HomeGaya hidupSehat dan BugarLebih Bugar di Akhir Minggu dengan 7 Aktivitas Sehat Ini
Sehat dan Bugar

Lebih Bugar di Akhir Minggu dengan 7 Aktivitas Sehat Ini

Krisna Octavianus Dwiputra, 20 Apr 2019

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Libur panjang memang waktunya bersantai, tetapi jangan disia-siakan begitu saja, dong! Yuk lebih bugar di akhir minggu dengan aktivitas ini!

Lebih Bugar di Akhir Minggu dengan 7 Aktivitas Sehat Ini

Mengingat ada dua hari libur minggu ini, banyak yang memanfaatkannya untuk cuti sampai akhir minggu. Libur panjang memang waktunya untuk bersantai, tetapi jangan sampai disia-siakan begitu saja dengan bermalas-malasan. Yuk lebih bugar di akhir minggu dengan melakukan beberapa aktivitas yang menyehatkan!

Libur panjang banyak dimanfaatkan untuk berlibur ke luar kota atau luar negeri, wisata dalam kota atau pergi ke mal. Tapi tidak sedikit juga yang memilih untuk beristirahat di rumah.

Jika Anda termasuk yang ingin bersantai saja di rumah melakukan hobi atau sekadar nonton maraton film atau serial kesayangan, pastikan Anda tetap melakukan aktivitas yang baik untuk tubuh. Selain sehat dan dapat menjaga kebugaran tubuh, aktivitas seperti ini juga baik untuk mengembalikan energi sebelum kembali bekerja.

Bingung ingin melakukan aktivitas sehat yang seperti apa? Berikut ini adalah panduannya.

  1. Jangan tidur terus!

Saat hari libur, biasanya banyak orang memanfaatkan kesempatan ini untuk bangun siang, bahkan sampai tidur siang berkali-kali! Padahal, mengubah pola tidur dapat mengacaukan ritme tubuh. Pada akhirnya, Anda akan kesulitan untuk tidur pada malam hari. Kalau sampai kurang tidur, bukan tak mungkin Anda kurang berenergi, pusing, dan lemas saat harus kembali beraktivitas pada hari Senin.

  1. Luangkan waktu untuk bermeditasi

Saat Anda stres, cobalah untuk bermeditasi. Tidak hanya bisa mengurangi stres, meditasi juga meningkatkan kebahagiaan, penerimaan, dan harga diri. Studi menunjukkan bahwa meditasi setidaknya seminggu sekali bisa bermanfaat bagi kesehatan jantung dan kekebalan tubuh.

Menurut dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter, selain manfaat yang disebutkan di atas, meditasi juga diketahui dapat meningkatkan daya ingat, memperbaiki pola tidur, serta membantu meredakan nyeri.

  1. Menari

Menari memiliki manfaat untuk fisik serta mental. Jika Anda menyukainya, tak ada waktu yang lebih tepat untuk melakukannya selain saat akhir pekan!

Menari dapat membantu Anda mengontrol berat badan sambil meningkatkan kekuatan otot, daya tahan, dan kebugaran motorik. Tak hanya itu, kegiatan fisik untuk juga bisa membantu memperbaiki suasana hati sekaligus menjaga kesehatan jantung.

  1. Membersihkan rumah

Apalagi jika memang Anda tak punya pembantu di rumah, manfaat akhir pekan untuk membersihkan rumah. Percayalah, rumah yang bersih bisa bikin Anda betah, segar, serta mengurangi risiko terkena penyakit akibat rumah yang kotor atau kambuhnya alergi akibat tungau debu.

Turut ditambahkan oleh dr. Sara Elise Wijono, MRes, dari KlikDokter, bahwa rajin membersihkan rumah juga dapat mencegah gangguan cemas.

“Rumah berantakan memberikan stimulus (visual, penghidu, sentuhan) berlebih, sehingga pikiran Anda terus berpacu. Selain itu, ini juga membuat Anda jadi sulit fokus dalam mengerjakan sesuatu, sulit relaks, baik fisik maupun mental,” jelas dr. Sara.

  1. Jangan terlalu sering (dan lama) main gawai

Saat libur, biasanya banyak orang yang akan menghabiskan waktu lebih lama memelototi gawainya. Menurut dr. Alvin Nursalim, Sp.PD, dari KlikDokter, penggunaan gawai secara berlebihan sangat berhubungan dengan berbagai keluhan seperti sakit kepala, nyeri telinga, dan gangguan konsentrasi.

Kondisi tersebuat menurut dr. Alvin diduga terkait paparan gelombang elektromagnetik. Selain itu, penggunaan gawai yang tidak bijak juga dapat menyebabkan gangguan emosi.

“Berdasarkan satu penelitian di Swedia, didapat hubungan antara penggunaan gawai yang terlalu sering dengan stres, gangguan tidur, dan terjadinya depresi.  Penelitian lain juga menyimpulkan adanya hubungan antara penggunaan gawai dengan stres. Pada penelitian yang dilakukan pada sejumlah pengguna gawai, dilaporkan bahwa semakin seorang mengalami ketergantungan pada gawai, semakin tinggi angka stres yang dialami,” dr. Alvin mengungkapkan.

  1. Bersosialisasi

Ketika stres telanjur hadir, bagi sebagian orang – apalagi bagi mereka yang cenderung introvert – hari libur inginnya dinikmati sendirian saja. Padahal, interaksi sosial juga penting bagi kesehatan. Bersosialisasi bisa membantu melawan risiko depresi serta menurunkan risiko demensia karena dapat meningkatkan daya ingat dan kognitif, sekaligus baik untuk kesehatan mental.

  1. Jangan minum alkohol

Menurut studi yang dilansir jurnal medis “The Lancet”, alkohol menjadi faktor risiko utama berbagai penyakit dan kematian dini pada pria dan wanita usia 15-49 tahun di seluruh dunia pada tahun 2016. Dilaporkan hampir 1 dari 10 kematian disebabkan oleh alkohol. Pada tahun tersebut, kematian yang disebabkan oleh alkohol tercatat sejumlah 2,8 juta kasus.

Kematian tersebut berkaitan dengan kanker, penyakit jantung, infeksi (seperti TBC), kecenderungan menyakiti diri sendiri, kecelakaan lalu lintas, dan kecelakaan yang tidak disadari seperti tenggelam atau kebakaran.

Menikmati beberapa hari libur dalam sepekan memang sesuatu yang menyenangkan. Namun demikian Anda tentu harus memanfaatkan waktu luang tersebut untuk hal-hal yang berguna baik bagi kesehatan fisik maupun mental.

Nah, ketujuh aktivitas yang dipaparkan di atas bisa Anda pilih untuk menghabiskan hari-hari libur atau saat akhir minggu. Sayangilah diri Anda dengan melakukan berbagai kegiatan yang sehat. Tetap jaga pola makan yang bernutrisi, tidur yang berkualitas, serta aktif secara fisik. Jika itu semua Anda lakukan, kalau saja tubuh Anda bisa bicara, ia akan pasti akan berterima kasih.

(RN/ RVS)

kebugaran tubuhBugarStresakhir mingguDepresiaktivitas sehatTubuh Sehat dan Bugar

Konsultasi Dokter Terkait