Sukses

Cara Mudah Basmi Kutu Kasur atau Tungau di Rumah

Agar tak ada lagi gejala alergi dan gatal-gatal, basmi kutu kasur alias tungau yang ada di rumah dengan cara mudah berikut ini!

Klikdokter.com, Jakarta Apakah Anda melihat anak Anda sering muncul bintik merah yang terasa gatal tanpa sebab yang jelas? Apakah bintik tersebut menjadi lecet dan terasa perih jika digaruk terus-menerus? Jika Anda menjawab “ya” untuk kedua pertanyaan tersebut, bisa jadi si Kecil sudah menjadi korban gigitan kutu kasur alias tungau debu.

Faktanya, kutu kasur atau tungau debu sangat sering bersarang di tempat tidur, sofa, ataupun perabotan rumah tangga lainnya. Karena ukurannya kecil, tak sedikit orang yang menyadari bahwa serangga tersebut hinggap di kulit, menggigit, dan menyebabkan berbagai keluhan, seperti gatal-gatal dan kemerahan pada kulit yang jika digaruk menimbulkan perlukaan. Selain itu, kutu kasur juga bisa menimbulkan reaksi alergi dan asma pada beberapa orang.

Cara tepat basmi kutu kasur

Supaya keluhan-keluhan akibat kutu kasur atau tungau debu tak terjadi berulang, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membasmi serangga tersebut:

1. Bersih-bersih dengan vacuum cleaner

Kutu kasur biasanya jarang ada di benda-benda yang terawat benar. Hewan tersebut sering berada di benda-benda yang kotor, lembap, dan jarang dibersihkan. Bentuknya yang kecil pun membuatnya sulit dibersihkan dengan cara disapu biasa.

Oleh sebab itu, gunakanlah vacuum cleaner untuk membersihkan sofa, karpet, dan kasur. Alat tersebut lebih memiliki kemampuan untuk menyedot kotoran yang tak kasat mata, sehingga kemungkinan kutu kasur untuk tersedot juga lebih tinggi. Dilansir dari Reader’s Digest, musim kemarau adalah mendorong pertumbuhan kutu kasur semakin pesat. Oleh sebab itu, tingkatkan frekuensi bersih-bersih Anda di musim kemarau.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

2. Cuci bed cover dengan baik dan benar

Menurut dr. Sara Elise Wijono dari KlikDokter, Anda sebaiknya rajin mengganti dan mencuci bed cover minimal satu bulan sekali. Sebab, kutu kasur tidak mudah terlihat dengan mata telanjang, jadi anggapan bahwa bed cover Anda masih bersih bisa saja keliru.

“Jangan lupa, cuci bed cover menggunakan air panas, jangan air dingin. Air panas digunakan agar benar-benar bisa membunuh serangga tersebut. Lalu, cara menjemurnya bukan diangin-angin, tetapi di bawah sinar matahari langsung,” jelas dr. Sara.

3. Jangan bongkar koper di atas tempat tidur

Jangan pernah membongkar koper bekas liburan Anda di atas tempat tidur. Hal ini karena kotoran dan kutu kasur yang bersarang di koper, yang mungkin terbawa dari tempat Anda berlibur, dapat berpindah ke kasur.

Lebih baik, bongkar koper Anda di lantai yang jauh dari kamar. Lakukan kegiatan ini di ruang keluarga, lalu langsung masukkan baju-baju kotor ke tempatnya atau mesin cuci. Andai kata si Kecil sempat membawa boneka ke tempat berlibur, sebaiknya dicuci terlebih dulu menggunakan air panas dan detergen sebelum ia kembali menjadi teman tidur dan teman bermain anak Anda.

4. Sewa jasa pembersih kutu kasur

Bila Anda terlalu letih atau sibuk dengan hal lain, tak ada salahnya untuk menyewa jasa pembersih serangga atau kutu kasur. Lagi pula, petugas pembersih kutu kasur pasti memiliki peralatan yang lebih canggih, sehingga debu, tungau, dan kotoran lain yang sulit terjamah dapat dibersihkan dengan lebih optimal.

5. Manfaatkan kapur barus dan gel silika

Khawatir bahwa kutu kasur berasal dari lemari? Kalau begitu, gunakan saja kapur barus. Faktanya, penggunaan kapur barus dapat mencegah pertumbuhan serangga, seperti kutu kasur atau tungau.

Bila Anda tak terlalu suka dengan aroma kapur barus, gunakanlah gel silika. Anda bisa menaburkan gel silika ke sudut-sudut lemari. Dengan begitu, kutu akan menempel dengan sendirinya pada gel tersebut, dan dapat dengan mudah dibersihkan nantinya.

Itulah beberapa cara basmi kutu kasur atau tungau debu yang bisa Anda terapkan. Intinya adalah, Anda wajib rajin untuk membersihkan benda-benda di rumah, khususnya bed cover, kasur, sofa, karpet, dan lemari. Khusus untuk penggunaan gel silika dan kapur barus, Anda mesti sangat berhati-hati bila memiliki anak yang masih sangat kecil. Jangan sampai benda tersebut tersentuh, apalagi tertelan olehnya. Sebab, bukannya kutu yang terbasmi, justru keselamatan si Kecil yang terancam.

(NB/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar