Sukses

5 Aktivitas di Hari Bumi Internasional yang Baik Untuk Kesehatan

Hari Bumi Internasional selalu dirayakan tiap tahunnya. Berpartisipasilah dengan melakukan beragam aktivitas ramah lingkungan.

Klikdokter.com, Jakarta Hari Bumi Internasional yang jatuh pada hari ini (22/4) bisa menjadi kampanye yang efektif untuk mengajak orang peduli terhadap lingkungan hidup. Gerakan ini diharapkan dapat  meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia, yaitu bumi. Perayaan ini telah menjadi sebuah gerakan global yang mendunia hingga kini.

Pelaksanaannya di seluruh dunia dikoordinasi oleh Earth Day Network, sebuah organisasi nirlaba beranggotakan berbagai LSM di seluruh dunia. Selain memperingati Hari Bumi Internasional dengan kegiatan kampanye atau sosialisasi, ada baiknya jika Anda melakukan aktivitas yang baik pula untuk kesehatan, seperti:

  1. Melakukan aktivitas di taman atau ruang terbuka hijau

Saat perayaan Hari Bumi Internasional, tak jarang para aktivis atau masyarakat setempat mengadakan acara di taman atau ruang terbuka hijau. Bentuk dari kegiatan bisa berupa penanaman pohon secara massal. Atau Anda juga bisa melakukannya sendiri di rumah dengan menanam tanaman hijau di pekarangan rumah.  Menurut seorang aktivis kebun bernama Sylvia Holland dengan programnya yaitu Green Streets Vancouver, dengan berkebun Anda bisa mendapatkan asupan vitamin D yang tinggi. Anda juga memperoleh manfaat berupa peningkatan kekuatan dan kesehatan aerobik. Dan tentu saja, berkebun massal mampu menciptakan sebuah masyarakat dan planet yang sehat.

  1. Gunakan sepeda ketimbang kendaraan bermotor

Ketika Anda meninggalkan mobil di rumah lalu menggantinya dengan aktivitas berjalan kaki atau bersepeda, itu berarti Anda mendukung pengurangan produksi asap kendaraan dan membakar kalori pada saat yang bersamaan. Hal ini terbukti efisien dalam mengurangi emisi kendaraan bermotor di bumi. Lagi pula dengan bersepeda dalam kurun waktu 30 menit–1 jam, Anda dapat membakar sebanyak 294–588 kalori.

  1. Hindari produk pembersih yang tidak ramah lingkungan

Sebagian besar produk pembersih konvensional di sekitar Anda menggunakan bahan kimia tertentu yang terbuat dari distilasi minyak bumi dan fosfat, yang dapat merusak ekosistem perairan. Untuk memperingati Hari Bumi Internasional ini sangat dianjurkan untuk menghindari penggunaan produk-produk pembersih yang tidak ramah lingkungan, terlebih jika memang produk tersebut tidak baik juga untuk sistem pernapasan.

  1. Minumlah lebih banyak air putih dengan wadah isi ulang yang ramah lingkungan

Minum lebih banyak air putih tentunya sangat dianjurkan untuk kesehatan. Dengan menggunakan wadah isi ulang yang ramah lingkungan, artinya Anda turut menghindari penggunaan botol minuman atau sedotan plastik pada umumnya. Ketika minum air putih sesering mungkin dijadikan suatu kebiasaan, sebenarnya akan lebih nyaman untuk mengisi ulang botol air favorit Anda yang bisa dibawa ke manapun.

  1. Tidur delapan jam penuh dan kurangi pemakaian listrik

Tidur sangat penting untuk kesehatan, energi, dan bahkan penampilan Anda. Mengapa hal ini baik pula untuk lingkungan? Jika Anda mematikan semua peralatan yang menggunakan listrik saat sebelum tidur, artinya selama 8 jam Anda menghemat listrik untuk lampu, komputer, televisi dan ponsel (tidak perlu mengisi baterai telepon sepanjang malam). Bahkan lebih baik jika Anda mematikan pendingin udara pula.

Begitu banyak hal baik yang bisa Anda lakukan untuk menjaga lingkungan pada Hari Bumi Internasional. Kesehatan Anda juga bisa terjaga dalam waktu yang bersamaan. Demi terciptanya sebuah kelestarian planet dan seluruh ekosistemnya, mari peringati Hari Bumi Internasional dengan aktivitas yang sehat dan tepat.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar