Sukses

Cegah Osteoporosis dengan Tidak Lakukan 5 Hal Ini di Akhir Pekan

Mau beristirahat di rumah atau jalan-jalan, sebaiknya ada beberapa hal yang tetap Anda kontrol untuk cegah osteoporosis.

Klikdokter.com, Jakarta Ada yang spesial di akhir pekan kali ini, karena dua hari libur nasional yang menjadikannya sebagai long weekend. Mau beristirahat di rumah ataupun jalan-jalan, tetap ada beberapa hal yang harus dikontrol sebagai salah satu langkah untuk cegah osteoporosis.

Menurut dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter, osteoporosis atau pengeroposan tulang adalah penyakit tulang yang ditandai dengan menurunnya massa tulang secara kesuluruhan.

“Osteoporosis terjadi akibat ketidakmampuan tubuh dalam mengatur kandungan mineral dalam tulang. Kondisi ini disertai dengan rusaknya arsitektur tulang yang akan mengakibatkan penurunan kekuatan tulang, sehingga risiko terjadinya patah tulang pun meningkat,” jelasnya.

Meski ada banyak faktor risiko yang bisa menyebabkan seseorang lebih rentan terkena osteoporosis, tetapi penyakit ini bisa dicegah. Ada hal-hal yang bisa Anda lakukan setiap harinya, bisa dimulai sejak akhir pecan ini, untuk mencegah pengeroposan tulang.

  1. Jangan habiskan hari hanya dengan berbaring

Bermalas-malasan di kasur atau sofa kesayangan memang tak ada duanya. Namun, kebiasaan berbaring terlalu lama bisa membuat Anda terancam osteoporosis. Dilansir dari Reader’s Digest, Jonathan Lee, MD, dokter spesialis ortopedi di Montefiore Health System, Amerika Serikat, mengatakan, tulang adalah jaringan hidup yang dapat merespons beban. Semakin banyak Anda menggunakannya, tulang akan semakin mampu beradaptasi dan kekuatannya akan terpelihara.

Sah saja beristirahat di rumah, tetapi jangan menghabiskan waktu sehari penuh dengan berbaring dan bermalas-malasan, ya! Imbangi juga dengan aktivitas fisik lain seperti membersihkan rumah, jalan kaki keluar rumah, memasak, ataupun bersepeda.

  1. Terlalu banyak makan camilan asin

Mungkin bersantai sambil menonton serial TV kesayangan, enaknya memang ditemani camilan seperti keripik atau yang gurih-gurih seperti risol, lemper, lumpia, dan lain-lain. Bahkan, karena durasi nonton yang lama, tak jarang camilan yang dikonsumsi bisa berlebihan. Padahal, seperti yang sudah Anda tahu, terlalu banyak makanan asin dapat meningkatkan risiko pengeroposan tulang.

Hal ini dibenarkan oleh dr. Anita Amalia Sari dari KlikDokter. Menurutnya, makanan asin, apalagi yang diasinkan, bisa berdampak buruk terhadap tulang. Asupan garam yang terlampau banyak dapat meningkatkan tekanan darah. Ketika ginjal bekerja untuk mengeluarkan natrium, kalsium juga akan dikeluarkan dari aliran darah. Sehingga, tulang pun akan kekurangan cadangan kalsiumnya.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  1. Tidak keluar rumah sama sekali, terutama pada pagi hari

Hampir semua pakar merekomendasikan Anda untuk berjemur sinar matahari pagi. Cobalah untuk tetap bangun pagi, ke luar ruangan, hirup udara pagi yang segar, lebih bagus lagi sambil berolahraga.

Sinar matahari pagi dapat membantu Anda dalam mendapatkan pasokan vitamin D yang sangat baik untuk kepadatan tulang. Lakukan aktivitas tersebut sebelum jam 10 pagi. Kalau tak bisa bangun pagi, dr. Anita menyarankan Anda untuk beraktivitas di luar rumah saat sore hari.

  1. Terlalu banyak minum kopi

Meski dapat menyegarkan tubuh selama beberapa jam dan memiliki cita rasa yang enak, tetapi konsumsi kopi yang berlebihan bisa berdampak pada tulang. Kepadatan tulang bisa berkurang, khususnya pada wanita yang sudah menopause. Mumpung sedang akhir pekan yang Anda pun tak bekerja, lebih baiknya ngopi-nya juga libur dulu.

  1. Terlalu banyak minum soda

Kandungan kafein dan asam fosfat dalam soda juga dapat melepaskan kalsium dari tulang. Nah, ketimbang kebanyakan minum soda, jauh lebih baik bila Anda menggantinya dengan air putih, jus buah, atau susu rendah lemak.

Mulailah kebiasaan sehat untuk mencegah osteoporosis. Anda bisa memulainya dengan melakukan tips yang disebutkan tadi dan lakukanlah secara konsisten. Kesehatan  tulang akan tetap terjaga apabila Anda rutin dan selalu aktif menggerakannya sekaligus tidak mengonsumsi minuman atau makanan yang dapat melepas kalsium dan menurunkan kepadatan tulang. Selamat berakhir pekan!

(RN/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar