflux disease (GERD) atau laryngopharyngeal reflux (LPR), bisa menyebabkan iritasi yang berujung pada radang tenggorokan. Pada kasus ini, radang tenggorokan biasanya disertai dengan gejala sensasi terbakar di dada (heartburn), suara serak , serta rasa pahit atau asam di mulut.

Memang, penyebab dari gangguan lambung dan radang tenggorokan yang dialami oleh Sandiaga Uno masih belum diketahui secara pasti. Tetapi, ada kemungkinan bahwa masalah kesehatan yang dialaminya dipicu oleh kelelahan dan stres, mengingat banyak sekali aktivitas politik yang mesti dilakoni olehnya beberapa waktu belakangan, terkait aktivitasnya dalam kampanye dan Pemilu 2019.

Oleh sebab itu, agar Anda tidak mengalami gangguan kesehatan seperti yang sempat dialami Sandiaga Uno, kelolalah stres dengan baik sambil tetap menjalani hobi, pergi berlibur, atau meditasi. Jalankan pola makan sehat serta istirahat yang cukup, supaya gangguan lambung, radang tenggorokan, dan masalah kesehatan lain tidak menyerang Anda.

(NB/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar