Sukses

6 Hal yang Perlu Dilakukan Suami Jelang Istri Melahirkan

Peran suami sangat penting, tak terkecuali jelang istri melahirkan. Pastikan para ayah atau calon ayah melakukan hal-hal ini!

Klikdokter.com, Jakarta Masa-masa jelang istri melahirkan adalah waktu yang cukup mendebarkan sekaligus menyenangkan, apalagi ini adalah anak pertama. Seperti fase-fase sebelumnya, peran suami juga krusial pada fase ini. Untuk para ayah atau calon ayah di luar sana, ketahuilah beberapa hal ini jelang persalinan istri.

Salah satu pasangan yang diketahui tengah menantikan kelahiran anak pertamanya adalah Pangeran Harry dan istri, Meghan Markle. Kabar Meghan akan melahirkan berembus kencang setelah ibu Meghan, Doria Ragland, sudah tiba di London, Inggris, dari tempat tinggalnya di Los Angeles, Amerika Serikat.

Pastinya ini detik-detik ini merupakan momen yang penuh cemas sekaligus menggembirakan. Selain sang ibu yang harus berjuang di ruang persalinan, calon ayah pun juga harus menjadi suami siaga demi menunjang kelancaran proses persalinan.

Sayangnya, banyak pria yang masih juga kebingungan mengenai apa saja yang harus diperbuat saat fase trimester ketiga atau jelang hari kelahiran istri. Padahal, peran mereka ini sangat penting dalam membuat istri tenang dan tidak stres jelang hari persalinan.

Jika Anda termasuk calon ayah yang bingung, coba lakukan beberapa tips di bawah ini!

1. Menentukan tempat persalinan

Ya, ini sangat penting supaya jika tiba saatnya waktu bersalin, Anda dan istri tak perlu lagi mencari-cari fasilitas kesehatan atau dokter. Menurut dr. Atika dari KlikDokter, menentukan tempat persalinan sedini mungkin sangat perlu agar istri cepat tertangani ketika tiba waktunya ia melahirkan.

Tak hanya menentukan tempat persalinan, Anda juga perlu mempertimbangkan hal-hal seperti akses jalanan, transportasi, dan lain-lain. Apakah aksesnya rawan macet pada jam-jam tertentu? Baiknya naik kendaraan pribadi atau taksi? Masih banyak lagi pertimbangan lainnya yang harus dipikirkan secara matang.

2. Mempersiapkan perlengkapan saat persalinan

Hindari mempersiapkan kebutuhan dekat dengan waktu istri bersalin. Persiapkan juga dari jauh-jauh hari.

“Bersama-sama dengan istri, siapkanlah kebutuhan persalinan untuknya dan bayi yang akan dilahirkan,” kata dr. Atika.

Biasanya, semua perlengkapan itu dibawa menggunakan satu tas besar. Tujuannya supaya praktis dan semuanya mudah dibawa ketika istri hendak melahirkan.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Tak henti menyemangati istri

Biasanya, istri akan stres menjelang persalinan. Padahal, stres, apalagi yang tidak teratasi, dapat berdampak buruk pada istri yang tengah hamil.

"Untuk meredakan stres istri Anda, suami harus menyemangati, menolongnya, dan sedikit berikan pijitan," saran dr. Atika.

Perasaan istri jelang hari persalinan biasanya akan campur aduk—antara senang, takut, khawatir, dan buncahan emosi lainnya. Menyemangati istri bisa membantu menenangkannya.

4. Memastikan kecukupan nutrisi

Sebagai suami, pastikan istri Anda mengonsumsi makanan bergizi lengkap dan seimbang, atau pola makan yang diajurkan oleh dokter, serta cukup minum air putih. Ini perannya krusial demi memberikan kekuatan saat waktunya ia melahirkan si Kecil.

5. Bantu ingatkan untuk istirahat cukup

Dengan tidur yang cukup, kondisi tubuh ibu hamil bisa menjadi lebih baik. Untuk mewujudkan ini, suami bisa membuat suasana kamar menjadi nyaman. Misalnya, meletakkan aroma terapi di kamar, membuat kondisi menjadi sejuk, meminimalkan pencahayaan, tidak meletakkan gawai di dalam kamar, dan lain-lain.

6. Kenali tanda-tanda awal persalinan

Suami wajib selalu waspada, karena persalinan bisa terjadi kapan saja di trimester akhir kehamilan.

Trimester ketiga itu kapan saja bisa ada kontraksi, bisa ada bukaan, bisa bocor ketuban. Lebih lengkapnya, dr. Grace Valentine, Sp.OG dari KlikDokter memaparkan beberapa tanda awal persalinan.

  • Janin terasa telah turun ke bawah
  • Keluar lendir darah dari kemaluan
  • Kontraksi rahim yang teratur dan semakin sering terjadi
  • Ketuban pecah

“Jika mengalami tanda-tanda di atas, segera hubungi dokter atau bidan. Terlebih lagi jika terasa gerakan janin yang kurang aktif dari biasanya. Ini tandanya istri butuh penanganan agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan,” kata dr. Grace mengingatkan.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan para calon ayah jelang istri melahirkan. Jika persalinan lancar, bukan berarti tugas Anda selesai, lho! Lahirnya bayi bukan akhir, tetapi merupakan awal dari segalanya. Tetaplah dampingi istri Anda dan aktiflah terlibat dalam merawat bayi serta pola asuhnya. Dengan membaca artikel ini, Anda selangkah lagi menjadi calon ayah yang tanggap dan siaga!

(RN/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar