Sukses

Buah Ini Ampuh Bantu Turunkan Berat Badan

Menurunkan berat badan merupakan momok bagi sebagian orang. Namun, buah-buahan ini bagus untuk menurunkan berat badan.

Berat badan ideal adalah dambaan banyak orang. Untuk itu, berbagai usaha dilakukan untuk menurunkan berat badan hingga mencapai berat ideal.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan konsumsi makanan tertentu, terutama buah-buahan. Ya, konsumsi buah bisa jadi strategi dalam menurunkan berat badan.

Buah termasuk makanan rendah kalori dan tinggi serat sehingga dapat mempertahankan rasa kenyang lebih lama.

Selain berhubungan dengan berat badan yang lebih ideal, makan buah secara rutin juga dapat menurunkan risiko diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung koroner.

Dari sekian banyak pilihan, apa saja buah yang bagus untuk menurunkan berat badan? Berikut adalah daftar buah-buahan yang bisa Anda coba.

1 dari 7 halaman

1. Apel

Apel adalah buah dengan rendah kalori dan tinggi serat. Dalam 220 gram apel (atau sekitar 1 buah apel besar), terkandung sebanyak 116 kalori dan 5,4 gram serat.

Bila dibandingkan dengan martabak manis meses dan kacang 100 gram, yang mengandung 414 kalori serta 1,1 gram serat.

Karena kandungan serat lebih banyak pada buah apel, maka bila Anda mengonsumsinya, rasa kenyang yang dirasakan akan bertahan lebih lama.

Itulah yang menjadi alasan mengapa kalau makan martabak lebih cepat lapar dibanding makan apel, karena jumlah seratnya hanya sedikit!

Artikel Lainnya: Jenis-Jenis Diet untuk Dapatkan Berat Badan Ideal

2. Berry

Buah golongan berry, seperti stroberi dan bluberi, dapat menjadi buah yang bagus untuk menurunkan berat badan.

Setengah cup (75 gram) bluberi hanya mengandung 42 kalori dan dapat memenuhi hampir 12 persen kebutuhan vitamin C harian. 

Adapun satu cangkir stroberi mengandung sekitar 48 kalori dan 3 gram serat, serta dapat memenuhi (bahkan melebihi) kebutuhan vitamin C harian.

Buah berry juga menimbulkan rasa kenyang lebih lama dibandingkan makanan lain dalam gram yang sama, misalnya permen.

2 dari 7 halaman

3. Markisa

Salah satu buah penurun berat badan lainnya adalah markisa. Buah ini banyak tumbuh di daerah tropis.

Buah markisa kaya akan serat, vitamin C, vitamin A, zat besi, dan kalium. Selain itu, biji markisa juga memiliki senyawa piceatannol.

Zat tersebut dapat membantu menurunkan tekanan darah dan memperbaiki sensitivitas insulin. Pada orang yang kegemukan sering kali ditemui kondisi resistensi insulin.

Namun, efek terhadap tekanan darah dan insulin tersebut masih membutuhkan penelitian lanjutan.

4. Kiwi

Kiwi mengandung vitamin C, vitamin E, asam folat, dan serat yang cukup tinggi. Karena itulah, buah ini bagus untuk menurunkan berat badan.

Konsumsi buah kiwi setiap hari selama 12 minggu pada seseorang dengan prediabetes dapat menurunkan tekanan darah dan lingkar pinggang.

Kiwi merupakan buah dengan indeks glikemik yang rendah, sehingga gula darah dapat terkontrol dengan baik.

Artikel Lainnya: Tips Menurunkan Berat Badan dengan Mengatur Kondisi Psikologis

3 dari 7 halaman

5. Melon

Melon juga merupakan buah rendah kalori, tinggi serat, dan mengandung air dalam jumlah tinggi. Oleh sebab itu, buah ini bisa dijadikan pilihan untuk menurunkan berat badan.

Dalam 150 gram melon hanya terkandung sekitar 60 kalori. Selain itu, kandungan zat gizi yang terkandung di dalam melon juga cukup lengkap, yaitu vitamin C, beta-karoten, likopen, kalium, dan serat.

6. Jeruk Bali

Setengah jeruk bali hanya mengandung 39 kalori dan mencukupi kebutuhan vitamin C harian sampai dengan 65 persen.

Jeruk bali juga mengandung vitamin A, meski tidak sebesar kandungan vitamin C-nya. Akan tetapi, konsumsi jeruk bali setengah buah akan mencukupi kebutuhan harian vitamin A sebesar 28 persen. Jeruk bali juga memiliki indeks glikemik yang rendah.

4 dari 7 halaman

7. Pir

Bagi Anda yang gemar buah pir, maka patut berbahagia. Karena buah ini bisa bantu menurunkan berat badan.

Setengah buah pir ukuran sedang (sekitar 90 gram) mengandung kira-kira hanya 50 kalori.

Tidak hanya istimewa karena kandungan kalorinya yang rendah, pir juga mengandung berbagai zat gizi lain yang penting untuk tubuh. Di antaranya serat dalam jumlah besar, vitamin C, vitamin K, kalsium, dan zat besi.

Selain itu, ada juga kandungan asam folat, provitamin A, dan niasin dalam jumlah kecil. Kandungan antioksidan polifenolnya pun tergolong tinggi.

Artikel Lainnya: Cara Jitu Mempertahankan Berat Badan setelah Diet

8. Jeruk

Jeruk memang memiliki rasa yang manis, tapi berkat kandungan serat dan mikronutriennya yang lain, tentunya buah ini jauh lebih sehat dibanding sepotong biskuit manis!

Pada 1 buah jeruk terdapat hanya sekitar 69 kalori. Jeruk juga menjadi sumber air dan memberikan 12% dari total kebutuhan serat harian Anda.

Yang paling istimewa adalah jeruk  dapat memberikan hampir 100% kebutuhan vitamin C harian.

Selain itu, masih banyak kandungan bermanfaat lain pada buah ini, seperti vitamin B, kalium, dan lain-lain.

5 dari 7 halaman

9. Anggur

Ingin menurunkan berat badan? Anda bisa pilih anggur sebagai camilan. Dalam 1 cangkir anggur (92 gram) terkandung hanya 62 kalori.

Anggur juga kaya akan air sehingga baik untuk program penurunan berat badan Anda. Buah yang kaya air dapat membantu menciptakan rasa kenyang dan menurunkan nafsu makan.

Kandungan anggur lainnya yang spesial, yaitu tingginya kadar vitamin C dan vitamin K di dalamnya. Begitu pula kandungan antioksidannya, seperti resveratrol dan quercetin.

Keduanya adalah flavonoid yang menurut studi terbukti bermanfaat dalam pencegahan berbagai penyakit kronis.

Artikel Lainnya: Kesalahan yang Sering Dilakukan Wanita Saat Diet

10. Pisang

Mungkin Anda merasa pisang terlalu manis dan kalorinya tergolong lebih tinggi. Namun, indeks glikemiknya masih tergolong rendah menuju sedang.

Selain itu, studi menunjukkan bahwa buah pisang mampu membantu mengontrol level insulin dan membantu mengatur berat badan.

Pisang juga mengandung nutrisi penting lainnya seperti serat, vitamin A, vitamin C, kalium, dan lain-lain.

6 dari 7 halaman

11. Alpukat

Alpukat memang terkenal akan kandungan lemaknya yang disebut-sebut tinggi. Namun, jangan samakan lemak yang terdapat pada alpukat dengan lemak yang ada pada gorengan!

Alpukat mengandung lemak yang tergolong “baik”, yaitu asam lemak tak jenuh rantai tunggal dan rantai jamak.

Selain itu, berkat kandungan lemak dan disertai seratnya yang cukup tinggi, alpukat dapat memberi rasa kenyang lebih lama.

Kandungan vitamin K dan asam folatnya juga tinggi. Hal ini membuatnya menjadi salah satu buah pilihan untuk membantu menurunkan berat badan.

12. Delima

Dalam setengah buah delima berukuran 160 gram, terkandung kira-kira 115 kalori. Kandungan buah delima yang tinggi akan polifenol, flavonoid, tannin, antosianin, dapat membantu membakar lemak dan meningkatkan metabolisme.

Buah sudah lama dikenal akan sederet manfaat baiknya, termasuk untuk program menurunkan berat badan.

Namun penting diingat, tidak ada buah yang paling cepat menurunkan berat badan. Anda harus tetap mengimbanginya dengan olahraga.

Ingin konsultasi kepada dokter seputar program diet yang tepat untuk Anda? Gunakan layanan Live Chat di aplikasi Klikdokter.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar