Sukses

Bahan Alami dari Dapur untuk Atasi Radang Tenggorokan

Tak perlu repot bila ingin mengatasi radang tenggorokan. Beberapa bahan alami berikut ini bisa dimanfaatkan dari dapur Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Radang tenggorokan yang dapat disebut sebagai faringitis merupakan suatu bentuk peradangan pada faring. Pasien dengan penyakit ini akan mengeluhkan rasa tidak nyaman, nyeri maupun gatal pada tenggorokan. Menariknya, untuk mengatasi radang tenggorokan Anda dapat memanfaatkan beberapa bahan alami yang biasa ditemukan di dapur.

Perlu diketahui, sebesar 90 persen penyebab penyakit ini adalah infeksi virus, namun dapat juga disebabkan oleh infeksi bakteri. Infeksi virus dapat menyerang seseorang jika sistem kekebalan tubuh menurun.

Pada faringitis yang disebabkan oleh virus, gejala akan menghilang dalam waktu satu minggu. Sedangkan pada infeksi bakteri, gejala akan berkurang dalam waktu sekitar dua hingga tiga hari setelah pemberian antibiotik.

Namun, untuk memastikan penyebab faringitis, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter. Karena bagaimanapun, pemberian antibiotik harus menggunakan resep dokter. Hati-hati, penggunaan antibiotik yang tidak tepat sasaran akan memicu terjadinya resistansi antibiotik.

Tidak selalu diatasi dengan konsumsi obat

Pada kasus radang tenggorokan yang disebabkan oleh virus, terapi yang diberikan bersifat simtomatis, yaitu untuk mengatasi atau mengurangi gejala yang timbul hingga imunitas tubuh dapat kembali optimal.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika terapi awal dilakukan dengan bahan alami yang mudah ditemui di rumah untuk mengatasi radang tenggorokan.

Berdasarkan artikel yang diterbitkan oleh Harvard, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi radang tenggorokan, yakni istirahat yang cukup, serta konsumsi air yang banyak untuk mencegah dehidrasi.

Bahkan, sebuah penelitian menyatakan bahwa nyeri tenggorokan juga dapat diminimalkan dengan bahan alami yang mungkin saja bisa Anda dapatkan di dapur.

1 dari 2 halaman

Bahan alami untuk atasi radang tenggorokan

Selain cara di atas, terdapat beberapa bahan alami yang dapat dikonsumsi untuk meredakan radang tenggorokan, antara lain:

  1. Kombinasi lemon dan madu

Sifat asam dari lemon dipercaya dapat mengurangi bengkak pada tenggorokan dan menghambat pertumbuhan virus maupun bakteri penyebab radang tenggorokan. Selain itu, madu juga bermanfaat dalam melapisi tenggorokan dan memiliki sifat antibakteri.

  1. Air garam

Larutan air garam dapat membantu melawan bakteri, mengurangi nyeri dan mengencerkan lendir di tenggorokan.

  1. Teh

Terdapat beberapa teh herbal yang dapat digunakan untuk meredakan nyeri tenggorokan. Teh hijau dan peppermint memiliki sifat antibakteri dan anti radang, sehingga dapat mengurangi nyeri pada tenggorokan.

Sebagai alternatif, teh chamomile juga memiliki sifat sebagai pelumas pada tengorokan, sehingga dapat mengurangi serak atau kesulitan menelan.

  1. Saus sambal

Saus sambal yang dilarutkan dalam air dipercaya dapat membantu meredakan radang tenggorokan. Mungkin terdengar aneh, tapi rasa pedas pada saus sambal justru dapat meredakan nyeri pada tenggorokan.

Berdasarkan riset yang dilakukan, kandungan capsicum pada saus sambal dapat mengatasi radang pada tenggorokan dan mengurangi nyeri.

  1. Cuka apel

Sama seperti lemon, cuka apel memiliki sifat asam. Rasa asam pada cuka apel dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan mencegah radang tenggorokan semakin parah.

Bagaimana, tak sulit, kan, mendapatkan bahan-bahan di atas? Berbagai bahan alami tersebut bisa Anda gunakan untuk membantu meredakan radang tenggorokan. Selain itu, perhatikan juga beberapa hal yang harus dihindari untuk mencegah radang tenggorokan semakin parah.

Contoh yang paling mudah adalah menghindari konsumsi makanan keras yang sulit untuk ditelan. Lebih baik konsumsi makanan berkuah atau makanan lunak hingga radang tenggorokan sembuh.

Jika sudah menggunakan berbagai bahan alami di atas, namun kondisi radang tak kunjung membaik atau justrudisertai demam, menggigil atau kesulitan menelan air, segera periksakan diri ke dokter. Karena kondisi radang yang Anda alami mungkin saja menandakan adanya penyakit yang lebih serius.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar