Sukses

Pertolongan Pertama pada Kaki Bengkak Akibat Tertindih Perabotan

Jangan cuma didiamkan hingga makin parah. Lakukan pertolongan pertama ini saat kaki bengkak tertindih perabotan.

Klikdokter.com, Jakarta Ya, insiden seperti tertindih perabotan bisa terjadi pada siapa saja dan di mana saja. Tak terkecuali selebritas Syahrini. Dilansir Liputan6, beberapa hari lalu kaki istri Reino Barack ini dikabarkan tak sengaja tertindih lemari hingga membuat kakinya bengkak dan perlu diperban. Bercermin dari insiden ini, ada beberapa langkah pertolongan pertama saat mengalami kaki bengkak akibat tertindih perabotan.

Jika kaki bengkak akibat tertindih barang berat saat beraktivitas, sebaiknya segera lakukan pertolongan pertama. Sebab, jika tidak segera diatasi, bukan tak mungkin kondisinya akan makin buruk.

Dari KlikDokter, dr. Dyan Mega Inderawati menyarankan Anda untuk melakukan langkah pertolongan pertama “RICE” agar kaki bengkak bisa membaik.

  • Rest

Saat kaki terasa nyeri dan bengkak, tunda dulu segala aktivitas fisik yang membutuhkan kecepatan. Istirahatkanlah kaki dari aktivitas tersebut. Dalam kondisi kaki yang bengkak seperti ini, kaki sebaiknya tidak mendapatkan stimulasi pergerakan yang ekstrem. Ini sangat penting agar bengkak pada kaki tidak semakin parah, nyeri pun tak semakin menjadi-jadi.

  • Ice pack

Langkah kedua, kompres kaki yang bengkak dengan menggunakan kompres dingin. Kompres dingin bisa diterapkan pada beberapa kondisi seperti nyeri, kemerahan, dan bengkak. Pemberian suhu dingin secara lokal akan menekan aktivitas metabolik jaringan yang cedera, sehingga rangsangan yang dapat merusak jaringan akan berkurang.

Selain itu, suhu dingin pada kompres dingin dapat mempersempit pembuluh darah. Alhasil, cara ini dapat mengurangi aliran darah penyebab bengkak dan iritasi lokal. Bahkan, penghantaran saraf pun bisa diminimalkan.

Bila penyebab kaki bengkak bukan karena tertindih benda berat, misalnya karena otot terkilir, kompres dingin juga bisa dimanfaatkan. Sebab, kompres dingin dapat mengurangi rasa nyeri dan peradangan. Lakukan kompres ini selama 10 menit per sesi dan terapkan setidaknya sampai 2-3 hari ke depan atau sampai gejala berkurang.

  • Compression

Untuk menangani kaki yang bengkak, Anda juga bisa melakukan pembebatan. Bungkus area yang bengkak dengan perban medis elastis. Berhati-hatilah untuk tidak membebat kaki yang bengkak terlalu kencang karena dapat mengganggu aliran darah. Jika kulit di bawah kain perban menjadi biru, dingin, dan mati rasa, itu berarti Anda wajib mengendurkan perbannya.

  • Elevation

Usai kaki yang nyeri dan bengkak itu dibebat, segera posisikan kaki lebih tinggi daripada posisi jantung Anda. Tahapan ini dilakukan untuk mengurangi rasa sakit, berdenyut, dan perdarahan internal yang dapat menyebabkan memar. Jadi, sudah tahu kan kenapa orang-orang yang kakinya cedera dan dirawat di rumah sakit, selalu diposisikan seperti digantung? Jika Anda sedang dalam posisi duduk, jangan biarkan kaki menjuntai ke lantai. Ambil kursi lain dan bantalan untuk menopang kaki yang tengah cedera.

Ketika kaki bengkak tetapi tidak terlalu nyeri, Anda bisa melakukan pertolongan pertama lakukanlah metode RICE tersebut selama beberapa hari ke dapan. Namun, jika setelah cedera rasa nyeri pada kaki tak tertahankan, sebaiknya langsung dibawa ke rumah sakit untuk dilakukan evaluasi.

“Ditakutkan ada pergeseran sendiri atau kemungkinan terburuknya terjadi patah tulang,” kata dr. Dyan singkat.

Selain dengan melakukan langkah-langkah pertolongan pertama, kaki yang bengkak akibat tertindih perabotan atau cedera lainnya juga bisa dibantu diatasi dengan konsumsi obat antinyeri seperti ibuprofen dan parasetamol. Namun, jika setelah dilakukan metode RICE tetapi kaki bengkak tak juga membaik, bahkan dirasakan lebih parah, jangan menunda lagi untuk memeriksakan diri ke dokter.

(RN/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar