Sukses

Penyebab Rambut Rontok pada Wanita

Ada beragam penyebab rambut rontok pada wanita. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Rambut rontok merupakan salah satu kondisi yang kerap dikeluhkan oleh banyak kalangan, baik pria maupun wanita.

Pada wanita, American Hair Loss Association mengungkapkan bahwa sebanyak 40 persen wanita mengalami kerontokan saat usia 50 tahun.

Secara normal, Anda akan kehilangan 100 rambut per hari. Akan tetapi, bila rambut rontok lebih dari jumlah tersebut dalam sehari, bisa jadi ada masalah.

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab rambut rontok pada wanita. Berikut adalah sejumlah pemicunya:

 

1 dari 6 halaman

1. Selalu Mengikat Rambut

Entah karena gerah atau sekadar ingin menguncir rambut, rambut yang sering diikat dapat menjadi salah satu penyebab kerontokan pada wanita. Terutama bila Anda hampir selalu mengikat rambut setiap hari, bahkan hingga tidur.

Selain itu, mengikat rambut dapat menyakiti rambut. Kulit kepala pun ikut tertarik saat rambut diikat.

Kebiasaan tersebut memberikan tekanan berlebih pada folikel rambut. Akibatnya, folikel rambut akan melemah secara permanen dan membuat rambut sulit tumbuh kembali. Kondisi ini disebut traction alopecia atau kebotakan.

Artikel Lainnya: Rambut Panjang Bikin Rontok Makin Parah?

2. Stres

Tahukah Anda bahwa stres psikologis juga dapat berpengaruh pada siklus rambut? Hal ini karena stres dapat memicu perubahan hormon yang berperan dalam siklus rambut.

Selain itu, stres juga mencetuskan produksi kortisol (hormon stres) dan dapat menimbulkan masalah pada kulit, termasuk kulit kepala. Inilah yang kemudian menjadi penyebab rambut rontok berlebihan pada wanita.

3. Hair Styling

Tindakan memanipulasi rambut atau hair styling seperti menggunakan pengering rambut, alat catok, hingga pengeriting rambut dapat mengancam kekuatan rambut sehingga menjadi salah satu penyebab rambut rontok pada wanita.

Berbagai metode hair styling tersebut dapat merusak ikatan hidrogen di rambut yang tugasnya adalah menjaga kelembapan.

2 dari 6 halaman

4. Melewatkan Kondisioner

Kondisioner adalah produk perawatan yang sama pentingnya dengan sampo. Fungsi kondisioner adalah untuk mengembalikan kelembapan rambut setelah dibersihkan menggunakan sampo.

Jika Anda ingin menghindari lepek, gunakan kondisioner pada pertengahan batang rambut hingga ujung rambut, diamkan selama beberapa menit, kemudian bilas.

Artikel Lainnya: Bahan Alami untuk Cegah Rambut Rontok

5. Sarung Bantal

Penggunaan sarung bantal dengan bahan yang kasar dapat menjadi salah satu penyebab rambut rontok pada wanita.

Sarung bantal yang berbahan katun biasanya cenderung kasar dan dapat menyerap kelembapan. Saat bergesekan dengan rambut dan kulit kepala, sarung bantal jenis ini dapat melemahkan folikel hingga membuat rambut tipis dan rapuh.

6. Kekurangan Nutrisi

Agar tetap sehat dan kuat, rambut juga perlu nutrisi yang cukup. Jika kebutuhan nutrisi tidak terpenuhi, rambut bisa rontok.

Kekurangan protein serta mikronutrien seperti vitamin A, B, C, zinc, dan zat besi juga dapat menjadi penyebab rambut rontok pada wanita.

3 dari 6 halaman

7. Hormon ‘Naik-Turun’

Umumnya, ketidakseimbangan hormon biasanya dialami oleh wanita, terutama di usia remaja. Penyebabnya dapat berbagai macam, mulai dari penyakit hormonal hingga faktor stres.

Hormon yang tidak stabil juga bisa menjadi salah satu penyebab rambut rontok pada wanita.

8. Konsumsi Obat-obatan Tertentu

Obat-obatan seperti litium, isotretinoin, amfetamin, dan obat kemoterapi bisa menimbulkan efek samping berupa kerontokan rambut.

Artikel Lainnya: Mengatasi Rambut Rontok Ibu Hamil

9. Kerontokan Setelah Melahirkan

Setelah melahirkan, seorang ibu biasanya akan mengeluhkan rambutnya mengalami kerontokan. Hal ini merupakan proses alamiah karena perubahan tubuh saat hamil dan setelah melahirkan.

Namun, tenang saja. Umumnya, dalam 6-9 bulan, kondisi rambut rontok tersebut akan berangsur membaik.

4 dari 6 halaman

10. Infeksi Jamur

Infeksi jamur di kulit kepala juga dapat menjadi penyebab rambut rontok pada wanita.

Kondisi ini rentan terjadi pada mereka yang memiliki kulit kepala cenderung lembap. Keluhan yang muncul selain rambut rontok adalah gatal pada kulit kepala.

11. Penyakit Psoriasis

Psoriasis adalah kondisi peradangan kronis pada kulit. Jika terjadi di kulit kepala, psoriasis juga menjadi salah satu penyebab rambut rontok pada wanita, lho.

Pada kondisi ini biasanya tak hanya rambut yang mengalami kerontokan, kulit kepala pun akan tampak bersisik.

12. Penyakit Autoimun

Pada beberapa jenis autoimun, sistem daya tahan tubuh dapat menyerang folikel rambut sehingga terjadi kerontokan yang terjadi pada area tertentu di kulit kepala.

Artikel Lainnya: Cara Meluruskan Rambut Secara Alami

5 dari 6 halaman

13. Infeksi Menular Seksual

Penyebab lain dari kerontokan rambut pada wanita adalah infeksi menular seksual.

Beberapa jenis penyakit infeksi menular seksual, seperti sifilis, dapat ditandai dengan adanya kerontokan, terutama bila infeksinya tidak diatasi sebelumnya.

Itulah sejumlah penyebab rambut rontok pada wanita. Apabila Anda mengalami kerontokan secara berlebihan, segera periksa ke dokter untuk mengetahui lebih detail penyebabnya.

Dengan mengetahui penyebab kerontokan rambut tersebut, Anda dapat mengambil langkah pencegahan dan penanganan yang tepat. Anda pun akan terhindar dari kebotakan akibat rambut rontok.

Konsultasi seputar masalah rambut rontok bisa dengan mudah dilakukan lewat fitur Live Chat dari KlikDokter.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar